Nostalgia Review The Gods Must Be Crazy: Sebuah Komedi Manusia dan Alam

the gods must be crazyMeskipun terkesan absurd, The Gods Must Be Crazy sukses mengocok perut dari awal perilisannya sampai sekarang. Mengapa film ini mampu mendapatkan pujian dari kritikus film legendaris, Roger Ebert, dan rating yang nyaris mendekati sempurna? Simak pembahasannya hanya di Duniaku.net!

Tak terasa sudah film ini sudah berumur tiga puluh tujuh tahun menghibur semua penonton di seluruh dunia. The Gods Must Be Crazy dirilis di Afrika Selatan pada tahun 1980 oleh Ster Kinekor Picturers pernah menjadi pemecah rekor box-office di tiga negara: Amerika Serikat, Jepang dan Afrika Selatan.

Baca Juga

Film ini juga dirilis dalam bentuk kaset video di AS oleh perusahaan CBS/Fox melalui label Playhouse Video. Tak tanggung-tanggung, The Gods Must Be Crazy berhasil meraup untung seratus juta dolar, sebuah angka yang sangat besar pada zaman tersebut. Selain itu, film ini juga mendapatkan skor 95% atau “Fresh” di Rotten Tomatoes.

Jadi mengapa film ini dikatakan sebagai salah satu film komedi terbaik sepanjang masa? Simak ulasannya di bawah ini!

aplikasi terkait

Tarzan Unleashed

By Legacy Games

4
starstarstarstarstar
Nikmati keindahan belantara Afrika hanya di Tarzan Unleashed

Sinopsis

Xi adalah seorang anggota suku Bushmen yang hidup di pedalaman Gurun Kalahari. Suku ini terkenal di kalangan penjelajah karena mampu bertahan hidup di wilayah yang minim sumber airnya. Kehidupan mereka semula berjalan damai sampai suatu Xi menemukan sebuah botol Coca-Cola yang dibuang oleh seorang pilot.

Awalnya, suku Bushmen berpikir bahwa botol kaca tersebut merupakan pemberian para dewa dan menggunakannya untuk berbagai keperluan. Sayangnya, hanya karena satu botol kaca yang diberikan, suku Bushmen sering bertengkar dan bahkan melakukan kekerasan demi mendapatkan botol itu.


Xi yang menyadari bahwa benda tersebut lebih banyak membawa dampak negatif memutuskan untuk segera membawa botol tersebut ke “ujung Bumi”. Petualangan Xi demi membebaskan kaumnya dari “kutukan” botol pun dimulai.

Sepanjang perjalanan, ia bertemu beragam macam orang yang tak pernah dijumpai sebelumnya. Ada ahli biologi Andrew Steyn yang mendadak idiot jika berinteraksi dengan perempuan dan M’pudi, orang kulit putih yang fasih berbahasa suku Bushmen.

Ia juga pernah menolong Kate Thompson, wartawan yang rela menjadi guru sekolah desa agar bisa menjauh dari kehidupan kota. Selain itu, Xi juga harus melawan segerombolan teroris amatir yang dipimpin oleh Sam Boga dan bekerja sama dengan pemandu tur safari bernama Jack Hind.

Mampukah Xi menunaikan tugasnya di tengah kacaunya situasi yang dialaminya? Tonton saja filmnya!

Plot dengan Banyak Cerita yang Bersinergi

Film ini sebenarnya memiliki banyak cerita di dalamnya. Namun semuanya berfokus pada tokoh bernama Xi yang diperankan oleh N!xau. Di sisi lain, penonton sendiri juga sebenarnya bisa menganggap film ini bercerita tentang romansa Andrew Steyn dengan Kate Thompson.

Bingung, kan? Itulah letak keistimewaan film ini. Menikmati film ini tak seperti mengarungi sungai yang mengalir lurus. Ada banyak pilihan jika ingin menontonnya. Mau tentang kisah petualangan anggota suku pedalaman? Ada! Mau romansa ala zaman papa dan mama? Ada! Mau lihat kekonyolan pasukan teroris yang masih hijau? Ada!

Inilah Alasan Rating Justice League Begitu Rendah

Buruknya rating dari Justice League menurut situs Rotten Tomatoes membuat pendapatan film ini menjadi anjlok. Apakah rating dari film ini disabotase?
Baca Juga

Meski alurnya terkesan sangat ramai, tapi tetap berhasil bersinergi satu sama lain. Semuanya terhubung dalam sebab-akibat yang logis dan bisa diterima. Tanpa pertolongan Xi, Andrew mungkin tak bisa menyatakan cinta pada Kate. Tanpa Andrew, Kate bisa saja dibawa pergi oleh Sam Boga.

Karakterisasi yang Alami

Jika Jamie Uys tak bertemu dengan N!xau, mungkin film ini tak akan pernah menjadi legenda sepanjang masa. Sebagai anggota asli suku Bushmen, N!xau sukses membawakan karakter Xi dengan natural meskipun tak memiliki pengalaman akting sedikitpun.

Bagaimana dengan Marius Weyers dan Sandra Prinsloo? Penulis bisa mengatakan akting mereka juga bisa dibilang sangat bagus. Keduanya berhasil membangun momen-momen ala anak muda yang baru saja belajar apa itu cinta. Marius juga dinilai sukses mampu bertindak ala orang yang pintar dan sekaligus bodoh di saat yang sama.

Hanya saja penulis agak sedikit menyayangkan ekspresi pemeran anggota pemerintahan yang terkesan gak niat saat tertembak. Tapi hal itu bisa dimaklumi karena memang genre-nya sendiri memang komedi sehingga wajah gak niat mati tentu saja menjadi gimmick tersendiri.

Tapi yang paling membuat penulis terkesan adalah seekor baboon yang bisa berakting seolah menuruti perkataan N!xau.


Apa sih yang membuat film ini begitu menggelitik? Gaya bicara atau tingkah laku para tokohnya yang konyol? Klik halaman selanjutnya!

1
2

SHARE
Previous articleBerhati-hatilah! 7 Orang Buta ini Sangat Berbahaya di Dunia Anime
Next article5 Alasan yang Membuat Fatal Frame Menjadi Seri Game Horor Terunik!

Guess what?