Lebih Baik Pilih PC atau Konsol? Ini Ulasan Detailnya!

Jadi, manakah yang lebih baik?

Lebih Baik Pilih PC atau Konsol? Ini Ulasan Detailnya!

Lebih Baik Pilih PC atau Konsol? Ini Ulasan Detailnya!

Jadi, manakah yang lebih baik? PC atau konsol?

Kali ini Duniaku.net memiliki pembahasan yang luar biasa seru untuk dibahas. Dimohon untuk membacanya dengan penuh kedewasaan karena dalam artikel ini bukan untuk membandingkan mana yang lebih baik antara PC dan konsol.

Artikel ini dibuat karena saya merasa lucu terhadap PC gamer fanatik dan konsol gamer fanatik. Keduanya saling bertengkar hanya untuk menentukan mana yang lebih baik antara PC atau konsol bila menjalankan game.

Bagi para gamer konsol, PC itu platform yang payah karena di sana mereka tidak akan bisa mencoba berbagai game eksklusif yang hanya dibuat developer untuk konsol saja. Sedangkan bagi para PC gamer, kenikmatan bermain game hanya akan bisa dirasakan secara maksimal bila bermain di PC sehingga munculan jargon PC Master Race.

Perdebatan yang seperti ini sepertinya tidak penting sama sekali, intinya kan sama saja yaitu sama-sama main game, hahaha.

[duniaku_baca_juga]

Mulai dari situlah saya muncul ide untuk membahas mana yang sebaiknya kalian pilih untuk main game. Artikel ini juga membantu kalian mempertimbangkan yang terbaik bila kalian niat untuk membeli salah satu antara PC dengan konsol.

Saya ingatkan kembali, artikel ini bukan untuk diperdebatkan dan bacalah dengan penuh penahaman dan kedewasaan.

[page_break no="1" title="Budget"]

Lebih Baik Pilih PC atau Konsol? Ini Ulasan Detailnya!

Budget merupakan hal paling utama untuk menentukan mana yang lebih baik antara PC atau konsol. Taruhlah di sini kalian punya budget sekitar 5 jutaan dan kalian bingung mau pilih PC atau konsol untuk bermain game, jawabannya bisa keduanya.

Budget 5 juta ini bisa kalian belikan konsol untuk bermain game karena harga konsol rata-rata saat ini adalah 4,9 juta dengan bonus satu buah kaset game dan 100 ribunya lagi bisa kalian belikan air minum.

Bila kalian ingin bermain diresolusi yang lebih tinggi misalkan 4K, kalian cukup keluarkan uang 6,5 juta rupiah untuk beli PS4 PRO.

Sedangkan budget 5 juta juga bisa kalian belikan PC yang cukup mumpuni untuk bermain game.

Cukup di sini bukan berarti kalian bisa melibas seluruh game dengan settingan rata kanan ya. Cukup di sini adalah mungkin kalian bisa akan bermain dengan settingan medium atau low bila bermain di 1080p atau settingan yang lebih baik bila bermain di resolusi 720p.

Untuk PC sendiri, budget 6,5 juta mustahil untuk bisa bermain diresolusi 4K guys.

Bila kalian tipe orang yang menuntut banyak hal semisal harus bermain dengan pengalaman terbaik di budget 5 juta sangat disarankan untuk memilih konsol. Kalaupun ingin memilih PC, disarankan kalian memilih komponen yang bisa di-upgrade dikemudian hari tanpa mengeluarkan banyak uang.

Intinya meski tak bisa mendapatkan pengalaman di resolusi tinggi, PC gamer tetap bisa bernafas lega karena PC merupakan platform yang bebas untuk diupgrade dikemudian hari.

Jawaban: PC 30% dan Konsol 70%

[page_break no="2" title="Garansi"]

Lebih Baik Pilih PC atau Konsol? Ini Ulasan Detailnya!

Garansi merupakan hal yang sangat vital baik untuk PC maupun konsol. Menggeber sebuah konsol untuk bermain game selama berjam-jam otomatis akan menurunkan umurnya dan begitu juga dengan PC.

Untuk mencegah hal yang tak diinginkan, munculah garansi sebagai solusi bila terjadi kerusakan pada PC atau konsol milik kita. Perlu diperhatikan bahwa garansi konsol hanyalah mesinnya saja atau kasarnya adalah PSnya saja.

Bila ada kerusakan di luar PS seperti stik dan peripheral lainnya, itu tidak bisa diklaim garansi. Garansi konsol khususnya PS4 cukup unik karena garansi yang kalian dapatkan adalah hampir unlimited.

Dulu biasanya sebuah konsol akan dikenakan garansi misalnya selama 1 tahun. Tapi khusus untuk PS4 saat ini kalian bisa mendapatkan garansi lebih dari 1 tahun dengan syarat tertentu.

Kalian bisa mendapatkan garansi PS4 selama bertahun-tahun dengan hanya membayar 70 ribu rupiah bila garansi kalian sudah mendekati akhir. Nantinya garansi kalian akan diperpanjang selama satu tahun lagi.

Tapi untuk melakukan ini bon pembelian kalian dan tanda perpanjang garansi tidak boleh hilang karena nantinya akan sangat sulit. Saya sendiri sampai saat ini belum tahu apakah sistem perpanjang garansi ini terbatas beberapa kali atau tidak terbatas.

Sedangkan untuk PC, tidak ada yang namanya perpanjangan garansi. Tapi yang paling menarik dari PC adalah garansi yang kalian dapatkan adalah per komponen. Saya berikan contoh seperti garansi proccessor akan memiliki masa berbeda dengan garansi Power Supply.

[read_more id="345098"]

Proccessor biasanya akan mendapatkan garansi selama tiga tahun sedangkan PSU akan mendapatkan garansi beragam, ada yang tiga tahun dan ada yang lima tahun. Meski begitu, kalian tak perlu khawatir karena PC dianggap memiliki ketahanan yang lebih baik daripada konsol.

Selain itu, untuk melakukan klaim garansi part PC biasanya lebih mudah dan bisa dilakukan meski bon pembelian telah hilang. Syaratnya cukup part yang kalian miliki jangan sampai cacat fisik atau rusak segel.

Jawaban: PC 50% Konsol 50%

Dihalaman selanjutnya akan ada pembahasan yang lebih seru terkait PC atau Konsol bro!

[page_break no="3" title="Mobilitas"]

Lebih Baik Pilih PC atau Konsol? Ini Ulasan Detailnya!

Konsol punya mobilitas yang lebih baik dibandingkan PC apalagi kita gamer yang sering bepergian. Anggapan itu menurut saya luar biasa dangkal karena di zaman yang serba keren seperti ini baik PC atau konsol sama-sama memiliki mobilitas yang baik.

Bila konsol bisa ditenteng kemanapun kita pergi, kenapa PC tidak? solusinya adalah kita bisa build PC dengan model mini-ITX. Bahkan bila bisa memilih komponen dengan baik, mini ITX bisa lebih kecil daripada konsol loh.

Tapi kendalanya cuman satu yaitu PC mini ITX memiliki harga yang mahal untuk komponen-komponennya. Tapi bagi kalian yang punya budget lebih, hal ini tentunya bukan halangan ya.

Jawaban: PC 40% dan Konsol 60%

[page_break no="4" title="Harga Game"]

Lebih Baik Pilih PC atau Konsol? Ini Ulasan Detailnya!

Harga game di sini menjadi pembahasan yang tak boleh terlewatkan. Baik PC dan konsol memiliki cara membeli game yang menarik mulai dari kaset fisik maupun dari download. Sepertinya sudah bisa ditebak bahwa untuk urusan harga game, PC lebih unggul dari segi apapun.

Memang PC kalah eksklusifitas dan kenyataannya masih banyak game AAA yang hadir di PC sehingga eksklusifitas bukanlah masalah serius bagi gamer PC. Bila kalian dituntut untuk mengeluarkan uang banyak demi membeli sebuah game konsol, maka gamer PC boleh dibilang lebih beruntung.

[read_more id="346890"]

Sejak Steam hadir, gamer PC seperti dimanjakan karena di sana banyak sekali diskon game original gila-gilaan. Contohnya adalah saya kemarin membeli kaset Mortal Kombat XL untuk konsol adik saya, saya membelinya dengan harga 350 ribu rupiah.

Sedangkan jauh sebelum membeli Mortal Kombat XL untuk konsol, saya telah membeli versi PCnya via Steam dan saya membelinya hanya dengan harga 135 ribu rupiah saja, hahaha.

Memang harus menunggu download yang cukup lama karena game di Steam bersifat soft file, tapi itu tak masalah karena harga yang dibayarkan sangat murah. Apalgi terkadang di Steam diskon sebuah game bisa mencapai 80%. Minggu lalu The Witcher 3 diskon luar biasa dan harganya hanya menjadi 170 ribuan saja!

Jawaban: PC 70% dan Konsol 30%

Makin Memanas? Sudah Tahu Mana yang Lebih Baik? Bila Belum tahu, halaman berikutnya patut kalian baca!

[page_break no="5" title="Multimedia dan Fungsi Lainnya"]

Lebih Baik Pilih PC atau Konsol? Ini Ulasan Detailnya!

Saat ini konsol bukanlah platform yang hanya bisa bermain game saja seperti zaman dulu. Konsol saat ini menjadi sebuah gaya hidup karena di dalamnya ada banyak sekali multimedia yang kalian nikmati seperti netflix, Youtube, dan lain-lain.

Bila kalian punya koneksi internet yang baik, konsol bisa menjadi hiburan yang luar biasa menarik. Tapi sayang sekali, konsol bukanlah alat yang baik untuk menyelesaikan tugas, PR, atau semacamnya.

Bila membeli konsol, kalian dituntut untuk punya laptop atau sejenisnya agar bisa mengerjakan tugas di rumah dan hal ini tentu saja berbanding terbalik dengan PC. PC merupakan salah satu alat yang menyediakan perangkat multimedia terbaik.

Kalian bisa ngetik, ngedit foto, nonton Youtube, dan internetan. Sebuah paket lengkap apabila part yang digunakan dikomputer tersebut adalah perangkat high end yang siap melibas berbagai game di segala resolusi.

Bila seorang yang sibuk dengan pekerjaannya dan dia merupakan seorang gamer, sangat disarankan membeli PC. Tapi bagi anak sekolahan atau orang yang tak punya banyak tugas yang berhubungan dengan komputer, mungkin konsol adalah jawabannya.

Jawaban: PC 65% dan Konsol 35%

Kesimpulannya adalah baik PC maupun konsol sama-sama bagus karena memang keduanya memiliki kegunaan masing-masing. Bagi para gamer enthusiast dengan dana terbatas, konsol bisa menjadi jawaban dan pilihan yang sangat bijak sekali.

Tapi untuk orang yang sudah bekerja namun dirinya memiliki hasrat tinggi untuk bermain game, PC menjadi pilihan terbaik. Yang penting adalah PC bisa diupgrade dan bila kalian tipe orang yang sabar, PC kalian bisa diupgrade dikemudian hari.

[read_more id="343895"]

Selain itu baik PC atau konsol juga memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Itu merupakan hal yang sangat wajar karena yang namanya teknologi pasti memiliki plus dan minus.

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU