Makin Suram, Presiden GTA Prediksi Game Fisik Akan Punah 5 Sampai 20 Tahun Kedepan!

Eksistensi dari game fisik tidak akan bertahan lama dan sepenuhnya akan bergeser ke digital. Seberapa sering kamu membeli game fisik?

Makin Suram, Presiden GTA Prediksi Game Fisik Akan Punah 5 Sampai 20 Tahun Kedepan!

Makin Suram, Presiden GTA Prediksi Game Fisik Akan Punah 5 Sampai 20 Tahun Kedepan! Sumber: vitaplayer[/caption]

Presiden Take-Two Interactive mengungkapkan bahwa game fisik akan digantikan sepenuhnya oleh penjualan game digital. Bagaimana nasib para retail?

[duniaku_baca_juga]

Dalam sebuah acara konferensi Credit Suisse 21st Annual Technology, Media & Telecom akhir bulan November lalu, Presiden Take-Two Interactive, Karl Slatoff mengatakan bahwa dia akhirnya melihat perpaduan antara penjualan game fisik dan digital yang akan menjadi masa depan industri game.

"Saya pikir dalam jangka panjang, itu akan menjadi 100 persen digital," kata Slatoff. "Saya tidak bisa memprediksi apakah itu 5 tahun, 10 tahun, atau 20 tahun, mungkin kurang dari 20 dan mungkin lebih dari lima, tapi saya pikir akhirnya game fisik akan punah dan beralih sepenuhnya ke game digital."

"Mengapa saya pikir ini sedikit lebih cepat daripada yang mungkin dibayangkan orang lain. Jujur, saya mengatakan bahwa Sony dan Microsoft telah melakukan pekerjaan yang sangat bagus dengan layanan mereka. Banyak orang yang telah menggunakan layanan Xbox Live dan PSN saat ini, dan itu memang membantu. Jauh pada tingkat yang lebih cepat karena platform ini telah berkembang dengan sangat baik, dan konsumen menyukainya."

Meskipun ini artinya akan banyak perusahaan retail besar di dunia yang tidak akan mendapatkan peran lagi di industri game atau masa depan Take-Two, Slatoff mengakui bahwa perusahaan yang menjadi induk dari pengembang GTA V, Rockstar Games ini masih sangat bergantung pada retail untuk penjualan game fisik saat ini.

Makin Suram, Presiden GTA Prediksi Game Fisik Akan Punah 5 Sampai 20 Tahun Kedepan! Sumber: VentureBeat[/caption]

"Faktanya keberadaan retail masih merupakan bagian terbesar dari bisnis kami dan masih menjadi mitra yang penting," katanya. "Dan kami ingin melakukan semua yang kami bisa untuk mendukung ekosistem itu, karena mereka adalah mitra pemasaran dan distribusi yang sangat kuat bagi kami, tapi sekali lagi, ini diluar kendali kami apakah kami menginginkannya atau tidak, dan sepertinya itu akan terjadi pada akhirnya."

Pergeseran dari game fisik ke digital juga memungkinkan publisher game untuk mengejar model bisnis termasuk microtransaction. Tapi seperti yang kita ketahui baru-baru ini EA tersandung masalah microtransaction lewat Star Wars Battfront 2, di mana para pemain tidak selalu antusias dengan model bisnis seperti ini.

"Seluruh regulator perjudian menganggap bahwa ini bukan sebuah perjudian. Pandangan kami tentang hal itu sama dengan pernyataan ESA," kata Slatoff.

"Semua kemarahan yang dilakukan konsumen yang anda dengar di pasar saat ini, itu semua hanya masalah konten. Ini semua tentang melipatgandakan konten dan memastikan anda fokus terhadap hal itu. Itulah strategi kami dan itu yang menjadi fokus kami selama ini. Selama anda tetap melihat dari sudut pandang yang positif, maka anda akan baik-baik saja. Konsumen akan senang dengan apa yang mereka dapatkan."

[read_more id="351742"]

Slatoff menambahkan, "Anda tidak bisa memaksa konsumen untuk melakukan yang apa yang anda inginkan. Anda hanya berusaha melakukan yang terbaik untuk menciptakan pengalaman gaming terbaik dan menciptakan nilai dari hiburan itu sendiri. Dan begitulah cara kerjanya dan akan selalu begitu."


Bagaimana menurutmu? Apakah keberadaan game fisik suatu saat akan digantikan sepenuhnya oleh digital?

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU