Maknyus! Inilah 5 Acara Kuliner yang Sempat Eksis di TV

Acara kuliner seolah tak lekang dimakan waktu. Meskipun sudah tak tayang, mereka berhasil meninggalkan kenangan bagi masyarakat yang selalu menyukainya.

Maknyus! Inilah 5 Acara Kuliner yang Sempat Eksis di TV

 Maknyus! Inilah 5 Acara Kuliner yang Sempat Eksis di TVAcara kuliner seolah tak bisa lepas dari keseharian masyarakat. Meskipun ratingnya tergolong tak setinggi program lainnya, loyalitas para penggemarnya seolah tak akan pernah tergoyahkan.

[duniaku_baca_juga]

Para warga terutama ibu-ibu sudah pasti hafal nama-nama acara yang menyajikan kelezatan kuliner khas nusantara di setiap episodenya. Ada yang mempresentasikan bagaimana menyajikan hidangan yang menggugah selera. Ada juga yang isinya sekadar wisata mencari santapan khas dari pelosok daerah.

 

Ingin tahu acara kuliner apa saja yang pernah membuat kita kelaparan? Simak pembahasannya!

[page_break no="1" title="Santapan Nusantara"]

Maknyus! Inilah 5 Acara Kuliner yang Sempat Eksis di TVAcara yang tayang perdana pada tahun 1996 ini memang dikenang sebagai salah satu acara kuliner terbaik di Indonesia. Ia dibuat dengan konsep dasar program pemerintah, "Aku Cinta Makanan Indonesia", dalam rangka melestarikan makanan Indonesia menghadapi gempuran makanan cepat saji yang masuk ke Indonesia.

Konsepnya sendiri juga terbilang sangat bagus. Acara ini bertujuan memperkenalkan budaya kuliner nusantara ke masyarakat. Saat pertama kali tayang, Santapan Nusantara dipandu oleh Nindy Ellesse yang ditemani para bintang tamu yang memakai baju adat yang sesuai dengan tema kuliner yang akan dibawakan.

Santapan Nusantara juga pernah mengalami perubahan di mana Enita Sriyana yang menggantikan posisi Nindy Ellesse menjadi pembawa acara dan ada segmen demo masak. Hebatnya, acara ini pernah tayang selama 10 tahun dengan jumlah total episode terpanjang, 800 episode.

[page_break no="2" title="Aroma"]

Maknyus! Inilah 5 Acara Kuliner yang Sempat Eksis di TV[duniaku_adsense]

Salah satu acara yang tayang di Indosiar sejak akhir tahun 1996 ini memang benar-benar tak terlupakan. Bagaimana tidak? Bagi sebagian penonton, terutama kalangan ibu-ibu, rasanya kurang afdol jika belum menonton acara ini.

Acara yang dibawakan Ibu Sisca Soewitomo ini biasanya akan membuat tiga sampat empat hidangan. Biasanya setiap masakan selesai diolah, Ibu Sisca akan menjelaskan bahan yang diperlukan dari sejak awal pengolahan hingga akhir penyajian.

Ketinggalan acaranya? Atau tak bisa mencatat resep dari layar kaca televisi? Jangan khawatir! Biasanya resep yang digunakan dalam acara tersebut akan dipublikasikan di majalah seperti Nova atau Femina.

[page_break no="3" title="Selera Nusantara"]

Maknyus! Inilah 5 Acara Kuliner yang Sempat Eksis di TV Courtesy by Dunia Nostalgia 80-an[/caption]

Salah satu program TV legendaris ini pertama kali muncul sekitar tahun 2000 di stasiun televisi RCTI. Selera Nusantara sendiri berisi tutorial memasak yang diperagakan oleh Rudy Choirudin.

Dalam acaranya, ia akan mengajak penonton ke sebuah dapur dan mengajarkan bagaimana cara mengolah masakan hingga menghiasnya dengan garnish yang cantik. Selain itu, Rudy juga akan memberi tips-tips dalam menangani bahan yang memerlukan perlakuan khusus.

Biasanya Rudy akan membawa satu orang bintang tamu untuk menemaninya memasak. Di akhir acara, bintang tamu akan memberikan testimoni mengenai kelezatan masakan buatan Rudy. Mereka mengakui masakan Rudy memang mampu membuat lidah bergoyang.

[page_break no="4" title="Foody With Rudy"]

Maknyus! Inilah 5 Acara Kuliner yang Sempat Eksis di TVAcara yang sempat tayang di ANTV ini berisi mengenai tutorial membuat masakan istimewa yang dipresentasikan oleh Rudy Choirudin. Tentunya Om Rudy sudah menyederhanakan metode memasaknya sehingga bisa diikuti oleh ibu-ibu di rumah.

Beliau akan mempraktekkan secara langsung cara pengolahan bahan mentah dari awal. Selama proses tersebut, kita bisa belajar bagaimana membuat bumbu yang pas, memperhitungkan tingkat kematangan yang tepat dan cara membuat hiasan yang menggugah celera.

Setelah kamu menonton acara ini, mungkin semua masakan khas Indonesia yang biasanya hanya dijumpai di restoran bisa kamu olah dengan mudah dengan ajaran maestro koki satu ini.

[page_break no="5" title="Wisata Kuliner"]

Maknyus! Inilah 5 Acara Kuliner yang Sempat Eksis di TV Sumber : tribunnews.com[/caption]

[read_more id="351578"]

Salah satu acara kuliner yang paling khas ini membahas seputar budaya kuliner lokal yang berada di seluruh penjuru tanah air. Acara kuliner asuhan Bondan Winarno ini tayang di Trans TV dari Senin-Jum’at jam 14.00 WIB

Acara yang dipandu oleh mendiang Bondan Winarno ini selalu mengajak kita berkeliling mencicipi aneka makanan sambil menikmati pesona wisata daerah yang sedang dikunjungi. Selain itu, kita juga mendapat banyak pengetahuan mengenai seluk beluk dunia kuliner dari Pak Bondan yang memang dikenal berwawasan luas soal kekayaan masakan nusantara.

Tidak hanya soal makanan, ada juga beberapa segmen untuk menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan masakan khas suatu daerah yang sedang dikunjungi. Jadi, kita tidak hanya belajar kuliner saja, tapi juga sejarah singkat sebuah tempat wisata serta segmen oleh-oleh.

Tapi, yang paling dikenang dari acara ini adalah kata-kata “Maknyus!” yang menjadi jargon andalan sang presenter. Biasanya kata ini selalu terlontar ketika sang presenter mengekspresikan rasa enak dari makanan yang disantapnya.


Itulah pembahasan mengenai acara kuliner yang sempat eksis di televisi Indonesia. Jika kalian ada tambahan, sampaikan di kolom komentar, yah!

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU