Tahu Gak? Ini Dia 12 Perbedaan antara Pokemon dan Digimon!

Memang apa sih bedanya Pokemon dan Digimon?

Cara Berkomunikasi

Pada dasarnya, Pokemon mengikuti konsep binatang. Maka dalam berkomunikasi, setiap Pokemon cuma bisa bersuara dengan suara seperti menyebut namanya —misalnya Pikachu, ia biasa bersuara dengan suara “Pika,” “Kachu,” dan “Chu!”.

Pengecualian terjadi pada Pokemon Meowth milik tim Rocket, karena ia memiliki kelainan malah bisa berbicara seperti manusia. Namun biasanya para trainer mengerti dengan apa yang dikatakan oleh Pokemon miliknya.

Sedangkan pada Digimon, semua monsternya bisa berbicara bahasa manusia.

Evolusi

Pokemon dan Digimon sama-sama bisa melakukan evolusi, yaitu berubah bentuk menjadi lebih kuat dari wujud sebelumnya. Namun terdapat perbedaan antara evolusi pada Pokemon dengan Digimon.

item baru pokemon go

Evolusi dalam Pokemon merupakan evolusi yang bersifat permanen. Jadi ketika Pokemon berevolusi, ia tidak bisa kembali pada wujud sebelumnya. Pokemon bisa memiliki variasi evolusi, contohnya Eevee. Namun sifatnya tetap linear, di mana sekali evolusi, maka sifatnya jadi permanen.

Digimon

Sedangkan dalam Digimon, evolusi yang terjadi tidak permanen. Hal ini membuat Digimon bisa kembali ke wujud sebelumnya. Evolusi pada Digimon disebut sebagai digivolve atau digivolution. Digivolution juga biasanya bercabang, sehingga satu Digimon bisa memiliki lebih dari satu wujud.

Fusion

Pokemon tidak bisa melakukan fusion dengan Pokemon lainnya, namun ada beberapa kasus Pokemon yang berevolusi dengan bergabung, contohnya adalah Slowbro yang merupakan Slowpoke yang berevolusi karena ekornya digigit oleh Shellder. Hal ini berbeda dengan Digimon yang bisa fusion.

item baru pokemon go

Yang paling ikonik di dunia Digimon adalah fusion antara Wargreymon dengan Metalgarurumon jadi Omnimon. Selain itu, ada seri Digimon, yaitu Digimon Fusion yang memang menekankan fusion Digimon dengan Digimon lainnya.

Istilah fusion di dunia Digimon dikenal sebagai jogress.

Penamaan

Perbedaan yang terasa antara Pokemon dengan Digimon adalah pada penamaan. Pada Pokemon, nama monsternya cenderung bernama bebas dan biasanya memiliki pengucapan yang mirip dengan evolusi sebelumnya. Contoh yang paling umum adalah Pichu >> Pikachu >>> Raichu. Jika diperhatikan, penamaan ini memiliki benang merah dengan diakhiri bunyi -Chu.
Sedangkan pada Digimon semua monster memiliki akhiran yang sama, yaitu dengan kata -Mon. Contohnya Agumon, Greymon, Wargreymon. Penamaan pada saat digivolve belum tentu memiliki benang merah yang terkait.

Trainer

Trainer adalah pelatih bagi Monsternya. Baik Pokemon dan Digimon memiliki ciri khas pada trainernya.
Pada Pokemon, trainer di judul ini disebut sebagai Pokemon Trainer. Seorang Pokemon Trainer dapat memiliki banyak Pokemon. Namun pada regulasi pertarungan resmi, tiap Pokemon Trainer hanya boleh membawa 6 Pokemon.
Sedangkan pada Digimon, trainer-nya disebut sebagai Digimon Tamer. Digimon Tamer biasanya hanya dapat memiliki satu Digimon. Digimon Tamer yang menjadi tokoh utama dalam judul Digimon disebut sebagai DigiDestined.

Dunia

Dunia Pokemon dan Digimon sangat berbeda. Jika pada  Pokemon, monster dan manusia berbagi tempat hidup alias hidup bersama di dunia nyata. Sedangkan Digimon hidup berdampingan, manusia hidup di dunia nyata sedangkan Digimon hidup di dunia digital.
TGS 2016 Digimon World Next Order
Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya, pada dunia Digimon, antara dunia nyata dan dunia digital suka bercampur padu, menjadikan batas antara nyata dan digital menjadi hilang.

CONTINUE READING BELOW

Apakah Digimon Memiliki Jenis Kelamin? Berikut Ini Penjelasannya

Digimon atau Digital Monster memiliki berbagai bentuk, termasuk yang menyerupai perempuan dan laki-laki. Apakah Digimon memiliki jenis kelamin?


Pada dasarnya baik Pokemon dan Digimon merupakan tipikal genre virtual pet yang memiliki keasyikan masing-masing. Perbedaan di antara mereka tidak membuat satu sama yang lain menjadi lebih baik, namun dengan perbedaan itu kita tetap bisa menikmatinya.

Share this article

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial