Mabinogi Mobile, MMORPG Mobile yang Layak Ditunggu Kehadirannya!

mabinogi mobile
Sumber: Steam

Nexon dan DevCat Studio baru-baru ini telah merilis trailer kedua Mabinogi Mobile, dan game ini semakin terlihat seperti game MMORPG yang dipersiapkan untuk perangkat mobile yang menarik untuk dimainkan.

Baca Juga

Saat ini ada banyak game mobile yang diklaim sebagai MMORPG yang dirilis melalui Android dan iOS dan hampir semuanya “mengecewakan” (diluar ekspektasi gamer).

Ada banyak game MMORPG mobile di luar sana yang identik dan komponen online yang mereka hadirkan seakan-akan hanya pelengkap agar game tersebut bisa disebut sebagai MMO.

aplikasi terkait

Order & Chaos 2: Redemption

By Gameloft

4
starstarstarstarstar
Sambi menunggu kehadiran Mabinogi Mobile, kamu harus coba juga MMORPG mobile Order & Chaos 2

Jadi wajar, jika mungkin kamu bersikap skeptis terhadap game MMORPG mobile terbaru Nexon, Mabinogi Mobile ini.

Berikut ini beberapa informasi tentang Mabinogi Mobile yang mungkin bisa membuatmu lebih “semangat” menyambut kehadiran game ini.

Mabinogi Mobile tidak seperti game MMORPG pada umumnya

Mabinogi awalnya dirilis untuk PC pada bulan Juni 2004 lalu atau lima bulan sebelum peluncuran game MMORPG terbesar besutan Blizzard Entertainment, World of Warcraft.

Game ini juga rilis sebelum developer game MMORPG di barat mulai fokus untuk mengembangkan game seperti World of Warcraft dan sebelum banyak developer game Korea mulai membuat game MMORPG free to play.

Singkatnya Mabinogi hadir tepat sebelum terjadi pergeseran besar di pasar MMORPG baik di barat maupun timur, dan itulah yang membuatnya menjadi sebuah game yang cukup unik.

Mabinogi adalah game yang dari awal sudah memiliki desain yang berbeda. Sementara banyak game MMORPG lainnya yang fokus pada pertarungan, Mabinogi lebih condong ke sebuah social game dengan banyak hal yang harus dilakukan, meskipun pertempuran bukanlah prioritas pemainnya.

Bingung Belanja? Inilah 12 Rekomendasi Game Steam Autumn Sale yang Layak Kamu Beli!

Bingung pengen beli game Steam apa di event Black Friday tahun ini? Nah, mungkin kamu bisa melihat 12 rekomendasi game dari Duniaku.net ini...
Baca Juga

Pemain di Mabinogi bisa mengembangkan skill, crafting banyak item, berdagang, dan mengumpulkan materi yang berbeda.

Salah satu masalah terbesar dengan MMORPG mobile modern dan RPG adalah sistem monetisasi. Ada banyak game di luar sana yang berfokus bagaimana “memeras” kantong pemainnya dan mengabaikan hal-hal mendasar seperti konten yang bagus dan menyenangkan untuk dimainkan.

Mabinogi mungkin bisa dikatakan sebagai game yang tidak jauh-jauh dari cap pay to win juga, tapi tetap saja game ini masih menjadi sebuah MMORPG yang menarik untuk dimainkan secara gratis dan bisa dimainkan langsung dari smartphone kamu.

Apakah Mabinogi Mobile bisa sukses?

Jika sekilas melihat trailer-nya, tampaknya DevCat Studio memang berfokus untuk membuat sesuatu yang “lebih” daripada yang dilakukan oleh MMO mobile yang ada saat ini.

Dalam trailer berdurasi dua menit ini tampak bahwa game ini memang akan menampilkan banyak kegiatan berdagang, crafting, mengumpulkan kayu, dan memancing. Selain itu tampak juga pemain menciptakan api unggun yang di versi PC-nya akan memberikan bonus buff saat pemain berada di dekatnya.

Dan mungkin hal yang paling mengesankan dari trailer ini adalah variasi karakter, di mana kamu bebas berkreasi untuk membuat tampilan karakter kamu seunik mungkin. Jadi, sangat mudah membedakan karakter, meskipun berada di jarak yang cukup jauh.

Kapan Mabinogi Mobile diluncurkan?

Sampai berita ini ditulis belum ada tanggal rilis resmi untuk peluncuran game Mabinogi Mobile ini. Menurut informasi yang beredar, kabarnya game MMORPG mobile ini akan rilis sekitar tahun 2018 di Korea Selatan.

Bagaimana dengan versi global? Well, reputasi Nexon mungkin tidak perlu kita ragukan lagi, jadi ada kemungkinan game ini akan rilis juga diluar region Korea.

Apes! Ini 5 Kegagalan yang Bikin Gamer Kecewa dengan EA Tahun di 2017!

Tahun 2017 mungkin bisa dikatakan sebagai tahun yang apes untuk publisher game Electronic Arts. Apa saja kegagalan EA yang membuat gamer kecewa?
Baca Juga

Tertarik untuk memainkan game MMORPG mobile ini? Menurut kamu fitur apa sih yang perlu ditambahkan agar MMORPG mobile lebih menarik untuk dimainkan?

Diedit oleh Fachrul Razi