Pabrikan Dragon Momoko Ditutup Oleh Bandai, Bagaimana dengan Pabrik Bootleg Lain?

Dragon Momoko

Bandai sedang tegas-tegasnya membasmi pabrikan bootleg atau barang palsu dari serial Model Kit Gundam, dan Dragon Momoko adalah yang pertama.

Dari sekian banyak pabrikan Model Kit Gundam atau Gunpla versi bootleg, mungkin pabrikan Dragon Momoko adalah salah satu yang paling terkenal dibandingkan beberapa merek lainnya.

Namun, saat ini pabrikan Dragon Momoko telah ditutup oleh pihak Bandai, selaku pemegang lisensi resmi dan hak cipta dari Gunpla. Tidak hanya menutupnya, namun Bandai juga akan membawa kasus ini ke ranah hukum.

Bandai memiliki banyak bukti tentang pelanggaran hak cipta yang telah dilakukan oleh Dragon Momoko, dan pabrikan ini juga menjual Gunpla buatan mereka tanpa lisensi dari Bandai dengan jumlah yang besar, dan telah mengekspornya ke seluruh dunia.

Dragon Momoko

Bekerja sama dengan pihak kepolisian Cina, Bandai berhasil menutup dan menangkap pemilik dari pabrikan Dragon Momoko. Jalur hukum sendiri telah dimasukan oleh pihak Bandai ke pengadilan kota Shanghai pada bulan September lalu.

Pihak Bandai juga sudah mengajukan permintaan ke Taobao, situs belanja di Cina untuk menutup dua toko utama yang menjual Gunpla buatan Dragon Momoko. Meskipun sulit, Bandai juga berencana ingin menghentikan semua toko dan re-seller yang menjual Gunpla palsu buatan pihak ketiga, karena bagi Bandai, ini mempengaruhi penjualan produk mereka.

Dragon Momoko

Beberapa orang menganggap penutupan ini merupakan hal yang bagus, sedangkan sebagian orang lagi menyayangkan penutupan pabrik Dragon Momoko. Alasannya, meskipun pabrikan Gunpla bootleg, namun Dragon Momoko beberapa kali membuat Gunpla orisinal mereka sendiri yang belum pernah dibuat Bandai (meskipun tanpa lisensi Bandai).

Kita ambil contoh beberapa Gunpla orisinal Dragon Momoko seperti MG 1/100 Akatsuki Gundam, di mana Bandai hanya membuat versi NG 1/100 dari Akatsuki. Contoh serupa adalah MG 1/100 Testament Gundam, dan MG 1/100 Astray Gundam Out Frame D yang Bandai buat versi Robot Damashi, bukan Gunpla.

RESMI: Kini Anime Gundam Build Fighters Berbahasa Indonesia Bisa Kamu Tonton Secara Gratis dan Legal!

Youtube resmi Gundam kini merilis anime Gundam Build Fighters bahasa Indonesia, lho! Kira-kira seperti apa ya Gundam Build Fighters bahasa Indonesia ini?
Baca Juga

Meskipun begitu, bootleg tetaplah bootleg, dan ini adalah tindakan tepat yang Bandai lakukan untuk mulai menindak tegas pabrikan tidak resmi di luar sana. Setelah Dragon Momoko, Bandai berencana menutup pabrikan lainnya. Beberapa merek seperti Daban, MCM dan lainnya mungkin akan menjadi target berikutnya.

aplikasi terkait
Kamu suka Gundam sekaligus permainan Trading Card Game, maka coba lah game Gundam Cross War The Last Field di Android milikmu!

SHARE
Previous articleActivision Tunda Peluncuran Microtransaction COD WW2! Apa Alasannya?
Next articleNetmarble Buka Pra Registrasi Mobile RPG Terbaru, Destiny6! Seperti Apa Nih?
Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan. Suka review mainan di YouTube-nya. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.