Kamu Harus Tahu! Ini Dia Deretan Grup K-pop Legendaris yang Gemilang di Generasinya!

grup k-pop legendaris
sumber: kpopmap

Dari sebelum tahun 2000an hingga sekarang, telah banyak bermunculan grup yang menghiasi dunia hiburan. Berikut ini grup K-pop legendaris yang gemilang di generasinya!

Baca Juga

Berbeda dengan era musik global yang kita ketahui, era musik K-pop dikenal dengan istilah generasi. Setiap generasi memiliki persepsi yang berbeda-beda, namun secara garis besar, generasi dibedakan berdasarkan dampak yang ditimbulkan oleh suatu grup K-pop tersebut pada zamannya.

Ini Dia 6 Trainee Wanita Mix Nine Paling Cantik! Siapa Favoritmu?

Dari 170 trainee yang mengikuti acara survival Mix Nine, ini para trainee yang digadang-gadang akan menjadi trainee Mix Nine paling cantik. Ada jagoan kamu?
Baca Juga

Nah, ini dia grup yang memiliki dampak besar terhadap perubahan musik K-pop hingga disebut sebagai grup K-pop legendaris.

1

Grup K-pop Legendaris Generasi Pertama, Sebelum Tahun 2000

grup k-pop legendaris

Nah, ini lah generasi yang berjasa dalam kebangkitan musik K-pop saat ini. Di tahun 90an, para grup K-pop harus bisa melakukan penjualan album fisik hanya dengan tampil di TV atau radio saja. Sehingga susah bagi mereka untuk dikenal oleh para fan mancanegara.

aplikasi terkait

Music Idol!

By Coco Play

4.5
starstarstarstarstar_half
Di game Music Idoll: Coco Rock Star kamu bisa tampil gemilang dan jadi legendaris lho!

Para grup K-pop yang memberikan dampak besar di masa ini yaitu Shinhwa, H.O.T, S.E.S yang berasal dari agensi SM Entertaiment, Seo Taiji and Boys yang membernya merupakan CEO dari YG Entertaiment saat ini.

Selain itu ada G.O.D yang berasal dari agensi SidusHQ, TURBO yang salah satu membernya saat ini merupakan member Running Man Kim Jong Kook.

2

Grup K-pop Legendaris Generasi Kedua, Tahun 2001 hingga 2010

grup k-pop legendaris

Generasi kedua ini merupakan generasi dimana musik K-pop sudah mulai terdengar di mancanegara. Dimana masa ini disebut sebagai masa Hallyu Wave atau Korean Wave yaitu istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya K-pop secara global di berbagai negara di dunia.

Dimasa ini para grup K-pop melakukan promosi melalui radio, acara musik, reality show dan talk show. Barulah ditahun 2005 pertama kali YouTube dirilis, musik mereka dengan mudah didengarkan oleh para fan internasional. Meski belum terlalu luas karena kekuatan media sosial yang masih lemah namun generasi kedua digadang-gadang sebagai pembuka pintu Hallyu Wave.

Grup K-pop yang ada di generasi kedua adalah TVXQ, Super Junior, Shinee, SNSD yang berasal dari SM Entertaiment, BIGBANG dan 2NE1 yang berasal dari YG Entertaiment, Wonder Girls, 2PM, 2AM yang berasal dari JYP Entertaiment, CNBLUE yang berasal dari FNC Entertaiment dan masih banyak lagi.

3

Grup K-pop Legendaris Generasi Ketiga, tahun 2010 hingga saat ini

grup k-pop legendaris

Nah, ini dia masa dimana fandom war mulai dikenal. Karena perkembangan teknologi yang ada, para generasi ketiga ini dengan mudah hanya melanjutkan yang sudah dicapai oleh para generasi pertama dan kedua. Didukung oleh kekuatan media sosial dan internet membuat generasi ini  melakukan debut secara internasional dengan mudah.

Di generasi ini, grup K-pop banyak sekali yang mulai melakukan debut. Namun, beberapa nama grup K-pop yang dinilai sangat memiliki dampak besar yaitu EXO, Red Velvet, NCT dari SM Entertaiment, BTS dari Big Hit Entertaiment, Winner, Ikon dan Blackpink dari YG Entertaiment, Twice, GOT7, Miss A yang berasal dari JYP Entertaiment.

Selain itu berbagai agensi bermunculan membawa nama Monsta X, Seventeen, BTOB, Sistar, Exid dan masih banyak lagi.

Malu! Ini Dia 6 K-pop Idol yang Melakukan Kesalahan Saat Menyanyi

Idol juga manusia! Mungkin itu lah yang menggambarkan idol-idol yang melakukan kesalahan saat menyanyi. Mau tau siapa saja idol tersebut?
Baca Juga

Diedit oleh Fachrul Razi