Setelah Justice League, Superman Bakal Jadi Jahat! Kok Bisa?

Kenapa Superman bisa jadi jahat?

aplikasi terkait
Kamu bisa mainkan Superman versi 'jahat' atau 'baik' di AOV!

superman jahatKnightmare ramalkan bahwa Superman jahat bakal menguasai dunia. Tapi bagaimana caranya Superman bisa jadi jahat?

Justice League telah tayang, dan salah satu hal menarik bahwa Superman hidup kembali. Hal ini tentunya membuat Justice League semakin kuat dalam menjaga keamanan Bumi.

Namun bukan berarti situasi semakin kondusif, mengingat jika kita menarik mundur ke belakang, ada ramalan mengerikan dari adegan Knightmare di Batman v Superman Dawn of Justice. Karena di mimpi Bruce Wayne, Superman jahat menjadi tiran di Bumi.

Tapi apa benar Superman bisa jadi jahat? Keteguhan Superman untuk menjaga kedamaian Bumi sepertinya tidak perlu diragukan. Ia mengorbankan segalanya, walaupun mendapat cemoohan sekalipun dari orang yang ia selamatkan —karena dianggap bertindak seperti Tuhan. Bahkan ia pun mengorbankan nyawanya sendiri ketika melawan Doomsday. Lalu bagaimana mungkin Superman jadi jahat?

Berikut adalah beberapa prediksi bagaimana Superman bisa jadi jahat setelah film Justice League.

Sihir

Walaupun hal ini belum muncul di dunia DCEU, namun salah satu kelemahan khas dari Superman bukan hanya terpapar radiasi Kryptonite. Salah satu yang bisa melukai Superman adalah ilmu sihir.

Hal ini membuat Superman biasanya kewalahan melawan superhero atau supervillain berbasis sihir, sebut saja ia bisa terluka jika melawan Shazam, Black Adam, hingga Dracula sekalipun.

Tidak banyak insiden Superman jahat akibat sihir, namun salah satunya adalah ketika Superman digigit oleh Crucifier. Crucifier merupakan ras vampir, dan suatu saat ia berhasil menangkap Superman.

Ia pun menggigit Superman dan berhasil membuat Superman berada di bawah kendalinya. Bahkan Superman malah memukul Wonder Woman yang hendak menyelamatkannya.

Hal ini bukan berarti gigi Crucifier sangat kuat, atau giginya diberi Kryptonite. Namun kekuatan gigitan Crucifier merupakan kekuatan berbasis sihir. Inilah yang membuat Superman terluka, dan berhasil dikendalikan oleh Crucifier.

Tentu saja peluang Superman jahat karena sihir sementara ini sangat minim, karena akhir-akhir ini DCEU masih berkutat dengan permasalahan kosmik. Apalagi misalnya Warner Bros harus membuang-buang uang membuat film DCEU yang hanya memunculkan ras vampir, tentunya risikonya terlalu besar!

Perlu diingat bahwa dunia sihir telah eksis di dunia DCEU. Hal ini ditandai dengan kemunculan Enchantress di Suicide Squad. Walaupun Enchantress sendiri telah mati, tentunya ia bukan entitas sihir terakhir yang akan muncul di DCEU.

Dengan kehadiran Enchantress, kemungkinan Superman jahat karena sihir akan tetap berpeluang, tinggal siapa yang akan muncul dan melakukan hal ini padanya di DCEU, sehingga ramalan Knightmare pun bisa menjadi kenyataan.

Poison Ivy

Pada dasarnya, Superman kebal terhadap racun. Namun bukan berarti tidak ada racun yang bisa mempengaruhinya. Hal ini dikarenakan zat kimia bisa menjadi berbahaya bagi Superman, apabila diperkuat dengan unsur Kryptonite.

Dan inilah yang membuat supervillain kelas B seperti Poison Ivy bisa membuat Superman berada dalam kendalinya.

Setidaknya Poison Ivy berhasil mengendalikan Superman pada storyline Hush. Di storyline ini, ketika Batman dan Catwoman mendatangi Metropolis, mereka bertemu dengan Poison Ivy. Namun ternyata ia berhasil mengendalikan Superman, sehingga Batman pun terpaksa melawan sahabatnya sendiri, Superman.

Hal ini dikarenakan Poison Ivy membubuhkan Kryptonite pada lipstiknya. Sehingga jika ia berhasil mencium Superman, maka dampak racun Poison Ivy pun berpengaruh pada Superman.

Mengingat Poison Ivy belum muncul di DCEU, kemungkinan skenario Superman jahat karena Poison Ivy juga sepertinya masih minim.

Joker Venom

Bukan The Joker namanya kalau gak bisa bikin superhero seperti Batman bahkan Justice League sekalipun kerepotan. Dan dalam hal ini, The Joker sekalipun bahkan bisa membuat Superman jahat.

Salah satu modus operandi The Joker adalah menggunakan Joker Venom. Racun ini memiliki dua versi: lethal, membuat korbannya tewas dengan tersenyum mengerikan karena kehabisan nafas akibat terlalu banyak tertawa, atau non-lethal, menyebabkan korban mengalami kerusakan pada otak membuat korban mengira segala hal menjadi lucu dan menyenangkan.

Pada saat storyline Batman: Endgame, The Joker membuat ulah yang gak nanggung-nanggung. Seluruh anggota Justice League —kecuali Batman, terkena Joker Venom dan mereka melawan Batman dengan kulit pucat dan senyum mengerikan. Hal ini membuat Batman mengeluarkan armor robot Fenrir sebagai protokol apabila Justice League menjadi jahat.

Tentunya salah satu yang terkena Joker Venom adalah Superman. Khusus untuknya, gas yang mengandung Joker Venom juga diimbuhi Kryptonite. Inilah yang membuat Superman turut terkena dampak Joker Venom.

Mengingat The Joker telah eksis di dunia DCEU, skenario Superman terkena Joker Venom berpeluang terjadi. Memang sih pada Knightmare, wajah Superman jahat terlihat normal —di mana hal ini bukan merupakan gejala dari terkena Joker Venom. Namun keberadaan The Joker untuk berulah pada Justice League tetap mungkin terjadi.


CONTINUE READING BELOW

Inilah Alasan Mengapa John Constantine Harus Masuk ke DCEU!

Mengapa ia harus masuk ke semesta film DC Comic seperti superhero lainnya? Berikut alasan-alasan mengapa John Constantine harus masuk ke DCEU!


Apalagi yang membuat Superman berubah jadi jahat? Simak ulasannya di halaman kedua.

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial ...kalo katanya Ivan Lanin