Bukan Goku, Inilah Super Saiyan Pertama yang Juga Menciptakan Legenda Super Saiyan God!

Akira Toriyama jelaskan bagaimana seorang Saiya bisa menjadi Super Saiyan, legenda Super Saiyan God, dan bagaimana agar kita bisa menjadi sekuat bangsa Saiya!

Jika menilik cerita Dragon Ball, secara teknis, Goku adalah karakter pertama yang berubah menjadi Super Saiyan. Akan tetapi secara kronologis, ternyata manusia Saiya pertama yang berubah menjadi Super Saiyan bukanlah Goku, lho!

Baca Juga

Hal ini sebenarnya tidak begitu mengejutkan, mengingat Vegeta sendiri pernah mengatakan bahwa dulu dalam legenda sudah ada manusia Saiya yang menjadi Super Saiyan. Meskipun begitu, tentunya kita bertanya-tanya, siapa sih manusia Saiya pertama yang berhasil menjadi Super Saiyan tersebut? Lalu, dengan munculnya kisah Dragon Ball Super, adakah hubungannya dengan Super Saiyan God?

super saiyan god goku vegeta pertama asal mula
Super Saiyan God sendiri sampai saat ini terus berevolusi

Dalam sebuah wawancara bersama Akira Toriyama yang dirangkum dalam Saikyo Jump edisi Januari 2018 (rilis pada 1 Desember 2017), sang kreator menjelaskan tentang legenda Super Saiyan dan Super Saiyan God.

Saat itu, Toriyama ditanyai: Apakah Super Saiyan legendaris yang ditakuti oleh Frieza adalah Super Saiyan God yang muncul dalam Battle of Gods? Begini penjelasan dari Toriyama:

“Bisa dibilang, mereka orang yang sama (Super Saiyan pertama dan Super Saiyan God). Jauh sebelum planet Vegeta menjadi planet bagi bangsa Saiya, ada seseorang bernama Yamoshi yang berhati baik meskipun seorang Saiya.

“Dia dan kelima rekannya memulai pemberontakan, tetapi dia terdesak dan menjadi Super Saiyan untuk pertama kalinya. Perubahan dan gaya bertarungnya yang menakutkan membuat Saiya lainnya kalang kabut. Akan tetapi, karena kalah jumlah, Yamoshi akhirnya kecapaian dan kalah, tetapi ini hanyalah awal mula dari legendanya.

“Setelahnya, jiwa Yamoshi berkelana mencari enam Saiya berhati baik, mencari seorang penyelamat baru: Super Saiyan God.”

super saiyan god pertama yamoshi
Super Saiyan God pertama, Yamoshi, seperti yang dijelaskan oleh Shenlong dalam Battle of Gods

Jika kamu menonton Battle of Gods atau Dragon Ball Super, kamu pasti tahu kalau Goku berubah menjadi Super Saiyan God berkat sebuah ritual. Nah, penjelasan tentang ritual ini sendiri sebenarnya sudah dijelaskan dalam film/episode tersebut. Tetapi jawaban Toriyama di atas sepertinya memberi kita penjelasan yang lebih lengkap.

Selain itu, dijelaskan pula bahwa Beerus mendapatkan informasi mengenai jiwa Yamoshi dari dalam mimpinya. Bahkan legenda mengenai Yamoshi ini juga tercatat dalam buku Legenda Bangsa Namek yang ditulis oleh para tetua bangsa Namek yang simpati terhadap jiwa Yamoshi.

Interview bersama Akira Toriyama sendiri ditutup dengan pertanyaan: “Bagaimana caranya menjadi kuat seperti manusia Saiya?” yang mana dijawab oleh Toriyama sebagai berikut:

“Kurasa lebih baik jika kamu tidak menjadi manusia Saiya, tetapi jika kamu ingin maka langkah pertama adalah kamu harus bisa memakan apapun, lalu berlatih dengan petapa kura-kura. Jika tidak berhasil, kurasa kamu bisa mencoba mengumpulkan Dragon Ball dan memintanya kepada Shenlong.”

Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang Saiya?

Sumber: Kanzenshuu


SHARE
Previous articleMikio Ikemoto: “Maaf Karena yang Menggambar Boruto Bukanlah Masashi Kishimoto”
Next articleInilah 6 Antagonis Tercantik di Dunia Film! (Bagian Kedua)

Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya).

Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.