Kangen Gak Sama 5 Mainan Paling Booming Bagi Generasi 90-an Ini?

Generasi 90an menyimpan banyak cerita indah untuk dikenang, salah satunya mainan. Beberapa mainan saat itu bahkan menjadi mainan booming generasi 90an.

Kangen Gak Sama 5 Mainan Paling Booming Bagi Generasi 90-an Ini?

Kangen Gak Sama 5 Mainan Paling Booming Bagi Generasi 90-an Ini? Source: Beywiki[/caption]

Beberapa mainan booming tahun 90-an sepertinya benar-benar membuat anak-anak pada zaman tersebut lupa waktu. Bahkan beberapa permainan ini rutin dimainkan pada sore hari atau saat bulan puasa tiba.

Setelah sebelumnya sempat membahas soal lagu dan mitos yang terkenal bagi generasi 90-an, kali ini yang akan dibahas adalah mengenai mainan paling booming untuk generasi 90-an.

Mainan-mainan ini bahkan dulunya menghiasi hampir keseharian para anak-anak generasi 90-an. Maklum saja, dulu generasi 90-an tidak mengenal gadget seperti anak-anak sekarang. Karena tidak adanya gadget, maka generasi 90-an ini bermain mainan-mainan booming ini untuk mengisi hari.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2017/12/03/monster-menyeramkan-evil-within/" title="Inilah Daftar 5 Lagi Monster Menyeramkan di Evil Within!"]

Saking serunya mainan-mainan ini membuat para generasi 90an masih sering membahas atau istilah kerennya flashback untuk mengenang apa yang mereka lakukan saat masih kecil. Nah, sudah bisa ditebak kan pembahasan kita di artikel ini ke mana?

Kali ini Duniaku.net akan membahas soal mainan booming generasi 90-an. Kalian yang pernah merasakannya wajib sekali membaca artikel ini sampai habis. Hitung-hitung nostalgia juga!

[page_break no="1" title="Tamiya"]

Kangen Gak Sama 5 Mainan Paling Booming Bagi Generasi 90-an Ini? Source: HYPE & STUFF[/caption]

Mainan booming generasi 90-an pertama adalah tamiya. Ya, mainan yang berasal dari Jepang ini begitu hits pada zamannya. Semua anak-anak generasi 90-an pasti tahu dan setidaknya pernah satu kali memainkan permainan ini.

Tamiya merupakan sebuah permainan mobil yang materialnya rata-rata terbuat dari plastik dan harus dijalankannya di trek khusus yang terbuat dari plastik juga. Pada saat itu, tamiya benar-benar populer apalagi ketika sudah memasuki bulan puasa.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2017/11/19/bermain-tamiya/" title="Anak 90an Wajib Baca! Ini Dia Suka Dukanya Main Tamiya"]

Pada saat bulan puasa, lapak abang-abang Tamiya akan berkali-kali lipat lebih ramai dari hari biasa. Lapak si abang ini dipergunakan anak-anak untuk ngabuburit atau untuk menunggu waktu magrib tiba.

Salah satu yang membuat tamiya menjadi favorit anak-anak pada saat itu adalah karena mobil ini bisa dibongkar pasang dan kita bisa mendesainnya sesuka kita. Tidak hanya untuk ban dan roll saja, kita juga bisa membongkar dari mesin si tamiya itu sendiri atau kita menyebutnya dinamo.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2017/12/04/game-terbaik-di-playstation-2/" title="4 Game yang Punya Konsep Terbaik di PlayStation 2"]

Untuk membongkar pasang dinamo, kita diharuskan memiliki biaya yang lumayan banyak. Di zaman dulu, untuk membuat tamiya secepat kilat, minimal kita membutuhkan uang sebesar Rp100 ribu.

Dengan uang sebesar itu, kita bisa memilih benang dinamo yang bagus, angkur dinamo yang bagus, rumah dinamo yang bagus, dan juga metode kilik dinamo yang cepat. Orang dengan tamiya tercepat popularitasnya akan langsung naik di tempat abang-abang tamiya.

Hype tamiya semakin menjad-jadi ketika anime Lets & Go disiarkan di salah satu televisi stasiun swasta Indonesia.

[page_break no="2" title="Beyblade"]

Kangen Gak Sama 5 Mainan Paling Booming Bagi Generasi 90-an Ini? Source: Change.org[/caption]

Bila orang tua kita mengenal permainan bernama panggal, maka kita sebagai generasi 90-an mengenal permainan beyblade. Beyblade dan panggal kurang lebih memiliki kesamaan yakni sama-sama gangsing. Yang membedakan adalah media untuk memutar si gangsing tersebut.

Bila panggal menggunakan tali kain, maka beyblade menggunakan sebuah plastik yang menyerupai sebuah tali. Karena berbahan plastik sebagai media untuk memutar gangsing, maka tali beyblade cepat sekali rusak.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2017/11/24/game-dragon-ball-terbaik/" title="5 Game Dragon Ball Terbaik yang Pernah Dirilis! Ada yang Belum Kamu Coba?"]

Oiya, gangsing panggal sendiri terbuat dari kayu sedangkan gangsing beyblade terbuat dari plastik dan besi. Saat hadir di Indonesia, hype beyblade kurang lebih sama seperti tamiya.

Permainan beyblade begitu menjamur di mana-mana. Yang lebih booming adalah arena bermain dari beyblade itu sendiri. Ada yang menggunakan arena dari plastik dan ada juga yang menggunakan arena besi.

Ya, besi! Penggorengan ibu kita sering dijadikan arena untuk bermain beyblade. Alasannya simpel karena penggorengan ibu lebih tahan dan bila beyblade berbenturan dengan tepi penggorengan bisa memercikkan api.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2017/11/24/tokoh-masa-kecil/" title="Masih Ingat? Ini 5 Tokoh Ikonik Masa Kecil yang Menemani Hari-Hari Kita!"]

Gesekan keras antara besi beyblade dengan dinding penggorengan bisa langsung menimbulkan percikan api. Bagi anak-anak 90-an aksi ini merupakan aksi fenomenal karena persentase percikan api yang keluar cukup jarang.

Sama seperti tamiya, hype beyblade semakin menjadi-jadi ketika salah satu anime tentang permainan ini muncul di televisi swasta Indonesia pada hari Minggu pagi.

Mainan booming generasi 90-an apalagi ya yang masuk daftar selanjutnya? Simak halaman selanjutnya!

[page_break no="3" title="Crush Gear"]

Kangen Gak Sama 5 Mainan Paling Booming Bagi Generasi 90-an Ini? Source: Duniaku.net[/caption]

Tamiya dan beyblade belum cukup? Nih ada satu lagi mainan booming generasi 90-an yang tak kalah heboh. Ya, mainan itu adalah Crush Gear yang luar biasa booming dan sangat mendapatkan pengakuan dari generasi 90-an kala itu.

Bisa dibilang Crush Gear sama seperti tamiya, namun bedanya Crush Gear lebih lambat karena memang bukan didesain untuk balapan. Crush Gear justru dipergunakan untuk saling menghancurkan.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2017/11/23/bloody-roar-reboot/" title="3 Alasan Mengapa Harus Ada Bloody Roar Reboot di di PS4"]

Senjata yang bergerak di depan sebuah Crush Gear memiliki fungsi untuk mengalahkan lawan. Yang tidak enak dari Crush Gear adalah kustomisasinya terbatas dan tidak seluas tamiya.

Bila di tamiya, orang awam sekalipun bisa mengganti dari ban hingga dinamo. Bila di Crush Gear, paling kita hanya bisa mengganti senjata dan rodanya saja sedangkan sisanya dibiarkan default.

Sama seperti tamiya dan beyblade, Crush Gear juga terinspirasi dari anime loh. Animenya pun dulu sering mondar mandir di layar kaca Indonesia bahkan menjadi salah satu anime yang paling ditunggu kehadirannya. Karena popularitasnya, Crush Gear jadi salah satu mainan booming generasi 90an.

[page_break no="4" title="Main Karet"]

Kangen Gak Sama 5 Mainan Paling Booming Bagi Generasi 90-an Ini? Source: Merahputih.com[/caption]

Permainan Karet gelang merupakan salah satu mainan booming generasi 90-an. Karet yang kecil-kecil ini disatukan hingga menjadi panjang dan kemudian digunakan untuk dimainkan. Permainannya sederhana, karet yang panjang ini dibentangkan oleh dua orang dan kemudian seorang anak diharuskan untuk melompati karet yang dibentangkan ini.

Bisa dibilang, untuk bermain permainan ini dibutuhkan tiga orang atau lebih agar semakin semarak. Yang semakin gila adalah karet yang dibentangkan ini akan semakin tinggi bila sang pelompat selalu sukses melewatinya.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2017/11/23/karakter-wanita-terkuat-di-dunia-game/" title="Daftar 5 Karakter Wanita Paling Tangguh di Dunia Game, Siapa Saja Mereka?"]

Permainan ini rata-rata digunakan untuk anak-anak perempuan karena tubuhnya lebih lentur dari anak laki-laki. Di sekolah, saat istirahat pelajaran biasanya para perempuan akan menunjukkan kemampuan mereka memainkan permainan ini.

Percayalah bahwa permainan ini tidak segampang kelihatannya. Selain dibutuhkan tubuh yang lentur, keberanian dan mental sudah pasti dibutuhkan untuk bermain permainan ini. Sangat disayangkan mainan ini harus mengalami penurunan popularitas di era modern seperti saat ini.

[page_break no="5" title="Tamagotchi"]

Kangen Gak Sama 5 Mainan Paling Booming Bagi Generasi 90-an Ini? Source: The Scene[/caption]

Nah, ini dia satu lagi mainan booming generasi 90-an selanjutnya, Tamagotchi. Permainan ini cukup simpel namun dipastikan membuat nagih. Di Tamagotchi, kita akan disuguhkan dengan hewan virtual yang harus dirawat.

Hewan ini akan berasal dari telur dan nanti kemudian akan semakin besar. Kita wajib memberikan dan memperhatikan hewan virtual ini, karena jika tidak, maka hewan yang kita punya akan mati.

Seiring dengan berkembangnya permainan ini, bukan hanya hewan saja yang dirawat melainkan juga ada Digimon atau masih banyak lagi. Meskipun bisa membuat pemainnya kecanduan, namun bisa dibilang Tamagotchi merupakan salah satu mainan yang brilian.

Pada zamannya, dipastikan hampir semua anak memiliki permainan ikonik ini. Bahkan terkadang mereka akan membawanya ke sekolahan dengan catatan harus sembunyi-sembunyi dari guru.


Nah, mungkin itulah lima mainan booming generasi 90an. Sebenarnya masih banyak lagi permainan yang lain dan bila memungkinkan kita akan kembali membahasnya lain waktu. Oiya, kira-kira kalian pernah main yang mana?

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU