10 Fakta Flashpoint The Flash, Awal Masalah Timeline DC!

Niat baik Barry Allen yang menjadi awal masalah!

10 Fakta Flashpoint The Flash, Awal Masalah Timeline DC!

Flashpoint adalah sebuah peristiwa di mana Barry Allen melakukan perjalanan waktu kembali ke masa lalu untuk menyelamatkan ibunya dari pembunuhan yang akan dilakukan oleh Reverse Flash.

Event ini Ditulis oleh Geoff Johns untuk memulai seri komik DC The New 52. Dengan menyelamatkan ibunya dari pembunuhan Itu, Barry sudah mengubah sebuah sejarah, dan membuat realita yang sebenarnya jadi hancur.

Apa saja yang terjadi setelah peristiwa perjalanan waktu itu? Yuk Simak 10 fakta Flashpoint The Flash yang menarik untuk kamu ketahui berikut ini.

1. Barry Allen melihat ibunya hidup kembali

10 Fakta Flashpoint The Flash, Awal Masalah Timeline DC!Ibu Barry Allen (Dok. DC Comics / The Flash)

Awal cerita dimulai saat Barry terbangun dari tidurnya. Barry terbangun di Central City Police Department dan mendapati bahwa ibunya masih hidup. Barry bingung dengan keadaan yang terjadi, bagaimana bisa ibunya masih hidup?

Saat Itu Barry juga kehilangan cincinnya yang berisi kostum The Flash. Barry bahkan kehilangan hubungan dengan speed force hingga tak bisa bergerak cepat.

Barry yang senang bertemu dengan ibunya, bertanya kepada ibunya di mana ayahnya. Ibunya menjawab dengan kebingungan kenapa Barry memberikan pertanyaan yang sangat aneh, padahal ayahnya sudah meninggal 3 tahun lalu karena serangan jantung.

2. Iris West tidak mengenali Barry Allen

10 Fakta Flashpoint The Flash, Awal Masalah Timeline DC!DC Comics

Mulai menyadari ada yang aneh, Barry memberitahu bahwa dia adalah The Flash.

Ibunya semakin bingung dengan Barry, ibunya tidak mengetahui The Flash itu apa atau siapa. Ibunya juga tidak mengetahui Superman dan Justice League. Terakhir Barry bertanya kepada ibunya "Bagaimana dengan Batman?" Untuk yang ini ibunya menjawab "Ya tentu saja, aku mengetahui Batman".

Barry mencoba mencari jawaban dengan keadaan yang aneh ini dengan menghampiri Iris. Namun nyatanya saat bertemu dengan Iris, Barry melihat Iris sudah mempunyai kekasih, bahkan Iris tidak mengenali Barry. Pilihan ke-2 Barry adalah bertemu dengan Batman, orang yang menurut Barry bisa menjawab semua keanehan yang dia alami.

3. Bertemu Batman, tapi bukan Bruce Wayne

10 Fakta Flashpoint The Flash, Awal Masalah Timeline DC!DC Comics

Setelah sampai di Batcave, Barry melihat keadaan Batcave yang berantakan, tidak seperti Batcave yang biasa dia lihat. Saat sedang melihat lihat Batcave, tiba-tiba Barry diserang oleh Batman.

Batman bertanya kepada Barry "Siapa kamu?" Barry menjawab, "Ini aku, Barry Allen, Bruce. Aku tahu siapa nama kamu yang sebenarnya." Batman menjawab dengan bingung "Bruce? Bruce sudah mati." Tidak lama kemudian Barry mulai menyadari bahwa sosok di balik jubah Batman ini bukan Bruce Wayne, melainkan Thomas Wayne, ayah Bruce Wayne.

Thomas terus-terusan memukuli Barry di saat Barry sedang mencoba meyakinkan Thomas bahwa dia tidak berbohong. Saat dipukuli tiba-tiba Barry merasa kesakitan di kepalanya, Barry seperti ingat sesuatu dan tiba-tiba ingatan itu hilang.

Ya, ingatan Barry tentang dirinya yang dulu mulai menghilang. Ingatannya mulai berubah menjadi realita yang sekarang.

4. Barry Allen sendiri yang mengubah sejarah dengan melakukan Flashpoint, bukan Reverse Flash!

10 Fakta Flashpoint The Flash, Awal Masalah Timeline DC!Reverse Flash (Dok. DC Comics / The Flash)

Barry terus mencoba meyakinkan Thomas bahwa dia adalah The Flash, The Fastest Man Alive. Thomas mulai percaya dengan Barry, lalu Barry menunjukan ke Thomas kostum yang ada di dalam cincinnya.

Saat dikeluarkan, ternyata jubah yang keluar adalah kostum Reverse Flash. Barry mulai menyadari bahwa semua ini adalah perbuatan Reverse Flash yang mengubah sejarah, padahal sebenarnya semua ini adalah perbuatan Barry Allen sendiri.

5. Berusaha kembali jadi The Flash dengan bantuan Thomas Wayne

10 Fakta Flashpoint The Flash, Awal Masalah Timeline DC!Dok. DC Comics / The Flash

Barry meminta tolong kepada Thomas, dia harus mengubahnya kembali menjadi The Flash. Thomas bersedia menolong Barry, asalkan dunia di mana Bruce masih hidup bisa kembali. Akhirnya Barry membuat sebuah alat berbentuk bangku yang sudah dilengkapi dengan bahan-bahan kimia yang dibuatnya.

Tugas Thomas hanya perlu menyalakan alat tersebut. Setelah alat tersebut menyala, Barry tersambar petir bersamaan dengan alat itu, tapi kenyataannya tubuh Barry malah terpanggang. Barry meminta dipindahkan ke lokasi yang mempunyai petir yang lebih kuat. Di percobaan kedua, Barry berhasil kembali menjadi The Flash.

6. Dunia di realita Flashpoint sangat kacau

10 Fakta Flashpoint The Flash, Awal Masalah Timeline DC!Perang di Dunia Flashpoint (Dok. DC Comics/The Flash)

Di realita Flashpoint, dunia sangat kacau, di mana sedang terjadi perang antara Atlantis dan Amazon. Atlantis yang dipimpin oleh Aquaman, dan Amazon yang dipimpin oleh Wonder Woman.

Dengan perang yang terjadi dan semakin luas, Cyborg mencoba mengumpulkan metahuman yang masih tersisa di bumi untuk menghentikan peperangan antara Atlantis dan Amazon. Batman, Cyborg dan The Flash mengumpulkan para meta human dimulai dengan Superman.

Namun kenyataannya tidak seperti yang dipikirkan. Superman sudah menjadi bahan percobaan pemerintah semenjak dia mendarat di bumi, sehingga Superman bingung ketika bertemu Cyborg, Batman, The Flash. Superman sangat merasa asing dengan dunia luar dan tidak berdaya.

Untuk keluar dari fasilitas percobaan Superman, mereka semua harus melewati pasukan penjaga. Saat mereka mencoba melarikan diri, secara tidak sengaja Superman membunuh para penjaga tersebut. Superman yang menyesal, langsung melarikan diri.

Cyborg, Batman dan The Flash mengumpulkan metahuman lainnya yang tersisa seperti The Shazam Kid/Captain Thunder, Element Woman, Enchantress dan lainnya. Mereka semua bertarung dengan pasukan Amazon dan Atlantis dibantu dengan pasukan The Resistance yang dipimpin oleh Grifter.

Sayangnya di tengah-tengah peperangan Enchantress berkhianat dengan berpihak ke Amazon, penghianatan Enchantress berujung dengan pembunuhan Billy Batson.

7. Flashpoint membuat Reverse Flash hampir membunuh Barry Allen

10 Fakta Flashpoint The Flash, Awal Masalah Timeline DC!Reverse Flash (DC Comics/ Reverse Flash)

Di saat peperangan terjadi, tiba-tiba Reverse Flash muncul di hadapan The Flash. The Flash langsung menyalahkan Reverse Flash dengan semua yang terjadi. Reverse Flash sambil tertawa langsung memberitahu The Flash bahwa semua ini bukan kesalahannya, melainkan kesalahan The Flash sendiri, karena menyelamatkan ibunya dari malam pembunuhan Itu.

Reverse Flash sangat senang dengan Flashpoint, karena efek dari Flashpoint terhadap dirinya membuatnya telah menghilang dari sejarah, keberadaannya sudah terhapus dari timeline.

Dengan terhapusnya Reverse Flash dari timeline, Reverse Flash dapat membunuh The Flash, sesuatu yang Reverse Flash tidak pernah bisa lakukan sebelumnya karena jika dia membunuh The Flash, dirinya pun juga tidak akan pernah muncul di dunia karena sumber kekuatan Reverse Flash adalah Barry Allen.

8. Barry Allen berhasil mencegah Flashpoint di masa lalu

10 Fakta Flashpoint The Flash, Awal Masalah Timeline DC!Dok. IMDB

Saat Reverse Flash akan membunuh The Flash, tiba-tiba Reverse Flash ditusuk dari belakang oleh Batman. Setelah itu Batman menyuruh The Flash untuk kembali ke masa lalu, mencegah The Flash yang dari masa lalu untuk menyelamatkan ibunya.

Bertemulah kedua The Flash tersebut di dalam speed force: yang satu The Flash sebelum Flashpoint, dan yang satu lagi The Flash setelah Flashpoint. The Flash setelah Flashpoint berhasil mencegah The Flash sebelum Flashpoint untuk menyelamatkan ibunya.

Setelah berhasil mencegah Flashpoint. Barry melihat 3 timeline di dalam speed force, 3 timeline tersebut adalah DC New Earth, DC Vertigo, dan DC Wildstorm.

9. Flashpoint membuat beberapa ingatan Barry terhapus

10 Fakta Flashpoint The Flash, Awal Masalah Timeline DC!Barry kehilangan ingatan (Dok. DC Comics/The Flash)

Semua universe ini akan tergabung menjadi satu universe yaitu The New 52/Prime Earth. The Flash yang menyebabkan Flashpoint adalah The Flash Pre-New 52. The Flash Pre-new 52 mempunyai realitanya sendiri, termasuk memori tentang keluarganya, salah satunya adalah Wally West kulit Putih.

Setelah Flashpoint, beberapa ingatan Barry Allen terhapus. Barry tidak terlalu ingat dengan semua yang terjadi saat Flashpoint dan sebelum Flashpoint. Hanya sebagian memori saja yang Barry ingat, salah satunya adalah surat dari Thomas Wayne untuk Bruce Wayne.

Universe sudah berubah, menjadi The New 52, dengan realita yang berbeda dan tidak ada yang menyadari akan hal Itu. Di sinilah komik DC The New 52 mulai.

Setelah komik The New 52 selesai, muncullah komik DC Rebirth. Di sini beberapa karakter sebelum Flashpoint kembali muncul, seperti Superman sebelum Flashpoint, Wally West sebelum Flashpoint, Joker menjadi 3 dan karakter-karakter DC yang lainnya. Universe-universe DC yang dulu sampai sekarang seperti tumpah tindih menjadi satu.

10. Wally West terjebak di speed force

10 Fakta Flashpoint The Flash, Awal Masalah Timeline DC!dok. DC Comics

Wally West kulit putih yang menghilang selama The New 52 kembali di komik Rebirth untuk memberitahu semua orang bahwa ada sesuatu yang mengubah timeline setelah Flashpoint, sehingga dirinya menghilang dan dilupakan.

Wally terjebak di speed force selama The New 52 dan Wally percaya bahwa ada seseorang yang telah mengambil waktu selama 10 tahun setelah Flashpoint. Namun seseorang yang telah mencuri 10 tahun dari timeline masih sebuah tanda tanya.

Misteri tentang Flashpoint ini pun mulai terungkap dengan rilisnya komik Doomsday Clock. Sepertinya seseorang dibalik kekacauan Universe ini sudah mulai terungkap dan diprediksi orang tersebut adalah Dr. Manhattan

Jadi, gimana menurut kalian? Flashpoint benar-benar mempunyai efek yang begitu besar kepada Universe dan keseluruhan cerita DC Comics. Sampaikan pendapat kalian tentang Flashpoint di kolom komentar ya!

Artikel pertama terbit tanggal 20 Desember 2017 dirilis ulang tanggal 15 Juni 2023.

Baca Juga: Review The Flash, Pembukaan Multiverse Versi DC

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU