Inilah 4 Alasan Kenapa Barang Bootleg Terus Muncul di Acara Jejepangan!

Kenapa sih barang bootleg selalu muncul di acara yang banyak pecinta anime dan manga alias acara Jejepangan di Indonesia? Duniaku.net akan membahas tentang barang bootleg dalam artikel ini!

Inilah 4 Alasan Kenapa Barang Bootleg Terus Muncul di Acara Jejepangan!

Inilah 4 Alasan Kenapa Barang Bootleg Terus Muncul di Acara Jejepangan! (Sumber: FP Vocaloid Lovers Indonesia)[/caption]

Kenapa sih barang bootleg selalu muncul di acara yang banyak pecinta anime dan manga alias acara Jejepangan di Indonesia. Duniaku.net akan membahas tentang barang bootleg dalam artikel ini.

Barang bootleg merupakan sebuah masalah tersendiri di komunitas pecinta anime di Indonesia.

Sebelum berbicara lebih lanjut tentang barang bootleg. Definisi dari kata bootleg sendiri ialah sesuatu yang dibuat, didistribusikan atau dijual secara illegal tanpa adanya izin dan mencantumkan si pembuat asli dari karya tersebut. Dalam bahasa Indonesia, kata bootleg sepadan dengan kata “menyelundupkan”.

Bagi yang sering mengintip linimasa di komunitas Jejepangan di Indonesia, kita sering menemukan ada kasus barang bootleg biasanya berupa poster atau gambar-gambar lain yang biasanya berupa gambar yang di copy paste dari internet lalu dijual tanpa mencantumkan si pembuat asli dari karya yang menjadi objek gambar tersebut.

[duniaku_baca_juga]

Kasus tentang barang bootleg sendiri mulai mendapat perhatian khusus di kalangan pecinta anime di Indonesia ketika staf Anime Festival Asia Indonesia (AFAID) 2017 menemukan stand yang berjualan barang bootleg di acara dimana gambar dan hak intelektual asli dari Jepang bermunculan disitu.

Staf AFAID 2017 langsung menindaklanjuti stand tersebut dan memaksa pemilik stand tersebut untuk menutup lapaknya karena melanggar hak cipta yang tidak dapat ditoleransi.

Apa yang membuat barang bootleg seperti poster, gantungan kunci, stiker, dan lainnya masih bermunculan di Indonesia terutama di acara yang banyak pecinta anime di Indonesia? Berikut Duniaku.net akan sedikit memberikan alasan tersebut di bawah ini.

[page_break no="1" title="Stand Penjualan Barang Bootleg Selalu Muncul Di Mana-Mana"]

Inilah 4 Alasan Kenapa Barang Bootleg Terus Muncul di Acara Jejepangan! (sumber: Asianbeat)[/caption]

Kita tidak bisa menampik bahwa stand penyedia barang bootleg bertebaran dimana-mana dan di berbagai macam event Jejepangan di penjuru Indonesia.

[read_more id="349842"]

Hal ini disebabkan karena biasanya mereka lebih mengetahui ada acara Jejepangan di daerah sekitar mereka ketimbang para pembuat barang original ataupun para pecinta fanart.

Mereka juga mempunyai modal yang lebih banyak ketimbang para circle yang biasanya cukup terbatas dari segi keuangan dan biasanya mempertimbangkan banyak hal ketika mau membuka suatu booth. Apalagi para stand penjualan barang bootleg ini biasanya terus berjualan meski acaranya sudah usai.

[page_break no="2" title="Copy Paste di Google Lebih Gampang Daripada Menggambar"]

Inilah 4 Alasan Kenapa Barang Bootleg Terus Muncul di Acara Jejepangan!

Biasanya gambar bootleg itu diambil dari mbah Google dengan mencari gambar dari serial yang paling laku di kalangan pecinta anime. Tentunya pekerjaan save picture dari internet jauh lebih gampang dibandingkan gambar sendiri.

Coba bandingkan usaha yang dikeluarkan jika gambar sendiri, tentunya akan ada banyak biaya yang harus dikeluarkan mulai dari membeli pentab untuk menggambar, laptop yang cukup mumpuni, biaya listrik, dan biaya hidup tenaga orang yang mengerjakannya. Hal tersebut memang tidak sebanding dengan hasil gambar yang hanya didapatkan dari Google dan dijual tanpa ada hasil kerja keras yang berarti.


Masih ada dua penyebab kenapa barang bootleg menjamur di Indonesia. Simak halaman berikutnya untuk mencari tahu lebih lanjut

[page_break no="3" title="Harga Barang Bootleg Pasti Jauh Lebih Murah Daripada Harga Barang Lainnya"]

Inilah 4 Alasan Kenapa Barang Bootleg Terus Muncul di Acara Jejepangan!

Seperti yang sudah diungkapkan di halaman sebelumnya, biaya untuk membuat barang bootleg akan jauh lebih murah dibandingkan barang original ataupun barang fanart sekalipun dan itu berakibat kepada harga jual yang dipatok untuk barang bootleg.

[duniaku_baca_juga]

Jika diperhatikan barang bootleg pastinya akan jauh lebih murah daripada barang original ataupun barang fanart dan perbedaannya tersebut bisa mencapai 2 – 10 kali lipat dari harga barang tersebut.

Hasil jadi dari barang bootleg juga jauh dibawah standar barang original karena para penjual biasanya tidak mau memiliki kualitas barang sehingga barang terkesan asal jadi dan dijual dengan harga murah demi meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

[page_break no="4" title="Kemampuan Ekonomi Kebanyakan Para Pecinta Anime Di Indonesia Masih Kurang"]

Inilah 4 Alasan Kenapa Barang Bootleg Terus Muncul di Acara Jejepangan!

Para pecinta anime di Indonesia juga biasanya akan tergiur harga lebih murah dan akan langsung membeli tanpa melihat kualitas terlebih dahulu – terlebih-lebih keorisinalan barang tersebut. Asal sudah mendapatkan poster waifu/husband kesayangan sudah senanglah hatinya.

Apalagi hal tersebut didukung dengan kemampuan finansial para pecinta Jepang yang kebanyakan di bawah umur 21 tahun dan masih belum mempunyai penghasilan tetap serta masih hidup di bawah orang tuanya.

Mereka tidak memikirkan bagaimana keaslian barang tersebut, asal mereka mendapatkan harga murah maka mereka langsung membelinya terlepas dari barang tersebut bootleg atau bukan.

Barang bootleg memang susah untuk dihindari dan kemunculannya sudah dimana-mana. Cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari bootleg yang tidak etis ini adalah dengan mencoba membeli barang buatan fanart dari lingkungan circle atau lingkar kreatif yang kamu suka.

Inilah 4 Alasan Kenapa Barang Bootleg Terus Muncul di Acara Jejepangan! Comifuro, tempat fanart yang bagus-bagus bermunculan[/caption]

Atau kamu bisa mencoba menabung untuk membeli barang orisinal yang mungkin akan lebih mahal tetapi kualitas dan perjuangannya ketika kamu menabung akan sepadan dengan hasilnya.

Diedit oleh Fachrul Razi

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU