10 Lirik Lagu yang Sering Membuat Orang Keliru Tentang Maknanya (Part 1)

Mungkin kamu salah satu orang yang salah menanggapi beberapa lirik lagu berikut ini

10 Lirik Lagu yang Sering Membuat Orang Keliru Tentang Maknanya (Part 1)

10 Lirik Lagu yang Sering Membuat Orang Keliru Tentang Maknanya (Part 1)

Ketika kita membaca lirik sebuah lagu, terkadang terdapat lirik yang memang artinya sesuai dengan judul/interpretasi umum dari kebanyakan pendengar. Namun tidak jarang juga, lirik yang ada memiliki makna yang di luar dugaan Dan berikut adalah ke-10 lirik lagu yang dimaksud tersebut.

Sebelum kita lanjut, perlu kalian ingat bahwa daftar ini dibuat berdasarkan tidak hanya dari konfirmasi resmi sang penyanyi/band, namun juga berdasarkan interpretasi artistik penulis sebagai penikmat musik dan juga sebagai part-time vokalis.

[duniaku_baca_juga]

[page_break no="10" title="Taylor Swift-Blank Space (2014)"]

Loh, bukannya sudah jelas ya lagu ini menceritakan Taylor yang hobi gonta-ganti pacar? Kalian nyaris lumayan benar. Akan tetapi, yang perlu kalian ketahui, lagu ini bukanlah 100% ditulis oleh Taylor untuk menyindir diri dia sendiri.

Melainkan lagu ini ditujukan untuk menyindir media (pers) yang kerap mengkritik dirinya atas kelakukannya yang hobi gonta-ganti pasangan tersebut.

[page_break no="9" title="Blondie /One Direction-One Way or Another (1979, 2013)"]

Bagi kalian yang mungkin generasi 70 dan 80-an telah mendengar lagu ini, mungkin kalian sudah memahami betul arti sesungguhnya.

Akan tetapi, bagi kalian yang lebih muda dan baru mengetahui lagu ini dari cover mash-up yang dilakukan oleh boyband Inggris, One Direction di tahun 2013 silam, pastinya kalian belum mengetahui secara persis makna sesungguhnya dari lagu ini.

"One Way or Another" pada dasarnya ditulis oleh vokalis Blondie, Debby Harry paska dirinya putus dari mantan kekasihnya dulu. Ketika sudah putus, sang pria, terus menguntit (stalking) Debbie tanpa henti-hentinya.

Paska melihat arti sesungguhnya ini, jujur penulis masih garuk-garuk kepala sendiri mengapa beberapa tahun lalu, Zayn Malik cs memilih lagu ini sebagai lagu promosi untuk amal Comic Relief yang mereka lakukan tersebut.

[page_break no="8" title="Van Halen-Jump (1983)"]

Terlepas kalian adalah generasi 80-an atau bukan, penulis yakin bahwa kalian tidak mungkin belum pernah mendengarkan lagu ini atau minimal setidaknya, mendengarkan not kibor pembuka lagu ini yang sangat ikonik itu.

Pasalnya, lagu ini memanglah merupakan salah satu lagu Rock klasik legendaris sepanjang masa. Nah, ketika pertama kali mendengarkan dan ikut menyanyikan lagu ini, pastinya banyak dari kalian yang menganggap bahwa lagu ini adalah lagu untuk mengajak loncat-loncat ngerock.

Akan tetapi, berdasarkan pernyataan dari vokalis David Lee Roth, lirik lagu "Jump" ditulisnya setelah sehari sebelumnya, dirinya menyaksikan berita di televisi mengenai seorang pria yang ingin bunuh diri dari salah satu gedung tinggi di AS.

Sebenarnya, kalau kalain jeli, makna kelam ini terlihat jelas di bagian lirik "Go ahead and jump" yang mana, lirik ini merupakan lirik imajinari yang ditulis oleh Roth sebagai manifestasi imajinasnya yang membayangkan bahwa kalimat tersebut, pastinya akanlah diucapkan oleh salah satu warga yang sedang menyaksikan aksi gila pria ini.

[page_break no="7" title="Selena Gomez-Bad Liar (2017"]

Kalau kalian masih ingat, ketika video klip dari "Bad Liar" ini dirilis tanggal 14 Juni 2017 silam, seluruh audiens sekaligus pendengar, langsung heboh sendiri di media sosial mereka.

Pasalnya, mereka ribut dan pusing sendiri untuk memaknai arti/maksud dari lagu ini. Sebagian mengatakan bahwa lagu ini mengenai karakter Gomez yang puts dan masih belum bisa move-on, sedangkan sebagian mengatakan bahwa lagu ini mengenai perselingkuhan.

Dan nyatanya, terlepas sudah heboh-heboh sendiri tidak karuan, lagu ini bukanlah mengenai kedua hal itu.

Melainkan berdasarkan pernyataan resmi yang ditulis oleh partner menulis Gomez, Justin Tranter di akun Twitter resminya, lagu ini pada dasarnya mengisahkan seorang wanita yang sedang berusaha keras untuk menyembunyikan perasaan naksirnya ke laki-laki yang disukainya, namun sayangnya dirinya sangatlah kesulitan untuk melakukan hal tersebut.


Bagaimana? Lumayan mengejutkan bukan fakta dari lirik-lirik ini?  Yuk, ke halaman selanjutnya agar kita bisa lebih super terkejut lagi !

[page_break no="6" title="Sarah McLachlan-Angel (1998)"]

Ketika pertama kali mendengarkan salah satu lagu pop ngetop di tahun 90-an ini, pastinya banyak dari kalian yang menyangka bahwa lagu ini adalah lagu tentang kesedihan atau rasa depresi tinggi yang dirasakan paska putus dari sang kekasih.

Atau mungkin, beberapa dari kalian menganggap bahwa lagu ini mengenai seseorang yang sedang mengalami kesulitan super besar di dalam hidupnya. Ya cukup mendekati. Akan tetapi, ironisnya, lagu ini memiliki makna yang jauh lebih kelam lagi.

Pada dasarnya "Angel" ditulis oleh McLachlan sebagai ode (tribute) untuk rekan-rekan musisinya yang meninggal akibat overdosis narkoba. Spesifiknya untuk subyek lagu ini, dirinya membicarakan pemain tur kibor band rock-alternatif, The Smashing Pumpkins, Jonathan Melvoin, yang meninggal akibat overdosis heroin di tahun 1996.

[duniaku_baca_juga]

[page_break no="5" title="Little Big Town-Girl Crush (2014)"]

Tidaklah dipungkiri sama sekali bahwa ketika lagu keren ini dirilis, banyak pendengar yang menganggap bahwa lagu ini  menceritakan perempuan yang menyukai perempuan juga. Bahkan atas interpretasi tersebut, lagu ini hingga saat ini, kerap dijadikan anthem tidak resmi di kalangan kaum LGBT.

Akan tetapi, kalau kalian perhatikan lagi baik-baik secara seksama, lagu ini sebenarnya bukanlah menceritakan cinta sesama jenis. Melainkan, lagu ini mengisahkan perempuan yang masih berharap untuk balikan lagi dengan mantan kekasih prianya yang sudah memiliki pacar atau istri.

[read_more id="341908"]

Namun, dikarenakan fakta yang ada tersebut, sang perempuan pun mencari cara yang efektif untuk mendapatkan si pria kembali ke pelukannya. Dan setelah memikirkan berbagai cara yang harus diambil, akhirnya si perempuan pun memutuskan untuk melakukan "riset" terkait "rasa" dari bibir serta parfum yang kerap dikenakan oleh pacar barunya ini.

Dan setelah mengetahui jawabannya, si perempuan pun ingin meniru persis atribut yang dikenakan tersebut dengan harapan, sang mantan mau kembali ke dirinya lagi. Wah, psycho juga ya ternyata lagu ini !

[page_break no="4" title="The La's / Sixpence None The Richer-There She Goes (1988, 1999)"]

Penulis yakin bahwa sama halnya dengan penulis, kebanyakan dari kalian mulai mengenal lagu ini ketika grup alternatif rock, Sixpence None the Richer, men-cover lagu milik The La's ini di tahun 1999.

Dan penulis juga yakin bahwa banyak dari kita yang ketika mendengar lagu ini, menganggap bahwa lagu ini mengisahkan laki-laki yang lagi-lagi, sedang senang melihat wanita incarannya dari jauh.

Nyatanya, lagu ini bukanlah mengisahkan hal tersebut. Melainkan, lagu ini menceritakan pengalaman vokalis sekaligus  gitaris The La's, Lee Mavers ketika mencoba NARKOBA jenis Heroin di awal tahun 90-an.

"Hah, masa sih?" Silahkan kalian baca lirik berikut:

There she goes

There she goes again

Racing through my brain

Pulsing through my vein

No one else can heal my pain

Kalau misalkan lirik tersebut belum meyakinkan kalian bahwa lagu ini memanglah mengenai sensasi yang dirasakan ketika menggunakan heroin, entah penulis harus menjelaskan dengan apa lagi.

Sayangnya, terlepas makna ini sudah lumayan diketahui banyak orang, Lee beserta beberapa anggota La's lainnya, entah mengapa hingga detik ini, kerap menyangkal bahwa makna lagu ini memanglah mengenai sensasi menggunakan zat terlarang tersebut.


Semakin menggila saja bukan daftar ini? Nah, langsung saja deh kita ke halaman terakhir untuk mengetahui 3 lirik lagu teratasnya.

[page_break no="3" title="Third Eye Blind-Semi-Charmed Life (1997)"]

Ketika pertama kali membaca lirik ini serta mendengarkan komposisi musiknya yang riang, tidaklah dipungkiri bahwa banyak dari kita yang beranggapan bahwa lagu ini kemungkinan besar menceritakan seseorang yang menikmati hidupnya yang bahagia.

Akan tetapi kalau kalian perhatikan lagi secara mendetAil, "Semi-Charmed Life" pada dasarnya mengisahkan seorang pecandu narkoba yang sangat kecanduan dengan narkotik jenis Crystal Meth.

"Loh kalau lagunya mengenai tentang kecanduan narkotik, kok irama musiknya riang gembiara?" Tentunya, faktor tersebut ada alasan kuatnya. Jadi menurut vokalis band ini, Stephen Jenkins, feel irama riang yang ditampilkan sesungguhnya adalah feel yang sama persis dirasakan oleh pengguna Crystal Meth ketika menggunakannya alias, riang dan cengar-cengir sendiri.

[duniaku_baca_juga]

[page_break no="2" title="Maroon 5-Harder to Breathe (2002)"]

Seperti yang kita ketahui, "Harder to Breathe" diambil dari debut album grup Adam Levine cs ini, Songs About Jane (2002) yang mana, seperti kita ketahui juga, album ini pada dasarnya merupakan kumpulan lagu-lagu yang terinspirasi dari kisah putus cinta Adam dengan mantan kekasihnya, Jane.

Nah, berdasarkan  fakta tersebut, maka tidaklah mengherankan apabila kemudian, banyak dari kita yang langsung beranggapan bahwa lagu ini merupakan bentuk metafora berlebihan Adam yang masih merasa sangat terpukul atas kegagalan cintanya tersebut.

Walau makna tersebut tidaklah sepenuhnya salah, namun menurut pernyataan resmi yang diucapkan oleh Adam beberapa tahun paska kesuksesan lagu ini, sebenarnya lirik lagu ini lebih mengacu ke kekesalan yang dirasakan oleh Adam cs terhadap salah satu pihak label album ini (album ini dinaungi 2 label rekaman: J Records & Octone Records).

Jadi, pada saat melakukan proses rekaman album ini, salah satu pihak label tersebut, meminta Adam cs untuk merekam lebih banyak lagu lagi. Padahal kala itu, proses rekaman album ini sudah  hampir di tahap final.

Merasa kesal dan merasa tidak mempunyai waktu istirahat yang cukup, maka Adam cs pun lalu, menciptakan lagu keren ini.

[page_break no="1" title="Robbie Williams-Feel (2002)"]

Siapa sih yang tidak kenal dengan lagu ini? Pasalnya, semenjak dirilis 15 tahun yang lalu, lagu ini tidaklah dipungkiri, langsung ngetop di mana-mana. Dan tentunya tidak heran mengapa lagu ini sampai dikenang hingga detik ini dan juga kenapa sampai berada di daftar 10 lirik lagu yang sering kita salah artikan maknanya ini.

Suara RW yang empuk, komposisi melodi yang easy listening serta tentunya lirik yang gampang diingat, membuat lagu ini sekali lagi, masih terus terngiang di dalam benak kita semua.

Ngomong-ngomong soal lirik, mungkin ketika membaca liriknya, banyak dari kita yang pada awalnya menganggap bahwasanya, lagu ini menceritakan tentang seorang pria yang ingin merasakan perasaan cinta/kasih sayang yang sesungguhnya.

Ya tidak sepenuhnya keliru juga sih. Namun kalau misalkan kalian bedah lagi liriknya secara mendalam, "Feel" sebenarnya adalah lagu mengenai pria yang nyaris bunuh diri dikarenakan, dirinya merasa sudah tidak  ada yang menyayanginya lagi secara tulus.

Akan tetapi untungnya, dirinya tidak jadi melakukan niatnya tersebut dikarenakan, si pria, tiba-tiba melihat Tuhan yang menurutnya, menertawakan niatnya tersebut. Tidak percaya ? Silakan kalian baca lagi secara seksama seluruh liriknya.


Itulah tadi 10 lirik lagu, yang maknanya sering kita anggap keliru selama ini. Bagaimana? Apakah kalian merasa super terkejut atas pengungkapan ini? Percaya deh, kalian bakalan lebih super terkejut lagi di daftar 10 lirik lagu selanjutnya di bagian kedua nanti.

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU