Mikio Ikemoto: “Maaf Karena yang Menggambar Boruto Bukanlah Masashi Kishimoto”

Melalui sebuah interview, ilustrator Boruto Mikio Ikemoto menyampaikan permintaan maafnya kepada para fan Naruto karena gaya gambarnya yang berbeda dengan milik Masashi Kishimoto!

Bahkan semenjak masih berupa pengumuman, banyak fan yang cukup terkejut ketika melihat gaya gambar pada manga Boruto yang berbeda jauh dengan Naruto. Setelah ditelusuri, ternyata manga Boruto akan dikerjakan oleh asisten Masashi Kishimoto, Mikio Ikemoto, dan ceritanya akan dikerjakan oleh Ukyo Kodachi, penulis seri light novel Naruto.

Baca Juga

Meskipun Masashi Kishimoto memberikan pengawasan ketat kepada alur cerita Boruto, tetapi cukup banyak fan yang memberikan kritik pada gaya gambar Mikio Ikemoto. Para fan merasa bahwa gaya gambar Ikemoto ini dirasa mengerikan dan aneh.

Tampaknya, hal ini disadari oleh Ikemoto. Dia pun sempat meminta maaf dalam sebuah interview bersama BFMTV, sebuah saluran televise prancis. Permintaan maafnya dia sampaikan bersamaan dengan jawaban ketika ditanyai: “Bagaimana pembuatan gambar Boruto? Apa hal paling sulit dalam pembuatan karakter ini dibandingkan Naruto?”

Begini jawaban Mikio Ikemoto:

“Saat pertama kali diserahi serialisasi Boruto, Kishimoto-san memberiku sebuah nasihat: ‘Lakukan sesukamu, tanpa harus membuatnya mirip atau memaksakan agar mirip dengan gaya gambar Naruto. Bahkan jika kamu mencobanya, manga ini tidak akan pernah mirip. Tidak ada gunanya memberimu seri ini jika kamu hanya meniru.

“Dengan kata lain, aku meminta maaf pada fan Naruto karena bukan Kishimoto-san yang menggambarnya. Tetapi, karena aku telah dipercayai untuk mengerjakan seri ini, aku berusaha untuk menghasilkan yang terbaik sambil mengikuti perasaanku dan bertanggung jawab terhadap apa yang telah aku buat.

“Karena alasan yang telah aku sebutkan itulah, aku tidak merasakan kesulitan apapun ketika membuat Boruto. Tetapi aku masih jauh dari kualitas gambar yang bisa membuatku puas, jadi aku masih berusaha untuk memberikan yang terbaik sesuai kemampuanku.”

Jadi begitulah, meskipun gaya gambarnya sangat berbeda dengan Kishimoto, tetapi kreator Naruto tersebut mempercayakan sepenuhnya Boruto pada Ikemoto. Ikemoto juga mengatakan bahwa meskipun Kishimoto tidak menggambar Boruto langsung, tetapi Kishimoto mengawasi pembuatan manga ini secara ketat—hal yang sama juga diucapkan oleh Ukyo Kodachi—dia bahkan sering memberikan koreksi dalam penggambaran Ikemoto.

Ikemoto juga sempat ditanyai mengenai adegan pembuka di serial Boruto yang memperlihatkan Boruto dewasa melawan Kawaki. Dia menjelaskan bahwa adegan tersebut merupakan ide Kishimoto. Tetapi, karena idenya keluar secara tiba-tiba, dia tidak sempat memikirkan desain yang bagus untuk Boruto dewasa. Jadi, ada kemungkinan desainnya akan berubah nanti.

Perubahan gaya gambar memang lumrah terjadi dalam lanjutan serial yang dikerjakan oleh mangaka berbeda. Meskipun fan tampaknya tidak setuju (pada awalnya atau bahkan selamanya), tetapi mangaka originalnya kebanyakan akan mengatakan hal yang sama penerusnya bahwa mereka harus menemukan dan menggunakan gaya gambar mereka sendiri tanpa terikat dengan seri originalnya.

Hal yang sama juga sempat dilontarkan oleh Akira Toriyama kepada Toyotaro ketika pertama kali mengerjakan Dragon Ball Super.

aplikasi terkait

NARUTO X BORUTO NINJA VOLTAGE

By BANDAI NAMCO Entertainment Inc.

4.5
starstarstarstarstar_half
Suka Boruto? Jangan ketinggalan game Boruto yang satu ini! Download dan mainkan gratis sekarang juga!

Menurutmu sendiri, bagaimana sih gaya gambar Mikio Ikemoto? Apakah kamu masih belum terbiasa melihat Boruto yang tidak digambar oleh Kishimoto? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya!

Sumber: SpirallingSphere


SHARE
Previous articleAkhirnya, Serial Anime Ultraman Akan Dibuat! Catat Tanggal Rilisnya!
Next articleBukan Goku, Inilah Super Saiyan Pertama yang Juga Menciptakan Legenda Super Saiyan God!

Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya).

Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.