Dijamin Berhasil! Ini Cara Mudah Install 50++ Game ke SNES Classic Mini!

Sekarang kamu bisa main Chrono Trigger, Clock Tower, NBA Jam, Top Gear dan puluhan judul keren lain di SNES Classic Mini-mu!

cara mudah install game ke SNES Classic Mini

Merasa 21 game yang ada di SNES Classic Mini masih kurang? Ingin main Chrono Trigger atau Aladdin? Dengan cara mudah install game ke SNES Classic Mini berikut ini, kamu bisa tambah lebih dari 50 game!

Bagi gamer yang tumbuh di era 90an, perilisan SNES Classic Mini tak ubahnya seperti nostalgia. SNES Classic Mini ini benar-benar mewujudkan pengalaman bermain mirip dengan konsol aslinya, namun dengan ukuran yang lebih kecil. Bahkan, Nintendo memberikan “bonus” game Starfox 2 yang belum pernah dirilis sebelumnya.

Namun sayang, ada satu nilai minus yang cukup vital di konsol mini ini. Apalagi kalau bukan kurangnya jumlah game yang tersedia. Saat membeli konsol ini, kamu hanya akan mendapatkan 21 game pre-installed yang bisa dimainkan. Tidak ada dukungan untuk menggunakan cartridge lama, dan Nintendo juga belum memberikan cara legal untuk menambah game baru.


CONTINUE READING BELOW

Review SNES Classic Mini: Mesin Waktu yang Pas untuk Nostalgia Gamer 90an

Apakah SNES Classic Mini wajib untuk dimiliki? Simak dulu review dari Duniaku.net ini! Harga SNES Classic Mini Indonesia, Review SNES Classic Mini


Padahal mereka menyematkan memori yang cukup besar di konsol ini, yaitu 256MB. Dengan ukuran game SNES rata-rata 2-3MB, seharusnya konsol ini bisa memuat 100 game. Tapi nyatanya, mereka hanya menyediakan 21 game saja. Bahkan judul besar seperti Chrono Trigger tidak tersedia!

Tapi bagi kamu yang sudah terlanjur membeli dan kecewa karena cuma ada 21 game, tenang saja. Seperti yang sudah kami sebutkan di artikel sebelumnya, di sini tim Duniaku.net akan membagikan tutorial cara mudah install game ke SNES Classic Mini. Dengan langkah-langkah di bawah ini, kamu bisa menambahkan lebih dari 50 game lagi (bahkan bisa sampai 100!) ke dalam SNES Classic Mini-mu. Lebih dari cukup kan?

Oiya, sebelumnya penulis mengingatkan bahwa cara hacking ini mengandung resiko. Ada kemungkinan konsolmu akan malfungsi, atau bahkan mati total. Akan tetapi peluang keberhasilannya cukup besar kok jika kamu mengikuti langkah-langkah di bawah ini dengan seksama. So, do with your own risk!

1

Download Hakchi

Pertama-tama kamu harus download dulu software Hakchi yang dibutuhkan untuk “membobol” pertahanan SNES Classic Mini. Download langsung di halaman resminya, dan ekstrak file-nya di PC/Laptop-mu.

2

Jalankan Hakchi

cara mudah install game ke snes classic mini

Di folder hasil ekstrak, kamu akan menemukan file hakchi.exe. Jalankan dan kamu akan menemui layar seperti di bawah ini.

cara mudah install game ke snes classic mini

Pilih yang sesuai dengan konsol yang akan kamu hack. Kamu bisa menggunakan hakchi ini untuk konsol lain yang tertera, dan mengubah pengaturannya sewaktu-waktu di menu “Settings -> Console Type.”

3

Tambah Game dan Box Art

cara mudah install game ke snes classic mini

Untuk menambah game, klik tombol “Add More Games” dan pilih file ROM yang sudah kamu download sebelumnya, lalu klik “Open”.

cara mudah install game ke snes classic mini

Karena penggunaan ROM adalah tindakan ilegal selama kamu tidak memiliki game-nya, jadi untuk cara mendapatkan ROM-nya silakan cek di Google ya!

Setelah itu, kamu bisa menambahkan box art dengan cara klik Google (untuk mencari via Google Images) atau Browse (untuk menggunakan file yang sudah diunduh sebelumnya) yang ada di bagian kanan aplikasi.

cara mudah install game ke snes classic mini

4

Mulai Sinkronisasi dengan SNES Classic Mini

cara mudah install game ke snes classic mini

Pastikan semua game yang kamu pilih tercentang di bagian kiri. Langkah selanjutnya adalah sinkronisasi dan install game ke SNES Classic Mini. Kamu bisa melakukannya dengan mengeklik tombol “Synchronize Selected Games with NES/SNES Mini”.

Selanjutnya, kamu akan mendapatkan pesan bahwa kamu harus install custom kernel ke dalam SNES Classic Mini. Proses ini hanya akan berlangsung sekali kok. Klik YES untuk ke proses selanjutnya.

5

Ikuti Instruksi di Layar

cara mudah install game ke snes classic mini

Selanjutnya, kamu tinggal mengikuti instruksi di layar. Lakukan secara bertahap:

  • Pastikan tombol POWER konsol dalam keadaan OFF.
  • Sambungkan SNES Classic Mini ke PC/Laptop dengan menggunakan kabel USB.
  • Sembari menahan tombol RESET, nyalakan tombol POWER.
  • Setelah beberapa detik, lepaskan tombol RESET. Pastikan LED POWER tidak dalam posisi ON.
  • Install driver (hanya berlangsung sekali).

Jika kamu melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, maka seharusnya di layar akan muncul progress dumping kernel seperti di bawah ini.

cara mudah install game ke snes classic mini

Tunggu beberapa saat, dan apabila proses berhasil maka kamu akan mendapatkan pesan seperti di bawah ini. Klik tombol OK.

cara mudah install game ke snes classic mini

Selanjutnya, aplikasi akan memulai proses instalasi game baru dan sinkronisasi dengan konsol.

cara mudah install game ke snes classic mini

Jika sudah berhasil, maka akan muncul pesan seperti ini.

cara mudah install game ke snes classic mini

Selamat! Kamu sudah berhasil “membobol” SNES Classic Mini!

6

Install Game Berikutnya

Untuk install game berikutnya, kamu sudah tidak perlu dumping kernel dan install driver lagi. Cukup sambungkan SNES Classic Mini ke PC, tambahkan game (dengan tombol Add More Games) dan centang game yang ingin kamu install.

Setelah itu, kamu tinggal klik “Synchronize Selected Games with NES/SNES Mini” dan game-game tambahan pun sudah bisa kamu mainkan!


CONTINUE READING BELOW

Wow, Hacker Berhasil Jebol Pertahanan SNES Classic!

SNES Classic yang dirilis oleh Nintendo ternyata hanya memiliki 21 games tanpa bisa ditambahkan, untuk itu para peretas pun bertindak.


Jika bingung akan game apa yang ingin kamu install di konsolmu, kamu bisa simak artikel berikut ini.


CONTINUE READING BELOW

10 Game Super Nintendo yang Harusnya Ada di SNES Classic Mini

Koleksi game SNES Mini sebenarnya sudah bagus. Tapi kalau saja 10 game Super Nintendo ini ada juga di sana, pasti konsol ini semakin menggoda!


Selamat mencoba, dan apabila ada pertanyaan, silakan share di kolom komentar ya!

Share this article

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.