Ternyata Ini Lho Alasan Mengapa Pikachu Tidak Masuk Pokeball!

Kenapa Pikachu menolak masuk ke dalam pokeball?

pikachu tidak masuk pokeball

Sudah lebih dari 20 puluh tahun waralaba Pokemon menemani kita semua. Tetapi, pernahkah kamu bertanya kenapa Pikachu tidak masuk pokeball?

Sejak diciptakan oleh Satoshi Tajiri tahun 1995 lalu, Pokemon telah merangsek ke dalam berbagai medium hiburan. Dimulai dari game, Pokemon ada dalam bentuk anime, manga, film, bahkan board game Monopoly.

Dalam trailer film terbaru The Movie: I Choose You! yang akan tayang 29 November mendatang, ada sebuah potongan adegan Ash Ketchum dan Pikachu. Ash bertanya mengapa Pikachu tidak mau masuk ke dalam pokeball dan malah ditolak mentah-mentah.


CONTINUE READING BELOW

Wow, Eidolon Final Fantasy XV Muncul di Game Final Fantasy Awakening! Download Sekarang Juga!

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga! Final Fantasy Awakening hari ini sudah update ke versi terbaru, dan kamu bisa menggunakan Titan dari FFXV!


Mengapa Pikachu tidak masuk pokeball?

Bersama Togepi, Pikachu selalu dibawa-bawa Ash dan kelompoknya menjelajah region Kanto. Kita tahu bahwa hampir semua Pokemon dijinakkan oleh trainer-nya dengan cara memasukkannya ke dalam pokeball. Ini juga menjadi konsep pertama yang dicetuskan Satoshi: tangkap-menangkan Pokemon.

Pada seri anime Pokemon pertama, ibunya Ash bertanya mengapa Pikachu masih berkeliaran bebas, bukannya masuk ke dalam pokeball. Namun, ketika Ash hendak menangkapnya, Pikachu menolak dan mengembalikan pokeball yang dilempar.

Jadi, bisa diambil kesimpulan mengapa Pikachu tidak masuk pokeball adalah karena ia tidak suka.

Lho, itu saja? Enggak.

Sejumlah penggemar Pokemon dari seluruh dunia ternyata menganggap hal itu dengan serius. Padahal jujur saja, sebagai anak-anak dulu, saya tidak terlalu ambil pikir dengan persoalan tersebut. Namun, teori-teori yang beredar ini terlalu menarik untuk diabaikan.

Ada dua teori besar. Teori pertama diungkapkan ferrishthefish dalam subreddit Pokemonconspiracies. Teori ini mengatakan Pikachu tidak masuk pokeball karena Pikachu bukan pokemon tangkapan Ash. Dalam episode pertama anime Pokemon tadi, Ash diceritakan akan menerima pokemon starter dari Profesor Oak.

Namun karena terlambat bangun, ketiga pokemon starter Squirtle, Bulbasaur, dan Charmander ternyata sudah diambil trainer yang datang lebih awal. Ash sedih betul, lalu mengiba pada Prof. Oak untuk memberinya pokemon. Pokemon itu adalah Pikachu dan Prof. Oak mengingatkan bahwa pokemon ini terlalu sulit untuk dijinakkan trailer pemula.

Salah satu aturan Pokemon adalah para trainer lain bisa memakai pokemonmu untuk bertarung tanpa kehilangan kepemilikan. Jadi, mentang-mentang Ash punya Pikachu, bukan berarti ia memilikinya.

Ferrishthefish menambahkan trainer lain menggunakan pokeball sendiri untuk menangkap pokemon starter yang diberi Prof. Oak. Itulah kenapa pada episode tersebut, tiga pokeball bekas pokemon starter kosong.

Hal ini berarti dua hal: Pertama, semua pokemon para trainer hanya bisa digunakan dengan pokeball yang teregistrasi atas nama trainer tersebut, karena jika tidak, Prof. Oak bisa saja langsung memberi pokeball berisi pokemon starter langsung. Kedua, para trainer tersebut kemudian menangkap pokemon starter setelah Prof. Oak melepasnya.

Nah, atas dasar tersebut, Ash tidak pernah menangkap Pikachu dengan pokeball-nya sendiri. Satu-satunya pokeball yang digunakan untuk menangkap Pikachu adalah pokeball dengan tanda petir yang teregistrasi atas nama Oak. Oak tidak pernah melepas Pikachu, dan ini berarti Pikachu tidak akan pernah bisa ditangkap oleh pokeball lain.

Jadi, walaupun Pikachu selalu menemani Ash, ia bukan pokemon miliknya.

Teori kedua adalah teori yang sebenarnya sudah lama beredar. Teori ini mengatakan bahwa Pikachu sebenarnya adalah pokemon milik Red. Red ini adalah karakter utama dari game Pokemon Red and Blue, jadi semacam alternate universe bagi Ash yang dari anime. Red adalah seorang jawara setelah mengalahkan Elite Four.

Namun karena satu dan beberapa hal lain yang tidak diketahui, Pikachu milik Red tersebut ditransfer kepada Prof. Oak. Jadi, alasan mengapa Pikachu menolak masuk pokeball Ash adalah karena Pikachu merasa dirinya terlalu kuat untuk diperintah Ash. Selain itu, Pikachu sudah terbiasa menemani Red yang sudah berpengalaman.

Red dan Blue.

Teori ini juga bisa disanggah dengan mengatakan universe game dan anime Pokemon tidak sejalan. Selain itu, jika Pikachu sudah level tinggi, mengapa kalah dari serangan pokemon Spearrow yang notabene tipe flying di episode kedua?

Kedua teori tersebut sebenarnya punya lubang logika yang cukup banyak. Namun, teori-teori tersebut wajar saja tercipta sebab belum ada jawaban resmi atas pertanyaan tersebut. Lagipula, siapa yang tidak penasaran?

Film Pokemon the Movie: I Choose You nanti dikabarkan akan menjelaskan jawaban atas pertanyaan mengapa Pikachu tidak masuk pokeball. Jadi, sebaiknya kita tunggu saja.


CONTINUE READING BELOW

RESMI: Pokemon The Movie: I Choose You! Siap Tayang Di Indonesia! Sudah Siap Untuk Nostalgia?

Akhirnya film Pokemon yang sudah ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya berjudul Pokemon The Movie: I Choose You dirilis di Indonesia.


Diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS
Lazuardi Pratama

Merayakan film dan mengolok Liverpool.