Aneh, Film Horor Get Out Akan Bersaing sebagai Komedi di Golden Globes!

get out
Sumber: Guardian

Salah satu film horor paling unik tahun ini, Get Out akan bersaing sebagai film komedi dalam ajang Golden Globes 2018. Kok bisa?

Pernah melihat gambar aktor berkulit hitam Daniel Kaluuya yang terkejut sambil menangis seperti di atas? Barangkali itulah salah satu gambar paling mencolok dalam film Get Out.

Baca Juga

Get Out tidak diragukan lagi menjadi salah satu film horor paling unik dan inovatif beberapa tahun belakangan. Saat film horor lain masih saja berkutat di rumah berhantu atau boneka seram, Get Out mengangkat tema rasisme sebagai bahan untuk menakut-nakuti.

Hasilnya ternyata cukup mengejutkan. Lewat tema rasisme yang memang lagi panas sekarang, film horor ini berhasil membikin detak jantung berkejaran dan paranoid bagi para minoritas.

aplikasi terkait

Eyes - The Horror Game

By Paulina Pabis

4
starstarstarstarstar
Suka yang horor-horor? Kamu bisa cobain game ini!

Tapi, film horor yang menyeramkan itu ternyata dimasukkan ke dalam kategori komedi dalam ajang Golden Globes 2018. Ajang ini adalah penganugerahan bagi insan film dan televisi Amerika dan dinilai sebagai “ajang pembuka” sebelum Academy Awards/Oscars.

Nah, berbeda dengan Oscars, kategori untuk film dalam Golden Globes ini terbatas, yaitu Best Drama, Best Musical or Comedy, Best Foreign Language, dan Best Animated Film. Get Out jelas tak masuk dalam dua kategori terakhir sehingga hanya tersisa dua pilihan.

Menurut Guardian, masuknya Get Out ke dalam kategori Best Comedy ini ditenggarai agar punya kesempatan lebih besar untuk menang. Ini disebabkan jika ia masuk kategori Best Drama, lawan paling beratnya adalah Dunkirk dan The Big Sick.

Sumber: Vanity Fair

Walaupun sekadar menjadi “ajang pembuka”, memenangi Golden Globes dianggap akan membantu kampanye untuk bersaing di Oscars tahun depan.

Sementara itu, Jordan Peele, sang sutradara menjelaskan pembelaannya. “Masalahnya, film ini tak bisa dibatasi genre belaka,” ujarnya seperti dilansir IndieWire. “Awalnya aku bikin film horor, tapi setelah filmnya selesai ini terasa tak seperti horor, malah lebih ke social thriller.”

Pada akun Twitternya, Peele malah menulis ini.

Barangkali penonton bakal lebih memaafkan karena sebelum ini, Peele lebih dikenal sebagai komedian daripada filmmaker. Get Out adalah debut film pertamanya. Lagipula, jika kalian nonton film horor di bioskop, bukannya tawa seringkali datang setelah semua teriak karena jumpscare, bukan? Oke, itu jangan dianggap serius.

Tapi tetap saja, alasan masuknya film horor sebagai film komedi demi haus penghargaan terlihat sulit diterima akal. Guardian menyebut aksi ini sebagai “pemalas yang tak dapat dimaafkan”. Apalagi, Golden Globes juga pernah kecolongan pada saat The Martian, film space survival besutan Ridley Scott menang dalam kategori Best Musical/Comedy tahun lalu.

The Martian itu komedi dari mana coba? Musikal pula lagi?!

Ternyata Ini Alasan Mengapa The Martian Menjadi Film Terpenting di Tahun 2015

Inilah alasan mengapa The Martian adalah film terbaik yang pernah dibuat! Download The Martian bajakan, video The Martian, film terbaik 2015
Baca Juga

Diedit oleh Fachrul Razi