5 Alasan yang Membuat Fatal Frame Menjadi Seri Game Horor Terunik!

Tak bisa dipungkiri bahwa seri game horor yang lekat dengan budaya Jepang buatan Tecmo ini sangat memorable dan menyeramkan! Apa sih yang membuat Fatal Frame begitu menarik? Simak 5 alasan berikut ini!

Baca Juga

Gamer “kidz jaman now” bila mendengar kata game horor mungkin langsung terbayang dengan Resident Evil, Silent Hill, atau Outlast. Tapi, beberapa tahun yang lalu, tepatnya di era Playstation 2 sedang berjaya, kalangan gamer yang sekarang cenderung sudah “berumur” (seperti penulis) sempat ketagihan dengan sebuah seri game horor asal Jepang bertajuk Fatal Frame, atau dikenal dengan judul Zero di Jepang dan Project Zero di Eropa.

Pertama kali dirilis untuk konsol Playstation 2 di tahun 2001, Fatal Frame membuat sebuah gebrakan baru di dunia game horor. Kala seri Resident Evil dan Silent Hill yang bernuansa kebarat-baratan tengah populer, Fatal Frame hadir dengan nuansa kebudayaan Jepang yang sangat kental, lengkap dengan hantu-hantu menyeramkan yang akan pemain hadapi sepanjang game berlangsung.

Meskipun tidak sukses luar biasa seperti judul-judul horor populer lainnya, game ini terbukti cukup sukses hingga menelurkan beberapa sekuel yaitu Fatal Frame II: Crimson Butterfly dan Fatal Frame III: The Tormented yang dirilis di PS2, Fatal Frame: Mask of the Lunar Eclipse yang dirilis di konsol Nintendo Wii eksklusif di kawasan Jepang, dan yang terbaru Fatal Frame: Maiden of Blackwater yang dirilis di Nintendo Wii U.

Tahukah Kamu? Drama-Drama Populer Ini Ternyata Berawal dari Manga Lho!

Tahukan kalian, ternyata ada banyak drama Korea yang berawal dari manga lho. Kira-kira drama Korea apa saja ya yang berawal dari manga?
Baca Juga

Tidak hanya itu, seri Fatal Frame juga menelurkan beberapa proyek multimedia seperti adaptasi film dan manga yang keduanya dirilis di tahun 2014. Sebuah game spin-off bertajuk Spirit Camera (yang tidak bagus-bagus amat) juga dirilis untuk Nintendo 3DS.

Namun, setelah game kelima dirilis, agaknya pamor seri Fatal Frame makin menurun dibandingkan di era kejayaannya di PS2. Hingga sekarang, masih belum ada pengumuman entri terbaru untuk seri yang sekarang tengah mati suri ini.

Lantas, apa yang membuat seri Fatal Frame begitu dicintai dan memiliki tempat yang spesial di hati para gamer “jaman old”? Mari simak pembahasannya!

5

Nuansa Horor ala Jepang yang Sangat Kental

Bila Resident Evil dan Silent Hill memiliki nuansa horor yang lebih kebarat-baratan meskipun dikembangkan oleh pengembang game asal Jepang (Capcom dan Konami), salah satu aspek terunik dari seri Fatal Frame adalah ia secara sepenuhnya memiliki latar di tempat-tempat menyeramkan di Jepang.

Mulai dari mansion yang terbengkalai, desa terpencil yang hilang dari peta, rumah sakit jiwa yang sudah lama kosong, hinga areal pegunungan dengan kuil-kuil angker pun tak luput menjadi tempat-tempat yang akan pemain jelajahi sambil berharap hantu-hantu yang gentayangan di tempat-tempat itu tidak muncul secara mendadak dan menyerang.

Tidak hanya dari latar, namun beberapa aspek-aspek kebudayaan Jepang kuno seperti ritual-ritual gelap meliputi tumbal manusia dan semacamnya juga sering menjadi fokus tiap entri Fatal Frame—menambah kesan mistis yang kuat di kisahnya.

4

Hantu-hantu yang Menyeramkan

Jujur saja, dibandingkan dengan zombi-zombie atau monster-monster menjijikkan yang biasa kamu temui di game-game horor modern, yang namanya hantu memang tetap makhluk supernatural yang paling menyeramkan untuk dihadapi! Dan seri ini siap menakut-nakutimu dengan teror arwah-arwah penasaran!

Live Action Kakegurui Diumumkan, Pemeran Menma jadi Jabami!

Live action Kakegurui diumumkan lho! Pilihan pemeran Yumeko Jabami cukup mengejutkan. Apa kamu merasa dia cocok? Ini pembahasannya!
Baca Juga

Sebagian besar hantu di seri ini juga memiliki desain yang menyeramkan, unik, namun juga, sekali lagi, sangat khas Jepang. Hantu-hantu ini juga muncul dalam berbagai bentuk “menarik”, mulai dari wanita dengan kimono berlumuran darah, hantu-hantu anak kecil, sampai ke yang lebih ekstrim seperti kepala yang melayang, atau bahkan hantu samurai!

Dalam gameplay-nya, Fatal Frame juga memiliki mekanik yang unik untuk mendeteksi pertanda bahwa ada hantu yang tengah mengikuti pemain.

Tidak hanya mendengar suara tangis, tertawa, atau rintihan-rintihan saja, sebuah alarm kecil yang setia menemani pemain akan siap memberitahu bahwa mereka sedang tidak sendirian kala sedang menjelajah di tempat-tempat angker.

Bila alarm yang dimaksud mendadak menyala dengan warna biru bersyukurlah bahwa itu hanya sekedar hantu “numpang lewat”. Namun bila mendadak berubah menjadi warna merah atau mendadak layar TV pemain menjadi buram, maka bersiaplah untuk menghadapi para hantu-hantu penuh dendam ini!


Penasaran dengan gameplay dan kisah di seri Fatal Frame? Simak halaman kedua!