Apakah Digimon Memiliki Jenis Kelamin? Berikut Ini Penjelasannya

Digimon atau Digital Monster memiliki berbagai bentuk, termasuk yang menyerupai perempuan dan laki-laki. Apakah Digimon memiliki jenis kelamin? Simak penjelasannya berikut ini

aplikasi terkait
Rawat dan buat Digimon milikmu sendiri menjadi hebat dan kuat dalam DigimonLinks!

Beberapa Digimon digambarkan memiliki ciri fisik tertentu, seakan menggambarkan mereka memiliki jenis kelamin. Namun apakah Digimon memiliki jenis kelamin?

Anak-anak generasi 90an pasti sudah tidak asing lagi dengan serial berjudul Digimon. Anime ini pernah tayang di televisi lokal, dan menemani akhir pekan anak-anak di Indonesia. Dalam serial Digimon, ada monster-monster lucu dan keren bernama sama dengan judulnya, Digimon.

Tidak hanya lucu dan keren, beberapa Digimon juga digambarkan dengan ciri fisik tertentu, yang menggambarkan jenis kelamin mereka. Contoh yang paling kita ingat mungkin Angewomon, evolusi dari Gatomon milik Hikari.

digimon tercantik

Setelah melihat Angewomon, pasti kamu berpikir bahwa Digimon ini berjenis kelamin wanita, karena dia memang memiliki ciri fisik seorang wanita, tetapi, apakah Digimon memiliki jenis kelamin?

Sebenarnya, Digimon tidak memiliki jenis kelamin. Secara singkatnya, Digimon adalah kumpulan data yang membentuk fisik tertentu, seperti monster maupun binatang, dan ada juga yang berbentuk seperti wanita, atau pun pria.

digimon memiliki jenis kelamin

Beberapa yang terlihat seperti wanita contohnya adalah Lilymon, Angewomon, Sakuyamon, Minervamon, dan banyak lainnya. Sedangkan yang memiliki penampilan maskulin seperti Angemon, Beelzemon, Gangkoomon, dan lainnya. Selain memiliki ciri fisik, suara mereka juga biasanya menyesuaikan dengan ciri fisik mereka.

digimon memiliki jenis kelamin

Tentang Digimon yang secara alamiah tidak memiliki jenis kelamin, bahkan sudah dibahas oleh Renamon di salah satu episode Digimon Tamers tentang hal ini. Dia berkata bahwa pada dasarnya, Digimon tidak memiliki jenis kelamin. Kamu bisa menonton cuplikannya di bawah ini:

Reproduksi

Jika Digimon tidak memiliki jenis kelamin, lalu bagaimana cara mereka bereproduksi dan memperbanyak diri? Digimon sebenarnya tidak bereproduksi selayaknya manusia atau binatang. Digimon melakukannya dengan cara pendauran ulang data Digimon.

Siklus kehidupan Digimon juga terbilang lurus-lurus saja, yaitu terlahir dari DigiEgg, menjadi Digimon kecil, berevolusi menjadi lebih besar dan kuat, mati, lalu beregenerasi kembali menjadi data dalam DigiEgg, begitu terus menerus.

Dalam Digimon Frontier, dijelaskan juga tentang Burgamon yang merawat TorikaraBallmon seperti anaknya sendiri (TorikaraBallmon sendiri adalah bentuk sebelum Burgamon). Tentang ini tidak dijelaskan lebih lanjut, entah Burgamon memang bereproduksi atau dia hanya bertindak selayaknya orang tua.


CONTINUE READING BELOW

Tewas Melulu, Inilah Kompilasi Kematian Leomon dari Berbagai Seri Digimon!

Nasib buruk selalu menimpa Digimon baik ini. Hampir di setiap kemunculannya, Leomon beserta variasinya mati. Inilah kompilasi kematian Leomon!


Digimon Xros Wars

digimon memiliki jenis kelamin

Berbeda dengan serial Digimon lain, dalam Digimon XrossWars, jenis kelamin Digimon cukup terlihat dengan jelas, bahkan sebagian Digimon ada yang menjalin hubungan romantis dengan Digimon lain yang berbeda jenis kelamin, bahkan sampai berkeluarga.

Contoh dari pasangan Digimon di serial ini adalah Stingmon dan Lilamon yang menjadi pelindung Jungle Zone. Keduanya jelas-jelas berpasangan seperti manusia dengan manusia lainnya.

Ada juga Cutemon yang marah karena dipanggil manis (dalam konteks ini seperti perempuan), dan dia mengatakan bahwa dia adalah laki-laki. Cutemon juga berpetualang untuk mencari dan menyelamatkan orang tua kandungnya, menandakan jika reproduksi di anime Digimon Xros Wars bisa terjadi, tidak seperti serial lainnya.

Beelzemon dan Mervamon di serial ini juga digambarkan seperti memiliki hubungan romantis, terutama Beelzemon itu sendiri.

Singkatnya, Digimon di serial selain Digimon Xros Wars tidak memiliki jenis kelamin, berbeda dengan anime Digimon Xros Wars. Garis besarnya, Digimon adalah data monster yang genderless atau tidak memiliki jenis kelamin, hanya memiliki ciri fisik menyerupai binatang, tumbuhan, benda atau jenis kelamin tertentu.

TENTANG PENULIS
Dimas Slebor

Panggilannya Dim, bukan Mas. Penggemar cerita-cerita Slice of Life, tapi juga suka robot-robotan. Suka review mainan di YouTube-nya. Lagi asik mengumpulkan mainan dengan uang pinjaman.