Kamu Harus Tahu! Ini Dia Deretan Grup K-pop Legendaris yang Gemilang di Generasinya!

Deretan grup K-pop legendaris yang berhasil membawa Korea menjadi salah satu budaya paling populer saat ini!

Kamu Harus Tahu! Ini Dia Deretan Grup K-pop Legendaris yang Gemilang di Generasinya!

Kamu Harus Tahu! Ini Dia Deretan Grup K-pop Legendaris yang Gemilang di Generasinya! sumber: kpopmap[/caption]

Dari sebelum tahun 2000an hingga sekarang, telah banyak bermunculan grup yang menghiasi dunia hiburan. Berikut ini grup K-pop legendaris yang gemilang di generasinya!

[duniaku_baca_juga]

Berbeda dengan era musik global yang kita ketahui, era musik K-pop dikenal dengan istilah generasi. Setiap generasi memiliki persepsi yang berbeda-beda, namun secara garis besar, generasi dibedakan berdasarkan dampak yang ditimbulkan oleh suatu grup K-pop tersebut pada zamannya.

[read_more id="352368"]

Nah, ini dia grup yang memiliki dampak besar terhadap perubahan musik K-pop hingga disebut sebagai grup K-pop legendaris.

[page_break no="1" title="Grup K-pop Legendaris Generasi Pertama, Sebelum Tahun 2000"]

Kamu Harus Tahu! Ini Dia Deretan Grup K-pop Legendaris yang Gemilang di Generasinya!

Nah, ini lah generasi yang berjasa dalam kebangkitan musik K-pop saat ini. Di tahun 90an, para grup K-pop harus bisa melakukan penjualan album fisik hanya dengan tampil di TV atau radio saja. Sehingga susah bagi mereka untuk dikenal oleh para fan mancanegara.

Para grup K-pop yang memberikan dampak besar di masa ini yaitu Shinhwa, H.O.T, S.E.S yang berasal dari agensi SM Entertaiment, Seo Taiji and Boys yang membernya merupakan CEO dari YG Entertaiment saat ini.

Selain itu ada G.O.D yang berasal dari agensi SidusHQ, TURBO yang salah satu membernya saat ini merupakan member Running Man Kim Jong Kook.

[page_break no="2" title="Grup K-pop Legendaris Generasi Kedua, Tahun 2001 hingga 2010"]

Kamu Harus Tahu! Ini Dia Deretan Grup K-pop Legendaris yang Gemilang di Generasinya!

Generasi kedua ini merupakan generasi dimana musik K-pop sudah mulai terdengar di mancanegara. Dimana masa ini disebut sebagai masa Hallyu Wave atau Korean Wave yaitu istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya K-pop secara global di berbagai negara di dunia.

Dimasa ini para grup K-pop melakukan promosi melalui radio, acara musik, reality show dan talk show. Barulah ditahun 2005 pertama kali YouTube dirilis, musik mereka dengan mudah didengarkan oleh para fan internasional. Meski belum terlalu luas karena kekuatan media sosial yang masih lemah namun generasi kedua digadang-gadang sebagai pembuka pintu Hallyu Wave.

Grup K-pop yang ada di generasi kedua adalah TVXQ, Super Junior, Shinee, SNSD yang berasal dari SM Entertaiment, BIGBANG dan 2NE1 yang berasal dari YG Entertaiment, Wonder Girls, 2PM, 2AM yang berasal dari JYP Entertaiment, CNBLUE yang berasal dari FNC Entertaiment dan masih banyak lagi.

[page_break no="3" title="Grup K-pop Legendaris Generasi Ketiga, tahun 2010 hingga saat ini"]

Kamu Harus Tahu! Ini Dia Deretan Grup K-pop Legendaris yang Gemilang di Generasinya!

Nah, ini dia masa dimana fandom war mulai dikenal. Karena perkembangan teknologi yang ada, para generasi ketiga ini dengan mudah hanya melanjutkan yang sudah dicapai oleh para generasi pertama dan kedua. Didukung oleh kekuatan media sosial dan internet membuat generasi ini  melakukan debut secara internasional dengan mudah.

Di generasi ini, grup K-pop banyak sekali yang mulai melakukan debut. Namun, beberapa nama grup K-pop yang dinilai sangat memiliki dampak besar yaitu EXO, Red Velvet, NCT dari SM Entertaiment, BTS dari Big Hit Entertaiment, Winner, Ikon dan Blackpink dari YG Entertaiment, Twice, GOT7, Miss A yang berasal dari JYP Entertaiment.

Selain itu berbagai agensi bermunculan membawa nama Monsta X, Seventeen, BTOB, Sistar, Exid dan masih banyak lagi.

[read_more id="351704"]

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU