Tidak Hanya Shaun the Sheep, Pernahkah Kalian Nonton Film-film Stop Motion Ini?

Bagi kalian penggemar Shaun the Sheep, ada lagi lho film stop motion yang terkenal dan pernah menghiasi layar kaca Indonesia. Inilah 5 film stop motion tersebut.

Bagi kalian penggemar Shaun the Sheep, ada lagi lho film stop motion yang terkenal dan pernah menghiasi layar kaca Indonesia. Inilah 5 film stop motion tersebut.

Film stop motion adalah film yang dibuat dari boneka atau malah mainan kemudian dimanipulasi sehingga terlihat berjalan dan berinteraksi. Salah satu film stop motion yang paling dikenal di Indonesia adalah Shaun the Sheep.

Ternyata, ada banyak film stop motion yang sudah dibuat di dunia ini. Inilah 5 film stop motion yang mungkin cukup dikenal di Indonesia, karena pernah diputar di televisi bahkan di bioskop.

1

Kubo and the Two Strings

Tahun rilis: 2016

Berlatar dunia Jepang masa lalu, ternyata film stop motion ini adalah film garapan Amerika Serikat. Kubo adalah seorang anak yang dapat membuat origami menjadi hidup dengan bantuan alat musik magis miliknya.

Dia berusaha untuk menemukan dan berbicara dengan arwah orang tuanya dalam sebuah festival, namun tidak datang. Sejak itu, Kubo berpetualang dan harus menghadapi musuh-musuh arwah jahat yang datang. Dapatkah Kubo bertemu dengan orang tuanya?

2

Frankenweenie

Tahun rilis: 2012

Dirilis tahun 2012 untuk menyambut Halloween, Frankenweenie merupakan film horror yang cocok ditonton oleh anak-anak. Tidak terlalu menyeramkan tetapi mempunyai greget tersendiri.

Dibuat dalam bentuk film hitam putih, film ini berkisah mengenai upaya seorang anak dalam membangkitkan anjingnya yang mati. Dia mengupayakan langkah-langkah yang dilakukan ilmuan dengan Frankenstein.

Anjing tersebut berhasil hidup kembali, dan menjadi awal petualangan sang anak dengan anjing Frankenstein bernama Frankenweenie.

3

ParaNorman

Tahun rilis: 2012

Film ini merupakan salah satu film horor stop motion tersukses dan menjadi nominasi beberapa penghargaan film animasi.

Norman adalah anak di kota Blithe Hollow yang mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan arwah orang meninggal dan hantu-hantu yang ada di kota tersebut. Dia ditugaskan menyelamatkan kota yang dikuasai dengan iblis jahat dengan sebuah ritual.

Keseruan perjuangan Norman dan teman-temannya ditambah efek horor yang ada membuat film ini sangat menarik.

4

Coraline

Tahun rilis: 2009

Coraline merupakan film horor yang mengisahkan tentang seorang anak yang menemukan lorong rahasia di rumah barunya. Lorong tersebut ternyata merupakan penghubung ke dunia hitam.

Di sana dia berpetualang menghindari serangan dari sang empunya tempat tersebut. Setiap anak yang gagal untuk meloloskan diri akan dicuri matanya dan digantikan dengan kancing, tentu saja berujung kematian di dunia nyata. Film stop motion ini cukup memberikan efek ngeri bagi penontonnya.

5

Chicken Run

film stop motion

Tahun rilis: 2000

Bagi kaliah pecinta game console Playstation, pasti pernah bermain game berjudul Chicken Run. Film inilah yang menjadi inspirasi dari game Playstation tersebut.

Film lawas tahun 2000 ini bekisah mengenai sekumpulan ayam yang berusaha untuk melarikan diri dari peternakan atau lebih tepatnya disebut sebagai penjara ayam yang mengharuskan mereka produktif menghasilkan telur.

Ayam-ayam ini menyusun rencana dan melakukan aksi melarikan diri untuk mencapai ke tempat yang lebih baik. Berhasilkah mereka?

Nah, bagaimana? Pernahkah kalian menonton film-film stop motion tersebut? Film stop motion ternyata memiliki kesan dan perasaan sendiri ketika ditonton, apalagi jika genre-nya adalah semi horor, yang memberikan kesan yang lebih mendalam.

Bagi kamu yang belum menontonnya, boleh juga mencoba menonton salah satu di antaranya.

Diedit oleh Doni Jaelani

TENTANG PENULIS