Benarkah The Last Jedi Sudah Menjawab Misteri Siapa Orang Tua Rey?

Dua tahun menunggu pasca The Force Awakens, apakah jawaban mengenai misteri orang tua Rey sudah dijawab (dengan benar) di The Last Jedi? Berikut teorinya. Awas SPOILER!

Benarkah The Last Jedi Sudah Menjawab Misteri Siapa Orang Tua Rey?

Benarkah The Last Jedi Sudah Menjawab Misteri Siapa Orang Tua Rey?

Setelah dua tahun menunggu, apakah apa yang disampaikan dalam The Last Jedi mengenai siapa orang tua Rey adalah benar?

Sebelum The Last Jedi tayang, banyak spekulasi bermunculan mengenai siapa orang tua dari Rey. Yap, dengan kekuatan Force luar biasa yang dimiliki (bahkan bisa menandingi Kylo Ren di The Force Awakens), banyak fans yang menduga bahwa Rey bukanlah keturunan dari orang biasa.

[duniaku_baca_juga]

Ada yang berspekulasi bahwa Rey adalah keturunan dari Luke. Ada yang berteori bahwa Rey adalah saudari Ben Solo aka Kylo Ren. Ada yang bilang bahwa Rey adalah keturunan dari Obi Wan Kenobi.

Namun, mana spekulasi yang benar?

Oiya, sebelumnya penulis ingin menyampaikan bahwa artikel ini SANGAT-SANGAT mengandung SPOILER. Jadi yang belum sempat menonton dan ingin tetap masuk bioskop dengan pikiran yang "jernih", penulis sarankan agar segera menutup artikel ini dan membaca artikel kami yang lain. Hehehe.

SPOILER ALERT

Benarkah The Last Jedi Sudah Menjawab Misteri Siapa Orang Tua Rey?

Benarkah The Last Jedi sudah menjawab pertanyaan tentang siapa orang tua dari Rey? Mungkin kamu sedikit mempertanyakan judul di atas. Lho, bukannya siapa misteri orang tua Rey sudah terjawab?

Yap, setelah dua tahun menunggu pasca The Force Awakens, akhirnya kita sudah mengetahui siapa orang tua Rey sebenarnya.

Rey bukanlah siapa-siapa, seperti yang dibeberkan oleh Kylo Ren. Kylo Ren menyebutkan bahwa Rey hanyalah putri dari pasangan miskin yang menjualnya di Jakku demi mendapatkan uang untuk bermabuk-mabukan. Rey pun setuju dengan Kylo Ren, yang diikuti dengan tangisan.

[read_more id="235564"]

Seperti yang kita tahu, dalam adegan sebelumnya di Mirror Cave pulau Ahch-To, Rey mencoba untuk mencari tahu siapa orang tuanya. Dan karena Kylo Ren dan Rey terhubung dengan Force, Kylo Ren pun juga melihat apa yang dilihat oleh Rey.

Dan pencarian tersebut berakhir dengan melihat wajahnya sendiri di Mirror Cave tersebut. Tidak terlihat siapa orang tuanya.

Lalu, apakah memang benar Rey hanya keturunan orang biasa?

Teori pertama

Benarkah The Last Jedi Sudah Menjawab Misteri Siapa Orang Tua Rey?

Memang benar, Rey bukan siapa-siapa seperti yang sudah disampaikan dengan jelas di film. Bahwa Rey tidak bisa melihat siapa orang tuanya saat di Mirror Cave dan apa yang dikatakan oleh Kylo Ren, adalah bukti nyata bahwa Rey bukan keturunan Skywalker atau Kenobi, atau siapapun karakter yang selama ini kita kenal.

Hal ini pun sempat dikonfirmasi oleh sang sutradara, Rian Johnson. "Pada momen itu, bagi saya Kylo percaya bahwa apa yang dilihatnya adalah benar," ungkap Johnson seperti dikutip dari EW. "Saya tidak berpikir bahwa Kylo sedang mempengaruhi Rey. Apa yang dilihatnya, itulah yang dipercayainya. Dan saat Kylo mengatakan itu kepada Rey, Rey pun juga mempercayai hal itu," lanjut Johnson.

Benarkah The Last Jedi Sudah Menjawab Misteri Siapa Orang Tua Rey?

Jika memang benar seperti itu, maka bisa dibilang Johnson sudah mulai untuk menyiapkan fondasi bagi trilogi selanjutnya. Bahwa Star Wars bukan cuma milik keturunan Skywalker saja, dan masih banyak manusia di galaksi yang bisa memiliki Force seperti Rey dan layak mendapatkan porsi lebih di film. Force yang masih "mentah", bukan light side ataupun jatuh ke dark side.

Bahkan bisa jadi Finn dan Poe pun begitu. Orang tua mereka juga bukan siapa-siapa. Hanya karakter baru yang siap dieksplorasi, untuk menggantikan karakter-karakter lama yang mungkin sudah lewat masanya.

Dan sepertinya, Johnson sudah mengirimkan "pesan" untuk itu. Ingat dengan adegan ending di mana ada anak kecil yang bisa mengambil sapu dengan menggunakan Force di Canto Bight. Yap, dia juga bukan siapa-siapa (setidaknya sampai sekarang kita masih belum tahu asal usulnya). Yang kita tahu, dia adalah anak yang membantu Finn dan Rose untuk kabur saat di Canto Bight.

Dia punya Force, dan layak untuk menjadi karakter utama di seri-seri selanjutnya. Menjadi murid dari Rey mungkin? Tentu kita harus menunggu Episode IX untuk tahu kelanjutannya.

Tapi apakah itu semua benar? Bagaimana dengan kemungkinan lainnya? Buka halaman 2!

Bagaimana dengan teori kedua?

Benarkah The Last Jedi Sudah Menjawab Misteri Siapa Orang Tua Rey?

Mengesampingkan apa yang terjadi di film dan juga perkataan dari Johnson, bisa jadi Rey adalah "siapa-siapa". Bukti nyatanya adalah bagaimana dia dan Kylo Ren bisa terhubung dengan baik menggunakan Force (bahkan sampai bersentuhan, meskipun berada di tempat berbeda).

[duniaku_baca_juga]

Ikatan Force yang kuat biasanya terjadi antara dua orang yang memiliki hubungan yang sangat dekat. Entah itu master dengan murid, atau satu saudara seperti Luke dan Leia (ingat adegan saat proyeksi Luke bertemu Leia sebelum Luke menghadapi Kylo Ren di Crait?). Nah yang jadi masalah adalah Kylo Ren dan Rey (sampai saat ini) diketahui tidak memiliki hubungan apa-apa.

Bagaimana bisa tidak ada hubungan apa-apa, tapi bisa terhubung dengan Force? Memang Snoke sempat mengungkapkan bahwa dirinyalah yang menjadi "dalang" di balik hubungan Force tersebut. Akan tetapi, bagaimana jika itu hanya merupakan tipu daya Snoke?

Benarkah The Last Jedi Sudah Menjawab Misteri Siapa Orang Tua Rey?

Jika mengacu kepada teori kedua ini, spekulasi bahwa Kylo Ren dan Rey bersaudara lebih memungkinkan dibandingkan Master dengan murid. Mungkin Rey sudah dipisahkan sejak diketahui bahwa Ben Solo sudah diliputi dark side dan menjadi Kylo Ren. Tujuannya, agar Rey tidak terjatuh ke lubang yang sama (Rey pun memiliki Force "mentah" yang sama besarnya dengan Kylo Ren bukan?).

Teori kedua ini pun cocok dengan salah satu kisah dari expanded universe, yang mengisahkan bahwa Han dan Leia memiliki dua anak, Jacen dan Jaina. Keduanya dilatih oleh Luke di akademinya. Sayang, Jacen jatuh ke dark side dan menjadi Darth Caedus. Mirip dengan kisah Ben Solo bukan?

Benarkah The Last Jedi Sudah Menjawab Misteri Siapa Orang Tua Rey?

Atau mungkin, keduanya awalnya merupakan saudara seperguruan. Sama-sama dilatih oleh Luke sebelum akademi Jedi-nya terbakar habis. Rey kecil diselamatkan oleh Luke, dititipkan ke seseorang yang lantas membawanya ke Jakku.

[read_more id="355444"]

Mana teori yang benar? Untuk saat ini tentu kita harus menerima apa yang dikisahkan dalam film alias teori pertama. Bahwa Rey, Kylo Ren, Finn dan Poe adalah generasi baru yang disiapkan untuk trilogi sebelumnya. Dan selain Kylo Ren, tiga karakter lain adalah karakter yang benar-benar baru, bukan keturunan siapa-siapa.

Apakah di Episode IX kita akan disajikan twist yang lebih menarik? Siapa tahu!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU