Kurang Hype, Ini Dia 5 Game Balap PS2 yang Jarang Orang Mainkan!

Karena berbagai alasan, game-game balap era PS2 ini jarang dimainkan. Apa saja nih?

Kurang Hype, Ini Dia 5 Game Balap PS2 yang Jarang Orang Mainkan!

Kurang Hype, Ini Dia 5 Game Balap PS2 yang Jarang Orang Mainkan!

Sebagai salah satu genre umum, game balap PS2 tidak begitu banyak dieksplorasi oleh gamer.

[duniaku_baca_juga]

Bila ditanyakan game balap PS2 apa yang paling populer, jawabannya pasti tidak jauh dari Need for Speed dan Gran Turismo. Ada juga yang menyebutkan Tokyo Xtreme Racer dan Ridge Racer namun kedua gamtersebut tidak memiliki banyak penggemar di sini.

Pada dasarnya, game balap tidak terlalu banyak, dan biasanya hanya seri-seri besar saja yang lebih sering dipublikasikan ataupun dibagikan dari mulut ke mulut. Amat disayangkan bahwa sebenarnya masih ada game balap yang sangat menarik namun sedikit yang tahu bahwa seri ini pernah ada.

Didasari dari penemuan ini, penulis mencoba untuk mencari beberapa game yang dulu pernah dimainkan namun sangat jarang orang yang mencoba ataupun memainkannya. Berikut adalah 5 game balap PS2 yang jarang orang mainkan:

[page_break no="1" title="Enthusia"]

Kurang Hype, Ini Dia 5 Game Balap PS2 yang Jarang Orang Mainkan!

Berjudul lengkap Enthusia Professional Racing, game balap satu ini merupakan percobaan Konami untuk mengembangkan simracing di PS2, seperti halnya Gran Turismo. Dirilis pada 2005, Enthusia menawarkan 211 mobil yang dapat dikendarai dalam beberapa lokasi balap populer seperti Nurburgring Nordschleife.

Handling yang lebih realistik ternyata harus kalah oleh Gran Turismo dikarenakan beberapa hal, dimulai dari rendahnya publikasi mengingat nama Gran Turismo lebih dikenal, handling yang disebut-sebut terlalu realistis oleh reviewer dan susahnya untuk meng-unlock mobil. Tidak jarang banyak pemain yang lebih memilih Gran Turismo sebagai pilihan utama.

[page_break no="2" title="Auto Modellista"]

Kurang Hype, Ini Dia 5 Game Balap PS2 yang Jarang Orang Mainkan!

Balapan dengan grafis cell-shaded 3D ternyata tidak hanya datang dari Drift City / Skid Rush saja. Auto Modellista merupakan game balap dari Capcom yang menghadirkan sejumlah lokasi balap yang akan disukai oleh penikmat anime balap seperti Wangan Midnight dan Initial D. Mobil yang dapat dipilih juga mayoritas dari negeri sakura, dengan sedikit tambahan seperti Dodge Viper dan Ford GT.

Game balap satu ini memberikan kebebasan pemain untuk mengatur setting pada mobil, memasang upgrade dan memilah body kit yang diinginkan. Hasil setting akan sangat mempengaruhi mengingat Auto Modellista memiliki physics yang sangat aneh, pemain harus membutuhkan konsentrasi tinggi saat masuk dan keluar tikungan.

[page_break no="3" title="Tokyo Road Race"]

Kurang Hype, Ini Dia 5 Game Balap PS2 yang Jarang Orang Mainkan!

 

Merupakan versi pasar Barat dari Battle Gear 2, Midas Entertainment membeli hak untuk mempublikasikan ulang pada Taito dan mengubah namanya menjadi Tokyo Road Race. Tidak banyak yang bisa dijelaskan dari game balap ini mengingat kontennya sangat sedikit, kurangnya kualitas grafis dan lokasi balap yang berujung repetitif membuat permainan ini kurang layak dimainkan jika harus dibandingkan dengan versi arcade-nya.

Sebagai seri utama, Battle Gear sendiri merupakan permainan arcade online yang lebih condong ke arah simracing. Versi PS2 merupakan port langsung dari arcade yang disesuaikan untuk pasar konsol.


Penasaran dengan game balap lainnya? Klik halaman selanjutnya!

[page_break no="4" title="Initial D: Special Stage"]

Kurang Hype, Ini Dia 5 Game Balap PS2 yang Jarang Orang Mainkan!

Kepopuleran komik Initial D karya Shuichi Shigeno membawa banyak adaptasi, seperti serial animasi, film layar lebar termasuk beberapa seri game arcade yang hingga saat ini dikenal sebagai Initial D Arcade Stage. Sama seperti Battle Gear, beberapa versi arcade dari serial ini mendapatkan port untuk konsol, salah satunya Initial D Special Stage yang diambil dari IDAS2.

[duniaku_baca_juga]

Versi PS2 dari game ini berjalan sama persis seperti versi arcade dengan fitur save data untuk menyimpan progress. Pemain akan dibawa ke pegunungan di Jepang untuk menjadi pembalap touge tercepat mengalahkan Project D. Untuk mengakomodasi keterbatasan kontrol pada PS2, tingkat kesulitan dengan sengaja diturunkan agar tampak lebih adil.

[page_break no="5" title="Future GPX Cyber Formula"]

Kurang Hype, Ini Dia 5 Game Balap PS2 yang Jarang Orang Mainkan!

Future GPX Cyber Formula: Road to Infinity merupakan adaptasi dari serial animasi populer Shinseiki GPX Cyber Formula. Pada permainan ini, kalian tidak akan mengendarai mobil seperti 4 judul sebelumnya. Cyber Formula sendiri merupakan sebuah ajang balap Formula dengan kendaraan-kendaraan futuristis berkecepatan tinggi.

Pada permainan ini, pemain diharuskan memiliki respon yang cekatan dalam mengendarai Cyber Formula. Pada saat tertentu, perubahan mode sangat penting dalam meningkatkan kecepatan dan kelincahan Formula, seperti Aero Mode yang memberikan akselerasi dan top speed yang tinggi, atau Circuit Mode yang memberikan stabilitas pada tikungan. Dan pada saat yang paling genting, pemain dapat mengaktifkan Boost untuk membawa pemain menuju kecepatan maksimal.

Dari keseluruhan game balap PS2 yang ditampilkan, mana yang menurut kalian paling menarik? Apakah kalian lebih suka balapan serius seperti Enthusia, atau yang memacu konsentrasi seperti Future GPX Cyber Formula?

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU