Bikin Nostalgia, Ini Daftar Lagu yang Sering Diputar Operator Warnet!

Orang ini membikin playlist berisi 158 lagu yang sering diputar operator warnet tahun 2000-an. Tebak apa lagu nomor satu? Ya, jelas, Dear God~

lagu yang sering diputar operator warnet

Orang ini membuat daftar putar lagu-lagu yang sering diputar operator warnet tahun 2000-an. Dengarkan lagu-lagunya di bawah ini.

Warung internet (warnet) tidak mungkin tidak pernah menjadi bagian dari hidup anak muda yang tumbuh di tahun 2000-an. Ia menjadi pelabuhan kedua bagi para gamer selain rental PlayStation.

Pada waktu itu, era media sosial dimulai. Orang-orang nge-chat lewat IRC, atau sekadar mengubah laman friendster sendiri, hingga main Ninja Saga atau FarmVille.

Bagi mereka yang pada waktu itu masih sekolah, seperti saya, uang selalu habis untuk bayar billing warnet. Rp 3 ribu sejam. Kalau jadi member, bisa lebih murah lagi. Pulang-pulang dimarahi orang tua karena dikira ikut judi online.

Seberapa pun memalukannya kelakuan kita dulu, warnet dan segala ceritanya akan selalu lekat dalam memori. Sekarang keberadaan warnet sudah mulai berkurang karena setiap orang sudah punya internet di rumahnya masing-masing.


CONTINUE READING BELOW

Warnet! Tempat Menghibur yang Kini Jadi Legenda. Apa Kamu Pernah Jadi Anak Warnet Juga?

Di zaman internet belum masif seperti ini, warnet seakan menjadi tempat yang diagung-agungkan. Di sana kita bisa menemukan berbagai macam informasi!


Salah satu bagian dari dunia per-warnet-tan yang sempat jadi fenomena adalah hubungan antara warnet, operator warnet, kita sebagai konsumen, dan lagu-lagu yang diputar. Sering malah selera operator warnet mempengaruhi konsumen.

Misal di kota saya dulu, orang-orang akan ogah main di warnet yang memutar lagu Batak. Mereka (dan saya juga) cenderung menyukai warnet yang memutar lagu semacam Dear God oleh Avenge Sevenfold.

Seseorang di Spotify menyusun sebuah playlist berjudul “Playlist anak warnet 2000an” yang bisa kamu temukan di bagian bawah artikel ini. Seperti namanya, daftar putar ini terdiri dari lagu-lagu yang sering diputar operator warnet, khususnya tahun 2000-an.

Dari 158 lagu, tebak lagu apa yang ada di urutan pertama. Ya, jelas, Dear God. Ini lagu sejuta umat bagi kaum-kaum warnet tahun 2000-an. “Iya, semua operator warnet suka lagu itu,” ujar Randy Arbiyantama, orang di balik playlist ini kepada Duniaku.net. “Makanya saya taro di nomor satu.”

Playlist lagu yang sering diputar operator warnet ini awalnya dibuat karena teman-temannya sering protes betapa anehnya lagu-lagu yang diputar Randy ketika mereka bersama dalam satu mobil. “Akhirnya kami buat playlist yang bisa didengerin bareng,” kata Randy. “Ternyata kesamaannya ada di lagu-lagu yang dimainin di warnet di range tahun 2005-2009-an.”


CONTINUE READING BELOW

5 Hal yang Sering Dialami Saat Main Game Online di Warnet/Game Center!

Kamu suka main game online di warnet atau game center? Atau dulu sering melakukan hal tersebut? Pasti kamu pernah (bahkan sering) mengalami hal-hal ini!


Randy dan keempat temannya kemudian saling mengusulkan judul lagu. Lagu-lagu yang masuk adalah lagu yang kelimanya sepakati bersama. “Satu band satu lagu,” ujarnya.

Kata Randy, ia dan teman-temannya berasal dari tempat yang berbeda, seperti Sukabumi, Jakarta, hingga Yogyakarta. Jadi, lagu-lagu yang dikumpulkan ini berasal dari budaya anak warnet yang berbeda-beda. “Saya juga nanya via insta story ke followers di Instagram, yang balas lumayan banyak,” pungkas Randy.

Playlist ini terdiri dari beragam genre dan subgenre, namun mayoritas diisi oleh rock, alternative-rock, pop, hingga pop melayu. Selain Avenge Sevenfold, lagu-lagu dari luar juga diisi oleh Greenday, Linkin Park, hingga Seconhand Serenade.


CONTINUE READING BELOW


Oasis, Blur, hingga blink-182 bahkan dimasukkan sampai tiga lagu. “Ada sih yang lagunya lebih dari satu, itu karena lagunya memang keren,” bela Randy.

Lagu-lagu dari Indonesia diwakili oleh Padi, Peterpan, Ada Band, hingga Sheila on 7. Siapa rupanya yang tak pernah mendengarkan lagu Manusia Bodoh di warnet, hah?

operator warnet

Sumber: Dokumentasi Randy Arbiyantama

Playlist lagu-lagu yang sering diputar operator warnet ini bikin nostalgia, dari mulai teriak-teriak a reason to start over new-nya Hoobastank, menyanyi bareng kuingin cinta ini dapat kau sambut-nya Bondan ft. Fade To Black, hingga menggumami lagu I will fly to your hearts-nya Ten 2 Five.

Playlist-nya dapat kamu follow dan dengarkan di bawah ini.

Diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS
Lazuardi Pratama

Merayakan film dan mengolok Liverpool.