Inilah Alasan Mengapa John Constantine Harus Masuk ke DCEU!

Mengapa ia harus masuk ke semesta film DC Comic seperti superhero lainnya? Berikut alasan-alasan mengapa John Constantine harus masuk ke DCEU!

Inilah Alasan Mengapa John Constantine Harus Masuk ke DCEU!

Inilah Alasan Mengapa John Constantine Harus Masuk ke DCEU!

Sebagai salah satu karakter DC yang paling ikonik, John Constantine harusnya bisa masuk ke DC Cinematic Extended Universe. Mengapa? Simak pembahasannya!

[duniaku_baca_juga]

Licik, playboy, dan suka merokok. Tiga hal ini tentu saja mengingatkan para fans DC terhadap penyihir dengan level kecerdikan yang mampu menandingi dewa. Rasanya tak lengkap jika komik yang bertema dunia mistik baik dari Hellblazer sampai Justice League Dark tak menghadirkan nama John Constantine.

Untuk kamu yang belum tahu John Constantine, ia adalah seorang penyihir, pengusir setan dan master ilmu hitam. Ia mengetahui segala sesuatu mengenai dunia gaib dan pernah berurusan dengan entitas rendahan seperti setan sampai Yahweh yang merupakan Tuhan di dunianya.

Mengapa ia harus masuk ke semesta film DC Comic seperti superhero lainnya? Akankah ia bisa menaikkan pamor semesta film milik DC yang kini mulai terpuruk seperti Wonder Woman? Berikut alasan-alasan mengapa John Constantine harus masuk ke DCEU!

[page_break no="1" title="Sebagai Ikon Dunia Mistik DCEU"]

Inilah Alasan Mengapa John Constantine Harus Masuk ke DCEU![duniaku_adsense]

Seperti yang kita tahu, Marvel berhasil membuat dobrakan besar dengan menghadirkan salah satu superhero mistik yang bernama Doctor Strange. Langkah berani ini tentu saja berhasil menaikkan nama MCU sebagai salah satu semesta film superhero pertama yang menghadirkan karakter penyihir.

DCEU sendiri juga sebenarnya memiliki karakter yang memiliki potensi melebihi Doctor Strange.Tidak hanya John, ada sederet penyihir hebat seperti Zatanna, Madame Xanadu dan Dr. Fate yang juga tak kalah populer di DC Comic.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2017/11/21/anggota-green-lantern-corps-1/" title="Ini Dia Para Anggota Green Lantern yang Wajib Kamu Tahu!"]

Namun, si perokok berat ini memiliki beberapa hal yang tak dimiliki oleh penyihir lain. Tidak hanya bermodal kekuatan sihir semata, John dinilai memiliki potensi cerita dan karakterisasi yang jauh lebih menarik daripada para penyihir lainnya yang masih satu trait dengan superhero pada umumnya.

Latar belakangnya yang kelam, sepak terjangnya menghadapi ancaman mistis dengan kecerdasannya dan hubungan antar karakter  lain yang terbilang sangat kompleks membuat John patut masuk ke DCEU. Kecerdikan dan kelihaiannya dalam berurusan dengan dunia mistis tentu saja patut kita lihat di filmnya nanti

[page_break no="2" title="Memiliki Jiwa Karakter yang Berbeda dengan Superhero Lainnya"]

Inilah Alasan Mengapa John Constantine Harus Masuk ke DCEU!Jika kita menilik semua film yang diproduksi DCEU, hampir semua karakter superhero memiliki perwatakan yang hampir sama. Bahkan, Batman yang agak “gelap” latar belakangnya pun masih memiliki sifat keadilan di hatinya. Mereka semua punya tujuan untuk selalu melindungi umat manusia dari berbagai kejahatan yang mengancam.

Berbeda dengan John Constantine. Meskipun memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi, yang ada di pikirannya hanyalah cara efektif untuk keluar dari permasalahan meskipun harus mengorbankan sesuatu yang berharga.

John juga tak segan memperalat siapapun yang menurutnya akan memberi keuntungan. Ia tak akan peduli dengan omongan “kita bisa menyelamatkan semua dengan kerja tim". Penyihir ini bisa dibilang adalah karakter yang pemikirannya jauh lebih realitis dari superhero manapun.

Hal itulah yang membuat cerita DCEU akan lebih menarik karena bisa jadi akan terjadi perang ideologi antar superhero DC dengan si penyihir terlicik sepanjang masa.

Inilah Alasan Mengapa John Constantine Harus Masuk ke DCEU! John sempat dipukuli Batman karena perbedaan pendapat[/caption]


Ada beberapa alasan lagi mengapa John harus masuk ke dalam DCEU. Penasaran? Klik halaman selanjutnya!

[page_break no="3" title="Ada Enchantress di DCEU"]

Inilah Alasan Mengapa John Constantine Harus Masuk ke DCEU![read_more id="348124"]

Para penggemar DCEU pasti paham soal hal ini. Kesalahan David Ayer pada saat itu adalah ia memasukan antagonis yang seharusnya bukan menjadi lawan dari kelompok penjahat satu ini. Enchantress yang notabene adalah makhluk mistis seharusnya menjadi tanggung jawab Justice League Dark yang dikomandoi John Constantine.

