Bangga! Battle of Surabaya Raih Piala Film Animasi Terbaik di Milan!

battle of surabaya raih piala

Kabar baik untuk perfilman Indonesia! Film animasi Battle of Surabaya raih piala film animasi terbaik di Milan International Filmmaker Festival.

Kancah sinema Indonesia, terutama animasi ikut bangga karena Battle of Surabaya menorehkan prestasi di festival film internasional. Film animasi arahan Aryanto Yuniawan ini berhasil menjadi yang terbaik dengan mengalahkan enam film kompetitor dari berbagai negara.

Baca Juga

Milan International Filmmaker Festival ini merupakan bagian dari Film Festival International. Festival ini telah digelar di sejumlah kota-kota di Eropa, seperti London, Nice, Madrid, Amsterdam, hingga Milan. Sejak dimulai tahun 2006 lalu, festival ini fokus pada film-film independen dari seluruh dunia.

Dalam kesempatan penganugerahan tersebut, produser dari rumah produksi Battle of Surabaya, MSV Pictures berhalangan hadir. Penyerahan anugerah tersebut kemudian diwakili oleh Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Italia, Bashofi.

Bashofi mengaku sangat bangka film animasi dalam negeri berhasil meraih pengakuan di luar negeri. Ia mengatakan penghargaan ini akan memotivasi generasi yang lebih muda untuk terus memproduksi film-film berkualitas.

 

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Italia, Esti Andayani mengatakan raihan ini adalah bukti dari kemampuan animator-animator Indonesia. Menurutnya, penghargaan ini mencerminkan perkembangan industri animasi dalam negeri.

“Kembali terpilihnya Battle of Surabaya sebagai film animasi terbaik di kancah perfilman internasional membuktikan bahwa Indonesia pantas diperhitungkan sebagai animator kelas dunia,” kata Esti seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Review Knight Kris: Terasa Menonton Film Animasi yang Belum Selesai

Film animasi lokal Knight Kris sebenarnya menjanjikan, tapi plotnya tak selesai ketika filmnya berakhir. Simak dalam review Knight Kris berikut ini.
Baca Juga

Tayang tahun 2015 lalu, Battle of Surabaya menceritakan kisah seorang anak laki-laki ketika perang melawan Inggris di Surabaya pecah tahuun 1945. Film yang dilaporkan menghabiskan dana hingga Rp 70 miliar ini membawa pesan penting bahwa tidak ada yang diuntungkan dari peperangan.

Film animasi ini diisi suaranya oleh aktor populer Reza Rahadian sebagai Musa dan aktris multitalenta Maudy Ayunda sebagai Yumna.

aplikasi terkait

Letterboxd — Your life in film

By Letterboxd

starstarstarstarstar
Buat kamu yang suka nonton, wajib pakai aplikasi khusus moviegoers ini!

Sebelum Battle of Surabaya raih piala film animasi terbaik di Milan ini, sutradara Aryanto pernah mengungkapkan filmnya sempat dilirik oleh Disney. “Jika filmnya ingin ditayangkan di luar, Disney mau bahasa Inggris, seperti soundtrack dan nama-nama karakternya harus diubah,” ujarnya seperti dilansir Tempo.co.

Sumber: CNN Indonesia dan The Jakarta Post, diedit oleh Fachrul Razi