Beberapa Faktor yang Menyebabkan Matinya Sebuah Franchise Game

Kira-kira, kenapa sih sebuah franchise game bisa mati? Ini nih, beberapa alasan yang menyebabkan matinya sebuah franchise game!

Bila membicarakan industri game tentu saja tidak ada habisnya karena semakin teknologi berkembang, akan ada banyak sekali game-game baru yang muncul sehingga ada beberapa franchise game yang terus berlanjut hingga saat ini, atau bahkan beberapa developer rela melakukan remake.

Tapi ternyata ada beberapa franchise game yang dulunya keren, dapat perhatian banyak dari gamer, dan untung banyak malah harus mengalami nasib nahas karena di seri terbarunya justru tidak laku.

Baca Juga

Karena tidak laku ini akhirnya developer harus menghentikan franchise game tersebut dan akhirnya game ini menghilang karena dilupakan oleh para gamer. Sebenarnya hal ini bukanlah hal yang baru, karena dari dulu hal ini kerap terjadi.

Ada beberapa faktor yang membuat matinya sebuah franchise, entah itu adalah faktor internal maupun eksternal, yang jelas salah satu faktornya adalah dunia perkembangan game yang dinamis sehingga menuntut developer terus kreatif untuk menciptakan game-game baru.


Nah, selain itu ada beberapa faktor lagi yang membuat matinya sebuah franchise game, mari kita ulas satu per satu!

5

Dunia Game itu Dinamis

matinya sebuah franchise assassins creed unity

Yang pertama membuat matinya sebuah franchise adalah dunia game itu sangat dinamis sehingga developer dituntut untuk terus berinovasi melalui kreatifitas mereka. Tapi tak jarang inovasi hasil developer yang dulunya diinginkan justru malah menjadi hal yang dibenci.

Cepatnya perubahan yang ada diindustri game benar-benar bisa menjadi berkah ataupun bencana. Kita bisa melihat contoh kecilnya ketika Ubisoft ngebet untuk segera meluncurkan Assassin’s Creed: Unity.

aplikasi terkait

SummonGate: Lost Memories

By jia qi xiong

2.5
starstarstar_halfstarstar
Dijamin, kalau suka anime, kamu pasti bakal ketagihan main ini! Penasaran kan? Langsung download saja, gratis kok!

Kala itu PS4 baru saja meluncur dan dengan antusias Ubisoft ingin segera meluncurkan seri Assassin’s Creed terbarunya. Alih-alih mendapatkan sambutan yang baik, justru Ubisoft malah mendapatkan kritik keras dan tajam.

Mungkin bila developer-nya bukan sekelas Ubisoft, Assassin’s Creed sebagai franchise akan langsung gulung tikar.

4

Inovasi Yang Berlebihan

Sebuah inovasi memang diperlukan, tapi bila inovasi yang dilakukan justru berlebihan mungkin saja itu akan menjadi hal yang kurang baik. Assassin’s Creed: Unity masih menjadi contoh dalam hal ini.

Ketika akan dirilis, Ubisoft menjanjikan bahwa suasana crowd dalam game itu akan sangat terasa karena mereka memunculkan banyak NPC dalam satu layar dan hasilnya banyak yang mengeluhkan drop FPS (frame per second).

Contoh lain adalah ketika dirilisnya Batman Arkham Knight yang mengharuskan kalian menyelesaikan seluruh misi Riddler hanya untuk mendapatkan ending yang sebenarnya.

Menurut saya sebagai gamer, itu hal yang berlebihan, mungkin bila ingin berinovasi dan membuat gameplay menjadi lebih lama, pihak developer bisa mengalihkannya kepada hal lain.

Lanjut ke halaman 2!

1
2

SHARE
Previous articleDr. Manhattan: Salah Satu Karakter Terkuat DC yang Pernah Ada?
Next articlePreview Anime One Piece Episode 817: Pudding yang Sebenarnya Terungkap!

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!