Rasanya aneh memang, seorang penyihir berkekuatan luar biasa bisa dipercundangi oleh gerombolan penjahat yang hampir semuanya pernah kalah oleh Batman yang notabene masih manusia biasa. Ketidaklogisan itulah yang membuat film ini mendapat rating buruk dari kalangan penggemar komik DC.

Akan tetapi, ada satu keuntungan di balik kehadiran penyihir wanita satu ini. Kemunculan villain tersebut tentu saja bisa menjadi benang merah bagi John Constantine dan rekan-rekannya untuk masuk ke dalam dunia DCEU. Tak menutup kemungkinan selain Enchantress, masih banyak penjahat-penjahat mistik lainnya yang tentu saja hanya bisa ditangani John Constantine cs.

[page_break no="4" title="Membuka Jalan Masuk bagi Para Superhero Mistik ke DCEU"]

Inilah Alasan Mengapa John Constantine Harus Masuk ke DCEU![duniaku_adsense]

Hadirnya John Constantine tentu saja akan menarik karakter superhero mistik lainnya untuk masuk ke dalam DCEU. Sebut saja ada Zattana, Swamp Thing, Etrigan, Madame Xanadu, Deadman, Orchid dan masih banyak yang lain. Mereka semua memiliki hubungan dengan John entah sebagai teman, kekasih dan juga musuh.

Meskipun tak bisa mendapatkan film solonya sendiri, setidaknya mereka memiliki kesempatan untuk unjuk gigi di depan para pecinta DCEU yang menginginkan tontonan yang berbeda dari film-film sebelumnya.

Kemampuan para superhero yang pernah tergabung dalam Justice League Dark tentu saja merupakan peluang yang berharga untuk menaikkan popularitas DCEU. Bagi yang sudah lelah dengan tontonan superhero yang berunsur fiksi ilmiah, mungkin kehadiran mereka patut untuk ditunggu.


Benarkah John lebih pintar dari Batman? Bisakah ia menyaingi kepopuleran Wonder Woman? Klik halaman terakhir!

[page_break no="5" title="Memiliki Skill Strategi Melebihi Batman"]

Inilah Alasan Mengapa John Constantine Harus Masuk ke DCEU![duniaku_adsense]

Jika Batman yang notabene merupakan detektif terhebat di dunia tak sanggup menangani permasalahan dunia gaib, maka pengetahuan dan kemampuan John amat sangat dibutuhkan untuk mengatasi problem tersebut.

Tahu Enchantress? Jangankan Suicide Squad, Justice League yang didominasi para meta-human saja pernah kalah dengan makhluk satu ini di komiknya. Enchantress baru kalah setelah ditaklukkan oleh Justice League Dark berkat strategi yang dimiliki John Constantine.

Selain itu di seri komik solonya, diketahui John juga telah beberapa kali mengakali karakter-karakter terkuat di dunianya seperti The Spectre, First of Fallen dan Yahweh. Yup, dewa saja pernah kena tipu olehnya. Suatu hal yang belum tentu yang tak mungkin dilakukan sang manusia kelelawar kecuali ia duduk di kursi Mobius.

Tentunya akan menarik jika di sekuel film selanjutnya, para meta-human diatur-atur oleh lelaki pemabuk yang strateginya sering kali jitu. Dan Batman mungkin saja menjadi bahan tertawaan John di sepanjang filmnya.

Inilah Alasan Mengapa John Constantine Harus Masuk ke DCEU!

[page_break no="6" title="Film Solonya Berpotensi Menyelamatkan Nama DCEU"]

Inilah Alasan Mengapa John Constantine Harus Masuk ke DCEU![read_more id="347963"]

Jika sebelumnya Wonder Woman pernah menyelamatkan DCEU dari kritikan pedas para kritikus Rotten Tomatoes, penulis menganggap John Constantine juga memiliki potensi yang sama dengan superhero wanita satu ini.

Materi cerita yang melimpah, variasi tokoh yang unik, pendekatan cerita yang pastinya anti-mainstream membuat John Constantine layak mendapat debut solonya yang tentu saja berbeda dengan film yang pernah dibintangi oleh Keanu Reeves. Masalah aktor? Ada Matt Ryan yang sukses menjadi John Constantine seperti dalam gambaran komiknya.

Kualitas Matt Ryan tak perlu diragukan lagi setelah ia dua kali berperan sebagai aktor maupun pengisi suara John Constantine. Baik aksen, gesture tubuh, gaya berpakaian di serial TV sebelumnya sangatlah persis dalam komiknya.

Inilah Alasan Mengapa John Constantine Harus Masuk ke DCEU!Bahkan, penulis menganggap Matt Ryan bisa disetarakan dengan aktor seperti Robert Downey Jr dengan Iron-Mannya dan Hugh Jackman dengan Wolverine. Sutradara? Neil Marshall bisa menjadi pilihan tepat. Pengalamannya di mana ia pernah menangani  serial TV Constantine dan Game of Thrones tentu saja menjadi bekal berharga.

Eksekutif produser? Serahkan saja ke David S Goyer yang pernah membantu terwujudnya Batman Begins, The Dark Knight Rises, dan Man of Steel. Kita tinggal berharap saja agar filmya nanti tak di potong sana-sini oleh pihak produser.


Itulah lima alasan kenapa John Constantine harus masuk ke dalam DCEU. Jika kamu ada pendapat, sampaikan di kolom komentar, yah!

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU