Puluhan Ribu Gamer Tulis Petisi, Minta ESRB Golongkan Loot Box Sebagai Perjudian

Sebanyak puluhan ribu gamer meminta ESRB untuk menggolongkan Loot Box sebagai perjudian. Perlukah sistem Loot Box dihapus dari game?

aplikasi terkait
Serunya perang galaksi juga bisa kamu rasakan di game Star Wars: Galaxy of Heroes!
loot box

Sumber: Game Wisdom

Menyusul kemarahan gamer terhadap masalah pay to win Star Wars Battlefront 2 beberapa waktu lalu, kini mereka mengambil langkah lain dengan menulis petisi online untuk menggolongkan Loot Box sebagai perjudian.

Beberapa waktu lalu organisasi regulator ESRB (Entertainment Software Rating Board) memang telah menyatakan bahwa Loot Box tidak mengandung unsur perjudian.

Namun, sepertinya pernyataan tersebut tidak membuat gamer puas dan mereka mencoba untuk mengubah pandangan organisasi yang berbasis di Kanada dan Amerika Serikat tersebut. Lewat sebuah petisi online, sebanyak 77 ribu gamer telah menandatanganinya dan kami perkirakan akan terus bertambah!

Petisi online tersebut pertama kali muncul di situs change.org dan diawali oleh gamer Slovenia bernama Lovro Pirjevec. Meskipun kami di sini bukan ingin membahas pernyataan dari Pirjevec, tapi seperti yang bisa kamu lihat bahwa pada dasarnya ada banyak gamer mendukung petisi ini dan menginginkan Loot Box dihapus dari video game.

Memang seharusnya setiap game yang mengandung unsur perjudian harus diberi label Adults Only dan kami melihat masih banyak game yang berhasil dipasarkan dengan rating tersebut.

Pada saat awal ESRB mengatur masalah Loot Box, organisasi tersebut mengatakan bahwa item ini tidak bisa digolongkan sebagai perjudian, karena Loot Box memang selalu memberikan hadiah, walaupun acak. Dalam perjudian yang asli selalu ada resiko seseorang untuk tidak mendapatkan apa-apa.

Sumber: nerdist

Sederhananya, menurut Duniaku.net pembuat petisi ini dan semua gamer yang mendukungnya bukanlah “fans” dari sistem Loot Box. Bukan hal yang mudah untuk membuat ESRB menggolongkan item ini sebagai perjudian, mengingat organisasi ini telah membuat keputusan.

Belakangan ini memang banyak developer game mulai “melewati batas” dengan menawarkan bonus item dari Loot Box yang tak hanya untuk kosmetik saja, tapi juga berdampak terhadap pengalaman gaming itu sendiri dan bisa memberikan keuntungan atas orang lain secara online.

Game seperti Middle-earth: Shadow of War dan Star Wars Battlefront 2 adalah salah satu game yang memperkenalkan Loot Box yang benar-benar dapat memberikan keuntungan lebih bagi gamer yang membelinya, yang akhirnya membuat game tersebut bisa di cap sebagai game pay to win.

Berbeda dengan Overwatch yang hanya menawarkan item kosmetik atau modifikasi visual lainnya seperti skin, emotes, atau spray yang pastinya tidak akan mempengaruhi permainan secara signifikan.


CONTINUE READING BELOW

Redakan Kemarahan Gamer, Electronic Arts Akhirnya Hapus Microtransaction Star Wars Battlefront 2!

Setelah beberapa hari dikecam oleh pemainnya, akhirnya Electronic Arts mengumumkan telah menghapus microtransaction Star Wars Battlefront 2. Selamanya?


Bagaimana menurut kamu? Apakah Loot Box memang seharusnya digolongkan sebagai perjudian? Tulis pendapatmu di komentar ya!

Diedit oleh Doni Jaelani

TENTANG PENULIS
era