Comscore Tracker

Setelah Justice League, Superman Bakal Jadi Jahat! Kok Bisa?

Kenapa Superman bisa jadi jahat?

Setelah Justice League, Superman Bakal Jadi Jahat! Kok Bisa?

Setelah Justice League, Superman Bakal Jadi Jahat! Kok Bisa?Knightmare ramalkan bahwa Superman jahat bakal menguasai dunia. Tapi bagaimana caranya Superman bisa jadi jahat?

Justice League telah tayang, dan salah satu hal menarik bahwa Superman hidup kembali. Hal ini tentunya membuat Justice League semakin kuat dalam menjaga keamanan Bumi.

Namun bukan berarti situasi semakin kondusif, mengingat jika kita menarik mundur ke belakang, ada ramalan mengerikan dari adegan Knightmare di Batman v Superman Dawn of Justice. Karena di mimpi Bruce Wayne, Superman jahat menjadi tiran di Bumi.

Tapi apa benar Superman bisa jadi jahat? Keteguhan Superman untuk menjaga kedamaian Bumi sepertinya tidak perlu diragukan. Ia mengorbankan segalanya, walaupun mendapat cemoohan sekalipun dari orang yang ia selamatkan —karena dianggap bertindak seperti Tuhan. Bahkan ia pun mengorbankan nyawanya sendiri ketika melawan Doomsday. Lalu bagaimana mungkin Superman jadi jahat?

[duniaku_baca_juga]

Berikut adalah beberapa prediksi bagaimana Superman bisa jadi jahat setelah film Justice League.

Sihir

Walaupun hal ini belum muncul di dunia DCEU, namun salah satu kelemahan khas dari Superman bukan hanya terpapar radiasi Kryptonite. Salah satu yang bisa melukai Superman adalah ilmu sihir.

Hal ini membuat Superman biasanya kewalahan melawan superhero atau supervillain berbasis sihir, sebut saja ia bisa terluka jika melawan Shazam, Black Adam, hingga Dracula sekalipun.

Setelah Justice League, Superman Bakal Jadi Jahat! Kok Bisa?

Tidak banyak insiden Superman jahat akibat sihir, namun salah satunya adalah ketika Superman digigit oleh Crucifier. Crucifier merupakan ras vampir, dan suatu saat ia berhasil menangkap Superman.

Ia pun menggigit Superman dan berhasil membuat Superman berada di bawah kendalinya. Bahkan Superman malah memukul Wonder Woman yang hendak menyelamatkannya.

Hal ini bukan berarti gigi Crucifier sangat kuat, atau giginya diberi Kryptonite. Namun kekuatan gigitan Crucifier merupakan kekuatan berbasis sihir. Inilah yang membuat Superman terluka, dan berhasil dikendalikan oleh Crucifier.

Tentu saja peluang Superman jahat karena sihir sementara ini sangat minim, karena akhir-akhir ini DCEU masih berkutat dengan permasalahan kosmik. Apalagi misalnya Warner Bros harus membuang-buang uang membuat film DCEU yang hanya memunculkan ras vampir, tentunya risikonya terlalu besar!

Perlu diingat bahwa dunia sihir telah eksis di dunia DCEU. Hal ini ditandai dengan kemunculan Enchantress di Suicide Squad. Walaupun Enchantress sendiri telah mati, tentunya ia bukan entitas sihir terakhir yang akan muncul di DCEU.

Dengan kehadiran Enchantress, kemungkinan Superman jahat karena sihir akan tetap berpeluang, tinggal siapa yang akan muncul dan melakukan hal ini padanya di DCEU, sehingga ramalan Knightmare pun bisa menjadi kenyataan.

Poison Ivy

Pada dasarnya, Superman kebal terhadap racun. Namun bukan berarti tidak ada racun yang bisa mempengaruhinya. Hal ini dikarenakan zat kimia bisa menjadi berbahaya bagi Superman, apabila diperkuat dengan unsur Kryptonite.

Setelah Justice League, Superman Bakal Jadi Jahat! Kok Bisa?

Dan inilah yang membuat supervillain kelas B seperti Poison Ivy bisa membuat Superman berada dalam kendalinya.

Setidaknya Poison Ivy berhasil mengendalikan Superman pada storyline Hush. Di storyline ini, ketika Batman dan Catwoman mendatangi Metropolis, mereka bertemu dengan Poison Ivy. Namun ternyata ia berhasil mengendalikan Superman, sehingga Batman pun terpaksa melawan sahabatnya sendiri, Superman.

Hal ini dikarenakan Poison Ivy membubuhkan Kryptonite pada lipstiknya. Sehingga jika ia berhasil mencium Superman, maka dampak racun Poison Ivy pun berpengaruh pada Superman.

Mengingat Poison Ivy belum muncul di DCEU, kemungkinan skenario Superman jahat karena Poison Ivy juga sepertinya masih minim.

Joker Venom

Bukan The Joker namanya kalau gak bisa bikin superhero seperti Batman bahkan Justice League sekalipun kerepotan. Dan dalam hal ini, The Joker sekalipun bahkan bisa membuat Superman jahat.

Setelah Justice League, Superman Bakal Jadi Jahat! Kok Bisa?

Salah satu modus operandi The Joker adalah menggunakan Joker Venom. Racun ini memiliki dua versi: lethal, membuat korbannya tewas dengan tersenyum mengerikan karena kehabisan nafas akibat terlalu banyak tertawa, atau non-lethal, menyebabkan korban mengalami kerusakan pada otak membuat korban mengira segala hal menjadi lucu dan menyenangkan.

Pada saat storyline Batman: Endgame, The Joker membuat ulah yang gak nanggung-nanggung. Seluruh anggota Justice League —kecuali Batman, terkena Joker Venom dan mereka melawan Batman dengan kulit pucat dan senyum mengerikan. Hal ini membuat Batman mengeluarkan armor robot Fenrir sebagai protokol apabila Justice League menjadi jahat.

Tentunya salah satu yang terkena Joker Venom adalah Superman. Khusus untuknya, gas yang mengandung Joker Venom juga diimbuhi Kryptonite. Inilah yang membuat Superman turut terkena dampak Joker Venom.

Mengingat The Joker telah eksis di dunia DCEU, skenario Superman terkena Joker Venom berpeluang terjadi. Memang sih pada Knightmare, wajah Superman jahat terlihat normal —di mana hal ini bukan merupakan gejala dari terkena Joker Venom. Namun keberadaan The Joker untuk berulah pada Justice League tetap mungkin terjadi.

[read_more id="348055"]

Apalagi yang membuat Superman berubah jadi jahat? Simak ulasannya di halaman kedua.

Fear Toxin

Salah satu kemungkinan Knightmare menjadi kenyataan mungkin disebabkan oleh Fear Toxin. Racun yang merupakan modus operandi dari Scarecrow ini membuat korban berhalusinasi melihat sosok yang paling ditakutinya, hingga membuat korban kehilangan kendali.

Setelah Justice League, Superman Bakal Jadi Jahat! Kok Bisa?

Namun bagaimana jika ini terjadi pada Superman? Apakah mungkin Superman bisa terkena Fear Toxin?

Inilah yang terjadi pada storyline Injustice. Alkisah The Joker membuat ulah yang mengerikan pada Superman. Pertama, ia meracuni Superman dengan Fear Toxin yang diimbuhi Kryptonite sehingga Superman berhalusinasi. Dampaknya, Superman merasa melawan Doomsday, dan membawanya ke luar atmosfer. Padahal yang ia lawan sebenarnya adalah...

Lois Lane

Mengingat Lois Lane kala itu sedang mengandung anak Superman, tentunya ini mebuat duka yang mendalam pada diri Superman.

Peristiwa ini juga memicu bom atom di Metropolis yang akhirnya meledak. Superman pun seperti kehilangan segalanya. Emosional, Superman akhirnya membunuh The Joker yang diinterogasi Batman dalam sel penjara.

Setelah Justice League, Superman Bakal Jadi Jahat! Kok Bisa?

Tidak mau hal seperti ini terulang kembali, Superman memutuskan untuk menghancurkan semua kejahatan di muka Bumi, dan mengambil keputusan ekstrim: menjadi tiran absolut untuk menciptakan perdamaian dan keadilan.

Sekali lagi, The Joker lah yang membuat insiden ini mungkin terjadi. Walaupun Fear Toxin adalah modus operandi dari Scarecrow, namun yang berpikir sampai sejauh ini sepertinya hanyalah sosiopat seperti The Joker.

Apakah modus serupa akan terjadi di DCEU? Tentunya hal ini menarik untuk dinantikan.

Black Lantern

Black Lantern Superman adalah Superman jahat yang muncul pada storyline Blackest Night. Kekuatan Black Lantern adalah membangkitkan jasad yang telah mati namun selain yang mati dalam keadaan damai contohnya jika ia mati terbunuh. Salah satu yang dibangkitkan adalah Superman Earth-Two pre-crisis.

Setelah Justice League, Superman Bakal Jadi Jahat! Kok Bisa?

Superman Black Lantern ini berniat bertemu kembali dengan keluarga Kent dalam alam kematian. Maka dari itu ia membunuh beberapa penduduk Smallville dan berniat menyerang Jonathan dan Martha Kent.

Ia sempat berhadapan dengan Superboy Conner Kent dan Power Girl. Mister Terrific harus membuat alat khusus yang diperkuat oleh cincin Alan Scott, Helm Nabu, kemampuan listrik Lightning, dan cosmic rod milik Stargirl, untuk menghancurkan cincin milik Black Lantern Superman.

Boro-boro Black Lantern, kita bahkan belum menemukan seorang Green Lantern pun di DCEU. Skenario ini mungkin sulit terjadi di masa mendatang.

[duniaku_baca_juga]

Red Son

Apa yang terjadi jika Superman mendarat bukan di Smallville, melainkan di Rusia? Inilah yang terjadi pada storyline Red Son.

Setelah Justice League, Superman Bakal Jadi Jahat! Kok Bisa?

Pesawat evakuasi Kal-L mendarat di Ukraina. Superman yang tumbuh berkembang di Rusia, menjadi alat propaganda komunis. Ia bahkan menjadi tiran dan berhasil menguasai dunia.

Walaupun begitu, kekuasaan Superman mendapat perlawanan dari Batman, Amazon, juga Green Lantern Corps. Namun Superman mendapat kekuatan signifikan dengan bergabungnya Brainiac.

Ketika Superman memerintahkan Brainiac untuk menghentikan invasi, Brainiac malah melawan Superman. Salah satunya adalah dengan mengaktifkan peledakan diri dari kapal luar angkasa milik Brainiac. Superman membawa kapal itu jauh keluar angkasa, dan meledak bersamanya.

[read_more id="333930"]

Ternyata Superman masih hidup, dan waktu melompat jauh ke masa depan. Jor-L dan Lara memutuskan untuk mengirim anak mereka ke masa lalu, dan Kal-L mendarat di Ukraina. Ini dipercaya akan membuat paradox waktu di storyline ini yang sayangnya dibiarkan menggantung.

Karena ini skenario dari semesta alternatif, mungkin ini akan sulit terjadi. Namun bisa saja kisah DCEU mendatang terinspirasi dari storyline Red Son.

[duniaku_adsense]

Lois Lane

Yang berpotensi paling besar membuat Superman jadi jahat justru adalah kekasihnya, Lois Lane. Hal ini diungkapkan pada saat Knightmare berlangsung di Batman v Superman Dawn of Justice.

Untuk lebih jelasnya, mari kita telaah kembali mengenai prediksi dari Knightmare tersebut.

Setelah Justice League, Superman Bakal Jadi Jahat! Kok Bisa?

Knightmare merupakan mimpi Bruce Wayne di mana ia melihat masa depan yang suram. Di sana, Batman melakukan perlawanan terhadap tiran Superman. Pada akhirnya perlawanan ini gagal karena kelompok Batman dijebak, dan Batman tak berdaya menghadapi pasukan militer Superman dan Parademon yang entah kenapa berada di pihak tiran Superman.

Superman membuka topeng Batman dan mengatakan:

"She was my world, and you took her from me"

Apakah yang dimaksud adalah bahwa Batman membunuh Lois Lane?

Setelah Justice League, Superman Bakal Jadi Jahat! Kok Bisa?

Knightmare pun berlanjut dengan visi Bruce Wayne kedatangan Flash dari masa depan. Di momen ini ia memberi peringatan:

"Listen to me right now! It's Lois! Lois Lane! She's the key! Am I too soon!? I'm too soon! You were right about him! You were always right about him! Fear him! Fear him and find us. You have to come find us, Bruce!"

Apakah yang harus ditakuti dari yang dimaksud Flash adalah Superman? Mengapa Lois Lane menjadi kuncinya? Apakah sesuatu yang terjadi pada Lois Lane akan menjadi penyebab Superman jahat?

Setelah Justice League, Superman Bakal Jadi Jahat! Kok Bisa?

Skenario yang memungkinkan hal ini terjadi sepertinya mirip dengan storyline Injustice Gods Among Us —baca kembali bagian Fear Toxin. Namun tentunya ini baru akan kita ketahui di masa mendatang.

sumber gambar:

  • Warner Bros.
  • DC Comics

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU