EA Bikin Geger Lagi! Kali Ini Ribuan Gamer Memboikot FIFA 18!

gamer memboikot fifa 18
Sumber: Origin

Belum reda masalah Loot Crate Star Wars Battlefront 2, Electronic Arts kembali membuat geger komunitas game. Kali ini gamer memboikot FIFA 18 beserta semua promosi Black Friday-nya.

Baca Juga

Sistem Ultimate League telah lama menjadi sebuah “cobaan besar” bagi pemain, karena sistem ini telah menghabiskan banyak waktu pemain dan mendorong mereka untuk menghabiskan uang lewat microtransaction.

Di tengah kontroversi Star Wars Battlefront 2 dan event Black Friday FIFA 18 sendiri, tercatat saat berita ini ditulis sebanyak 35 ribu orang lebih telah menandatangani petisi dengan tagar #FixFifa yang dibuat oleh seorang gamer asal Inggris bernama Stuart Holmes.

Apa yang menjadi alasan para gamer memboikot FIFA 18?

aplikasi terkait

FIFA Football

ELECTRONIC ARTS

4.2
starstarstarstarstar
Suka dengan game sepak bola seperti FIFA 18? Kamu wajib coba FIFA Soccer ini juga guys!

FIFA 18 memiliki sebuah event spesial yang dihelat selama dua hari setiap akhir pekan.

Nama event ini adalah Weekend League, di mana para pemain terbaik bersaing untuk mendapatkan hadiah yang cukup membuat enam juta pemain FIFA 18 berlomba-lomba saling bersaing untuk mendapatkannya.

Apes! Ini 5 Kegagalan yang Bikin Gamer Kecewa dengan EA Tahun di 2017!

Tahun 2017 mungkin bisa dikatakan sebagai tahun yang apes untuk publisher game Electronic Arts. Apa saja kegagalan EA yang membuat gamer kecewa?
Baca Juga

Masalahnya, EA mengharuskan pemain untuk bermain minimal 40 pertandingan selama akhir pekan, yang jika ditotal menghabiskan waktu bermain hingga 13 jam (tidak termasuk jika ada masalah jaringan atau segala tindakan yang dilakukan di setiap pertandingan).

Menurut para pemain FIFA 18, aturan “brutal” ini sengaja dirancang EA dan mengharuskan setiap pemain tidak kehilangan satu pertandingan pun dari total 40 pertandingan yang harus diselesaikan agar mendapatkan benefit terbaik.

Di mode game lainnya pemain juga bisa mendapatkan hadiah yang hampir setara tanpa harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain FIFA 18, tapi tentunya cara ini mengharuskan pemain merogoh kocek (microtransaction).

gamer memboikot fifa 18
Sumber: EA Sports

Merasa tidak adil, akhirnya gamer memboikot FIFA 18 beserta promo penjualan Black Friday dan Weekend League sampai EA mengatasi hal tersebut.

Pada saat berita ini ditulis, akun Reddit FIFA juga dibanjiri tulisan tagar #FixFifa. Tuntutan pemain sebagian juga mencakup masalah teknis seperti nomor jersey yang tiba-tiba berubah secara acak atau glitch pada penalti, namun inti boikot ini adalah penerapan microtransaction yang dirasa tidak tepat, baik dari sisi uang maupun waktunya.

Puluhan Ribu Gamer Tulis Petisi, Minta ESRB Golongkan Loot Box Sebagai Perjudian

Sebuah petisi online telah ditandatangani puluhan ribu gamer yang meminta ESRB untuk menggolongkan Loot Box sebagai perjudian. Apakah dikabulkan?
Baca Juga

Intinya para gamer merasa muak dengan cara mereka diperlakukan, baik sebagai pemain maupun konsumen. Selain masalah teknis lainnya, menjalani 40 pertandingan dengan waktu 13 jam di akhir pekan adalah sebuah hal yang tidak lazim jika kita kembali mengingat bahwa game dikembangkan dengan tujuan untuk hiburan.

Diedit oleh Fachrul Razi


SHARE
Previous articleMenakjubkan! Cloud dan Zack Bersandingan di World of Final Fantasy Mobile!
Next article5 Grup K-pop Ini Pembagian Giliran Bernyanyinya Tidak Adil!