Ini Dia Daftar 20 Anime Era Millenium Yang Wajib Kamu Tonton (Bagian 2)

Jangan mengaku pecinta anime kalau kamu belum lihat daftar 20 anime wajib tonton ini

Jika membuat daftar anime wajib tonton, banyak sekali daftar yang berbeda-beda muncul dari sumber dan sudut pandang yang berbeda pula. Menentukan mana anime wajib tonton memang sebuah pilihan gampang gampang susah dan terdengar tricky.

Tetapi, sebuah majalah finansial mingguan bernama Weekly Toyo Keizai membuat sebuah daftar 20 anime wajib tonton yang dirilis di era millennium tepatnya di era tahun 2000an.

Majalah yang telah terbit pada tahun 1895 yang mempunyai demografik pembaca seperti eksekutif, para pemangku jabatan di perusahaan, analis, dan investor ini membuat sebuah daftar yang mempunyai judul lengkap “Anime Yang Paling Berpengaruh Secara Kultural” dan diurutkan sesuai tahunnya. Anime wajib tonton yang ada di dalam daftar ini merupakan campuran dari film dan TV.

Berikut daftar anime yang wajib kamu tonton versi Weekly Toyo Keizai:

1

The iDOLM@STER (2011)

Serial The iDOLM@STER merupakan serial yang sukses membuat para pecinta anime menjadi penggemar idol 2D dan memulai tren idol boom di dalam anime dan manga. Pada awalnya, The iDOLM@STER adalah sebuah game arcade buatan Bandai Namco yang diluncurkan tahun 2005.

Setelah mendapatkan fanbase yang stabil dan loyal, game ini merambah ke serial anime dan dirilis pada 8 Juli 2011 – 23 Desember 2011 dan dikerjakan oleh studio Sunrise. The iDOLM@STER bercerita tentang sebuah grup idol di sebuah agensi bernama 765 Production dan perjuangan mereka untuk mendapatkan kepopuleran.

2

Girls und Panzer (2012)

Girls und Panzer merupakan serial yang menceritakan tentang seorang siswi SMA yang bertarung dalam olahraga adu tank. Cerita berpusat di seorang siswi bernama Miho Nishizumi yang merupakan seorang keluarga yang terpandang dalam olahraga adu tank tetapi merasa trauma akibat suatu kejadian.

Setalah masuk ke sekolah baru, Miho memutuskan untuk tidak menekuni dunia adu tank. Tetapi, ketika ia bertemu teman baru ia langsung kembali bertanding di olahraga ini. Serial yang dirilis pada 9 Oktober 2012 – 25 Maret 2013 ini membawa pengaruh yang besar terhadap dunia anime dan menarik perhatian military otaku di Jepang.

3

Psycho-Pass (2012)

anime wajib tonton psycho pass

Psycho-Pass merupakan anime yang ditulis oleh Gen Urobuchi yang sebelumnya populer berkat menulis serial fenomenal Puella Magi Madoka Magica. Serial ini sering disebut sebagai penerus dari Ghost In The Shell untuk generasi otaku sekarang karena mempunyai kesamaan tema dan konsep.

Psycho-Pass bercerita tentang kepolisian di masa depan di mana sebuah sensor publik terus memeriksa keadaan mental dari setiap penduduk untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Psycho-Pass sendiri telah dirilis selama dua musim yang pertama dirilis pada 12 Oktober 2012 – 22 Maret 2013 dan musim keduanya dirilis pada 10 Oktober 2014 – 19 Desember 2014. Musim pertama serial ini berhasil mendapat kepopuleran yang luar biasa terutama di dunia internasional.

4

Ookami Kodomo no Ame to Yuki/Wolf Children (2012)

anime wajib tonton wolf children

Ookami Kodomo no Ame to Yuki atau yang dalam bahasa Inggrisnya berjudul Wolf Children merupakan film animasi yang disutradarai oleh Mamoru Hosoda. Sutradara ini dikenal menyutradarai film animasi populer dan mendapat pujian dari dunia internasional seperti Toki wo Kakeru Shoujo, Summer Wars, dan Bakemono no Ko (The Boy and The Beast).

Wolf Children dirilis di Jepang pada 21 Juli 2012 dan menceritakan tentang seorang ibu muda yang mengasuh anaknya yang setengah serigala sendirian setelah ditinggalkan oleh seorang werewolf. Film ini sukses memenangkan berbagai macam penghargaan seperti Japan Academy Prize for Animation of the Year pada tahun 2012 dan sukses membuat penonton menangis mengingat jasa ibunya.

5

Copellion (2013)

anime wajib tonton coppelion

Copellion merupakan serial seinen manga yang ditulis dan digambar oleh Tomonori Inoue yang telah dirilis oleh Kodansha pada 2008 – 2016. Adaptasi dari anime ini telah dirilis pada 2 Oktober 2013 – 25 Desember 2013.

Copellion bercerita tentang keadaan di tahun 2016 di mana sebuah bencana terjadi di pembangkit tenaga nuklir di Odaiba dan mencemari wilayah Tokyo yang berada di dekatnya. Dua puluh tahun kemudian, Tokyo telah menjadi kota hantu karena tingginya tingkat radiasi di mana pemerintah telah melarang siapapun masuk.

Ketika sinyal bahaya datang dari Tokyo, pasukan militer Jepang mengirim tiga gadis remaja dari Dispatch 3rd Special Force Copellion. Karena rekayasa gentik, Copellion kebal terhadap radiasi dan memiliki keterampilan khusus. Dengan demikian, perjalanan Copellion menuju ibukota yang sudah hancur dimulai untuk mencari korban yang masih selamat.

Penasaran dengan lima anime wajib tonton berikutnya? Cek halaman berikutnya untuk mencari tahu lebih lanjut!

1
2

SHARE
Previous articleIni Yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu Jika Kebanyakan Main Game!
Next articleDaftar Film Galau yang Akan Bikin Kamu Nangis Semaleman!
Penyiar dan Tukang Kritik Anime, Musik, Film di blog pribadinya RE:PSYCHO. Senang akan hal berbau senang-senang. Sekarang belajar caranya menaklukkan industri pop kultur di Asia Tenggara