Evolusi PlayStation dari Masa ke Masa, Acungi Jempol Buat Sony!

Tak terasa sudah 27 tahun PlayStation hadir di dunia ini menemani hari-hari kita, khususnya bagi para gamer. Sudah 27 tahun juga ribuan game telah hadir di dunia ini untuk kita mainkan.

Source: Gumtree.com.au

Tak terasa sudah 27 tahun PlayStation hadir di dunia ini menemani hari-hari kita, khususnya bagi para gamer. Sudah 27 tahun juga ribuan game telah hadir di dunia ini untuk kita mainkan.

Dari ribuan game tersebut, ada yang ikonik dan bertahan hingga saat ini menjadi franchise besar. Akan tetapi, banyak juga game yang telah hilang seperti ditelan bumi akibat gagal atau tidak menarik untuk membuat developer melanjutkannya.

Hadirnya game-game ikonik tak akan lepas dari si konsol itu sendiri. Selama 27 tahun itu setidaknya Sony telah membuat empat buah generasi konsol. Masing-masing generasi memiliki perbedaan yang sangat mencolok dari segi desain maupun teknologi.

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi yang digunakan oleh PlayStation jauh semakin baik. Bahkan perbedaannya sangat terasa dari generasi ke generasi. Berangkat dari hal itulah Duniaku.net tertarik untuk membuat soal perkembangan PlayStation dari masa ke masa.

Artikel ini juga berguna untuk gamer yang sekarang tidak mengetahui seperti apakah PlayStation dulunya. Tanpa basa-basi yang terlalu panjang, inilah perkembangan PlayStation dari masa ke masa.

1

PlayStation 1

Source: Twitter

Pada tahun 1990, Sony pertama kali meluncurkan PlayStation generasi pertama atau biasa kita menyebutnya PlayStation 1. Konsol ikonik nan legendaris ini ternyata berhasil menggebrak dunia game.

Saat itu, PlayStation harus bersaing dengan beberapa konsol lainnya. Tapi pada akhirnya orang-orang menjatuhkan pilihannya pada konsol ini karena sistem penyimpanan gamenya yang tergolong keren karena menggunakan Compact Disc (CD).

Selain itu PlayStation 1 juga menyertakan sistem penyimpanan berupa memory card berukuran 1MB. Dulu 1MB bisa tergolong cukup keren dan mewah, bahkan harga memory card PS1 sendiri bisa mencapai ratusan ribu.

Konsol Sony generasi pertama ini memiliki spesifikasi cukup mewah di zamannya yakni 3232-bit MIPS (33mhz) CPU, 32-bit R800A (33mhz) GPU, 2MB RAM, 640×480 resolusi, dan media data CD.

Selain itu untuk menginput gambar, PlayStation 1 menggunakan kabel merah, putih, kuning (RCA) untuk dicolokkan pada televisi. Gambar yang dihasilkan harus diakui lebih baik dari konsol manapun.

Apalagi menjelang tahun 2000-an, banyak sekali game dengan grafis super keren di PS1. Yang tak kalah keren adalah mesin PS1 diselimuti oleh body berwarna putih untuk versi slim dan abu-abu untuk versi yang fat.


CONTINUE READING BELOW

Mainkan Game PS4 Gratis di PlayStation “Play Everything” Roadshow Indonesia!

Bulan November ini, kamu bisa memainkan berbagai game mulai dari Gran Turismo Sport hingga FIFA 18 secara gratis di PlayStation Play Everything Roadshow!


Colokan stik kala itu juga masih menggunakan colokan khusus PlayStation dengan enam pin lubang. Selain itu kontroler PS1 juga harus diakui memiliki desain yang premium dibandingkan konsol lainnya.

2

PlayStation 2

Source: Bolee.com

10 tahun selepas kehadiran PlayStation generasi pertama, dunia game kembali diguncang dengan kehadiran PlayStation generasi kedua atau kita menyebutnya sebagai PS2. Konsol yang satu ini memiliki desain yang lebih galak dibandingkan PS1.

Mengambil warna utama hitam, konsol ini terlihat benar-benar cool dan Stylish. Untuk urusan desain kontroler, PS2 hanya beda warna dari PS1. Tapi untuk urusan desain PlayStationnya sendiri tentu berbeda.

Perubahan PlayStation dari masa ke masa begitu terasa karena PS2 cenderung lebih panjang namun ramping. Untuk urusan display, PS2 juga masih menggunakan media kabel RCA sama seperti PS1.

Speseifikasi lengkap PS2 adalah 64-bit ‘Emotion Engine’ (299mhz) CPU, ‘Graphics Synthesizer’ (147mhz) GPU, RAM 32mb, VRAM 2mb, resolusi LCD 480×272, dan media penyimpanan game di dalam DVD.

PS2 juga memiliki memori penyimpanan data untuk save game sebesar 8MB berwarna hitam. Di generasi kedua ini banyak gamer yang melakukan improvisasi terhadap konsol ini.

Improvisasinya tergolong luar biasa karena PS2 yang kita mainkan bisa tidak menggunakan kaset, namun menggunakan Harddisk. Penemuan ini sangat fenomenal dan sukses membuat game yang kita mainkan dengan booting sangat cepat.


CONTINUE READING BELOW

Lima Bela Diri Ternama ini Ada di Mortal Kombat. Silat Juga Ada Lho!

para petarung game ini memiliki gaya bela diri yang digunakan untuk bertarung bahkan beberapa diantaranya merupakan bela diri ternama.


Biasanya bila menggunakan kaset, booting akan agak lama dan terkadang akan eror bila kaset game kita kotor atau rusak.

Saya sebagai gamer saat itu sangat kaget dengan lompatan teknologi yang begitu keren. Bahkan ketika pertama kali membaca majalah Hotgame soal HDD di PS2, saya langsung tertarik untuk mencobanya. Karena zaman dulu tentu saja kita akan asing sekali dengan yang namanya Harddisk.

Ada evolusi seperti apalagi di PlayStation 3 dan 4? Yuk Langsung Simak Halaman Berikutnya!

TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!