Mengenal Sukea, Salah Satu Penyamaran Kakashi di Naruto hingga Boruto!

Gak semua orang tau Sukea itu Kakashi

Mengenal Sukea, Salah Satu Penyamaran Kakashi di Naruto hingga Boruto!

Kakashi Hatake dengan penampilan khasnya, yang selalu terlihat menutupi mulut, sudah sangat terkenal di dunia. Terutama karena dia pernah jadi Hokage Keenam.

Namun kalau Kakashi mau, dia bisa mendadak tak dikenali. Soalnya dia punya penyamaran, Sukea. Berhubung Kakashi jarang buka topeng di hadapan orang lain, banyak yang tak menyangka Sukea sebenarnya Kakashi.

Apa saja sih hal menarik soal Sukea? 

1. Soal identitas Sukea

Mengenal Sukea, Salah Satu Penyamaran Kakashi di Naruto hingga Boruto!crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Sukea pertama kali muncul di Naruto Shippuden episode 469. Dia memperkenalkan diri sebagai seorang jurnalis lepas, tapi sebelum itu dia adalah anggota divisi Anbu, sehingga dia bisa melakukan hal seperti membongkar kunci dengan mudah. 

Tentu saja, latar belakang itu sebenarnya petunjuk Sukea adalah Kakashi. 

Kakashi menggunakan penyamaran Sukea lagi di Boruto episode 35. Kali ini dia menggunakannya untuk menilai para murid Akademi, sebelum tiba saatnya ujian kelulusan.

Penyamaran ini lalu digunakan Kakashi lagi di episode 115 untuk mengawasi Tim 25. Hoki Taketori yang merupakan fan Kakashi saja tak mengenalinya. 

Baca Juga: 5 Ninja Kuat di Naruto yang Mati tapi Kondisi Mayatnya Tak Diketahui

2. Ulah pertama Sukea

Mengenal Sukea, Salah Satu Penyamaran Kakashi di Naruto hingga Boruto!crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Di episode 469, Tim 7 mencoba mencuri berkas Kakashi... bersama Kakashi sendiri.

Untuk yang tidak nonton episode 469, Sukea muncul saat Tim 7 berusaha untuk mencari tahu wajah sejati Kakashi. Sukea lalu menawarkan diri membantu Tim 7 untuk mencari wajah Kakashi.

Mengingat siapa itu Sukea, sebenarnya ini jelas-jelas berarti Tim 7 dikerjai habis-habisan sepanjang episode. Sukea yang membantu mereka dari awal sampai akhir, dan membuat mereka terjebak masalah, ternyata ya Kakashi sendiri.

Sama seperti kemunculannya di Boruto episode 35, Kakashi sebagai Sukea melakukan semua ini untuk ujian terselubung.

Di akhir episode, dia mengomentari kalau kerja sama dari Tim 7 sudah meningkat. Jadi dia diam-diam memperhatikan bagaimana trio Sakura-Sasuke-Naruto bertindak.

Kalau dipikir-pikir, sebenarnya Sukea di episode ini mengerjai penonton dan Tim 7 sekaligus. Tim 7 tidak tahu siapa dia, sementara penonton di dunia nyata tanpa sadar sedang mengamati aksi Kakashi tanpa topeng.

3. Cara Kakashi menyamar

Mengenal Sukea, Salah Satu Penyamaran Kakashi di Naruto hingga Boruto!crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Selain memakai semacam tempelan berwarna ungu, untuk menutupi bekas luka di matanya, Kakashi juga mengenakan lensa kontak yang warnanya kelabu. 

Kakashi juga mengubah suaranya, membuat ia semakin sulit dikenali. Rambut Sukea pun sebenarnya hanya wig. 

4. Penyamaran yang tidak diketahui oleh orang lain di Konoha?

Mengenal Sukea, Salah Satu Penyamaran Kakashi di Naruto hingga Boruto!crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Kecuali Kakashi membocorkan langsung kalau dirinya adalah Sukea, mungkin hanya sangat sedikit orang yang mengetahui siapa sebenarnya jurnalis itu.

Di episode 469, dari awal sampai akhir, tidak seorang pun tokoh yang muncul tampak mengenal siapa itu Sukea sebenarnya. Bahkan Might Guy sekalipun tidak langsung tahu kalau Sukea itu Kakashi. Guy hanya yakin saja kalau dia sudah pernah bertemu dengan Sukea sebelumnya.

Nah, Guy tidak tahu siapa itu Sukea membuat saya yakin kalau ini memang bukan penyamaran yang umum dikenal. Kakashi memang menyimpan jati dirinya yang satu ini, agar dirinya bisa bergerak bebas bila dibutuhkan, bahkan tak dideteksi oleh rivalnya sendiri. Ini pasti sisa kebiasannya sebagai mantan Anbu.

Di era Boruto sih, mungkin Naruto sebagai Hokage sudah tahu kalau Sukea adalah Kakashi. Selain Naruto, Kakashi jelas-jelas membuka penyamarannya di depan Iruka. Dari reaksi Iruka, tampaknya Iruka juga sudah mengetahui lama penyamaran Kakashi ini.

Untuk yang lain... Kakashi terlihat berjalan-jalan di Akademi Konoha tanpa dikenali oleh seorang pun. Bahkan Boruto pun tidak sadar dirinya sedang berinteraksi dengan mantan Hokage Keenam.

Kakashi juga tidak mengungkap identitasnya kepada Tim 25. 

Nah, itulah hal-hal menarik soal penyamaran Kakashi yang satu ini. Ada informasi menarik lain yang terlewat? Sampaikan saja di kolom komentar!

Diterbitkan pertama 26 November 2021, diterbitkan kembali 24 Desember 2023.

Baca Juga: 7 Fakta Ino Yamanaka, Salah Satu Ninja Sensor Terbaik di Naruto!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU