Waduh, Pokemon GO Diduga jadi Penyebab Utama Kecelakaan!

Game berbasis GPS yang sangat fenomenal ini sangat digandrungi oleh anak muda. Di balik keseruannya, game ini disebut sebagai penyebab utama kecelakaan!

 

Hadir pada Juli 2016, Pokemon GO merupakan game Augmented Reality yang berhasil menarik perhatian puluhan juta pemain. Dengan total download yang berhasil mencapai 100 juta kali, game ini berhasil menaiki tangga sebagai game paling populer seantero dunia.

Namun, dibalik kesuksesan ini, Pokemon GO diduga menjadi penyebab utama kecelakaan.

Menggunakan sistem GPS sebagai bantuan utama untuk menentukan lokasi pemain, game ini akan mengharuskan pemain untuk berjalan disekitar area untuk menemukan dan menangkap sejumlah pokemon.

Tentu, konsep yang diajukan oleh Niantic merupakan mimpi bagi para penggemar berat seri pengumpul monster, tetapi ada saja kejadian aneh yang terjadi berkat aplikasi ini.


CONTINUE READING BELOW

Masih Ingat? Ini 5 Tokoh Ikonik Masa Kecil yang Menemani Hari-Hari Kita!

Harus diakui juga, di era modern seperti saat ini belum ada yang bisa menyaingi popularitas kelima tokoh masa kecil ikonik ini.


Contohnya, pada Agustus 2016 yang lalu, tepatnya di Taipei, ribuan pemain tampak memenuhi jalan yang digunakan untuk kendaraan. Kejadian ini berhasil membuat jalanan tersebut macet. Penyebabnya? Sekumpulan pemain tersebut terdengar sedang berburu Snorlax, salah satu Pokemon yang langka.

Memang, kemacetan ini tidak berakhir pada kecelakaan, namun satu studi menjabarkan Pokemon GO merupakan salah satu penyebab utama dalam kecelakaan. Para peneliti di Universitas Purdue menemukan bahwa bermain Pokemon GO sembari berkendara bisa menyebabkan lebih dari 100,000 kecelakaan.

Judul studi yang dinamai “Death By Pokemon GO” didasari dari data kecelakaan lalu lintas yang difokuskan pada area Tippecanoe County di Indiana. Lebih tepatnya, para peneliti memeriksa jumlah kecelakaan yang terjadi disekitar area Pokestop sepanjang Maret 2015 hingga 30 November 2016. Hasil dari penelitian ini pun dirasa cukup menarik.

Dalam periode yang dicatat, terdapat peningkatan kecelakaan lalu lintas sebesar 26,5 persen pada area sekitar Pokestop. Dan lebih parahnya lagi, penyebab kecelakaan tersebut merupakan akibat dari lalai dalam berkendara. Ini tentu bukanlah kebetulan mengingat lokasi yang dicatat hanya berjarak total 100 meter dari Pokestop yang tercatat.

Dengan banyaknya kecelakaan-kecelakaan yang terjadi akibat sebuah game, diharapkan para pemain lebih dapat bertanggungjawab dalam bermain. Niantic bahkan telah mengingatkan pemain untuk berhati-hati melalui layar loading, namun peringatan ini tampaknya tidak dipedulikan oleh pemain. Kacau juga, ya?

Diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggiat simracing, bermimpi untuk melihat saat di mana simracing diakui sebagai esport yang wajib dibudidayakan pada tingkat nasional dan internasional.