Tahu Gak? Ini Lho Bedanya Kematian Superman Versi Film dengan Versi Komik!

Di film, Superman mati. Hal yang sama juga terjadi di komiknya dalam The Death of Superman. Seperti apa kematian Superman dalam versi komik?

Seperti yang kita ketahui, Superman mati di film Batman v Superman: Dawn of Justice. Superman versi film ini mati setelah mengorbankan diri ketika menusuk Doomsday dengan tombak kryptonite, ia melemah dan tusukan dari Doomsday pun menewaskannya. Momen kematian Superman ini konon terinspirasi dari versi komiknya dalam The Death of Superman.

Baca Juga

Memang seperti apa kematian Superman versi komik? Lalu bagaimana ia bisa hidup kembali?

Untuk mengetahuinya, kita perlu kembali pada serangkaian storyline komik di dunia DC Comics, dimulai dari The Death of Superman,  World Without a Superman, hingga The Return of Superman.

Doomsday/ The Death of Superman

Storyline The Death of Superman diawali dari Superman: The Man of Steel #18 yang terbit pada Desember 1992. Dengan tagline “Doomsday is Coming!” komik ini mengawali alur Doomsday.

Alkisah Justice League Internasional kewalahan menghadapi kemunculan seekor monster. Saat Booster Gold terlempar ke stratosfer, ia ditangkap oleh Superman namun ia berseru “It’s like Doomsday is here!” Itulah yang menjadi asal nama Doomsday. Belakangan Doomsday mendapat asal usul bahwa ia adalah mahluk rekayasa dari Krypton di masa purba.

Kemampuan Doomsday adalah ia dapat memulihkan diri dari luka atau kerusakan. Dan setelah pulih, ia jadi lebih tahan terhadap serangan atau luka yang sama —misalnya jika Doomsday terbakar, setelah pulih, ia akan tahan dari terbakar. Ini yang menyebabkan Justice League Internasional maupun Justice League of America kewalahan melawan Doomsday.

Dari berbagai serangkaian kerusakan, Doomsday akhirnya melompat ke Metropolis. Superman mengejarnya dan bertarung melawannya di tengah kota.

Pada akhirnya Superman dan Doomsday saling bertukar serangan bertubi-tubi.  Puncaknya kedua sosok ini beradu pukulan dan keduanya pun kolaps. Di dalam pelukan Lois Lane, Superman bersimbah luka dan tewas. Dunia pun kehilangan pahlawan terbaiknya.

Ketika kisah ini dibuat paket koleksi, storyline Doomsday ini jadi lebih dikenal sebagai The Death of Superman.

Funeral for a Friend/ World Without a Superman

Pemakaman Superman pun dilaksanakan dengan megah. Di Metropolis, dibangun sebuah mausoleum untuk menghormati sang Manusia Baja.

Yang menghadiri pemakaman Superman pun bermacam-macam. Sebagian besar Justice League of America menghadirinya. Ayah dan ibu Clark Kent juga datang. Beberapa supervillain yang menghormatinya turut menghadiri pemakamannya. Bahkan Lex Luthor ikut berduka, dengan berprinsip “Jika aku tidak bisa membunuh Superman, setidaknya aku ingin menguburnya.” Konon pemakaman ini juga dihadiri oleh Presiden Amerika Serikat saat itu, Bill Clinton didampingi oleh ibu negara Hillary Clinton.

Berbagai karakter DC Universe di masa ini — bahkan seperti Guy Gardner dan Green Arrow yang tidak begitu dekat dengan Superman, mengenakan ban tangan hitam berlogo S sebagai tanda duka.

Ternyata Superman tidak bisa beristirahat dengan tenang. Project Cadmus mencuri tubuhnya yang kemungkinan dijadikan proyek eksperimen kloning Superman. Pada akhirnya tubuh Superman direbut kembali oleh Lois Lane dan Supergirl.

Akibat dari kematian Superman, tingkat kejahatan pun meningkat. Beberapa superhero seperti Supergirl, bahkan tim dari Lexcorp berusaha mengendalikan situasi. Ayah tiri Superman, Jonathan Kent, menderita kesedihan yang dalam hingga terkena serangan jantung.

Pada masa ini, judul Superman hiatus selama tiga bulan lamanya. Pada saat kisah Funeral for a Friend ini mulai dibuat paket koleksi, storyline ini dikenal sebagai World Without a Superman.

 

Reign of the Supermen! / Return of Superman

Kematian Superman menyebabkan kekosongan peran manusia super di Bumi. Namun tiba-tiba muncul empat sosok mirip Superman yang berusaha mengambil peran ini. Keempat “Superman” ini adalah:

The Man of Steel

John Henry Irons adalah mantan desainer senjata militer dan ahli pengolah besi yang mengenakan armor besi dan menggunakan palu. Dari keempat sosok Superman, ia satu-satunya yang tidak mengklaim nama Superman. Ia merepresentasikan semangat Superman dan melanjutkan perannya. Nantinya ia mengganti nama sebagai Steel.

The Man of Tomorrow

Kita mengenalnya sebagai Cyborg Superman. Ia adalah robot yang diperkuat teknologi Kryptonian. Secara ilmiah, ia “terbukti” sebagai Superman, namun mengaku hilang ingatan mengenai bagaimana ia bisa mendapat tubuh mekanis. Belakangan ia diketahui sebagai mantan astronot NASA, Hank Henshaw. Nantinya ia malah jadi supervillain.


Siapa saja Superman yang muncul pada masa kematian Superman? Lalu bagaimana ia bisa hidup kembali? Yuk baca di halaman selanjutnya!

1
2

SHARE
Previous articleApa yang Terjadi Jika Digimon Mati? Ini Penjelasannya
Next articleMengesalkan, Ini 8 Hal yang Dibenci Gamer Hardcore dari Call of Duty WWII!
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.