Gila! Ini Dia 15 Game Termahal yang Pernah Dibuat!

Demi memberikan pengalaman game terbaik untuk pemainnya, developer atau publisher game rela merogoh kocek dalam-dalam untuk produksi game mereka lho! Ada game favorit kamu ga di list ini?

Gila! Ini Dia 15 Game Termahal yang Pernah Dibuat!

Gila! Ini Dia 15 Game Termahal yang Pernah Dibuat! Sumber: Steam[/caption]

Menjadi salah satu industri yang menjanjikan dan bisa menghasilkan keuntungan yang besar, ini dia 15 produksi game termahal yang pernah dibuat! Ada game favorit kamu ga?

[duniaku_baca_juga]

[page_break no="15" title="THE WITCHER 3: WILD HUNT"]

Gila! Ini Dia 15 Game Termahal yang Pernah Dibuat!

The Witcher 3: Wild Hunt dianggap oleh banyak fan sebagai salah satu game open world action adventure terbaik yang pernah diciptakan sejauh ini.

[read_more id="355728"]

Game yang dikembangkan oleh studio terbesa di Eropa Timur, CD Projekt RED dan diterbitkan oleh CD Project ini telah menghabiskan biaya produksi game sebesar USD46 juta (sekitar Rp624 miliar) dan biaya pemasaran sebesar USD35 juta (sekitar Rp475 miliar) atau total USD81 juta (sekitar Rp1,09 triliun).

[page_break no="14" title="TOMB RAIDER (2013)"]

Gila! Ini Dia 15 Game Termahal yang Pernah Dibuat!

Inkarnasi Tomb Raider 2013 ini merupakan gebrakan besar dari pengembang Crystal Dynamics, di mana mereka mengenalkan gameplay open world yang lebih terbuka dan terbukti sukses setelah mendapatkan banyak pujian dari fan Tomb Rider.

Tomb Raider 2013 ini telah menghabiskan produksi game total sebesar USD100 juta (sekitar Rp1,35 triliun).

[page_break no="13" title="DISNEY INFINITY"]

Gila! Ini Dia 15 Game Termahal yang Pernah Dibuat!

Disney Infinity merupakan salah satu produk andalan Disney yang diharapkan bisa menggebrak pasar game.

Game ini diluncurkan pada tahun 2013 dan merupakan sebuah game action adventure sandbox yang memungkinkan pemain (mayoritas anak-anak) untuk membeli figure dari karakter Disney yang terkenal seperti Mr Incredible dan Mike Wazowksi yang memiliki mode cerita baru, berbagai bonus dan item koleksi.

[read_more id="353561"]

Game ini dikembangkan oleh Avalanche Studios dan untuk platform 3DS dikembangkan oleh Altron, sementara penerbitannya diurus sendiri oleh Disney sendiri. Total biaya produksi game ini adalah USD100 juta (sekitar Rp1,35 triliun) dan menjadi game Disney paling mahal yang pernah dikembangkan sepanjang sejarah franchise mereka.

[page_break no="12" title="DEADPOOL"]

Gila! Ini Dia 15 Game Termahal yang Pernah Dibuat! Sumber: GameSpot[/caption]

Salah satu hal yang menarik dari game Deadpool adalah, ternyata game ini telah dibuat tiga tahun sebelum filmnya sukses secara komersial dengan nama yang sama.

Deadpool sering disebut-sebut sebagai anti hero Marvel yang populer, karena karakter ini tidak memiliki sifat layaknya jagoan Marvel lainnya. Malah bisa dikatakan karakter Deadpool sangat nyeleneh dan kocak.

[read_more id="353254"]

Game ini mendapatkan banyak pujian atas karakter protagonisnya, namun banyak pengamat game juga berpendapat bahwa gameplay Deadpool terbatas dan game ini juga tersandung masalah perizinan dengan Marvel, yang membuatnya harus dihapus dari toko online atau retail beberapa kali.

Total biaya produksi game Deadpool diperkirakan mencapai USD100 juta (sekitar Rp1,35 triliun).

[page_break no="11" title="BATTLEFIELD 4"]

Gila! Ini Dia 15 Game Termahal yang Pernah Dibuat!

Game FPS yang dikembangkan oleh EA DICE dan diterbitkan oleh Electronic Arts ini telah sukses terjual lebih dari 7 juta kopi lho! Total produksi game Battlefield 4 mencapai USD100 juta (sekitar Rp1,35 triliun), namun dengan beberapa skema monetisasi seperti DLC dan Microtransaction, maka tak heran jika game ini pastinya telah meraup keuntungan yang sangat besar!

[read_more id="355491"]

Masih ada 10 game yang telah menghabiskan dana besar saat memproduksi gamenya! Apa saja? Yuk buka halaman 2.

[page_break no="10" title="RED DEAD REDEMPTION"]

Gila! Ini Dia 15 Game Termahal yang Pernah Dibuat!

Red Dead Redemption adalah game action adventure populer bertema Wild West (koboi) yang dikembangkan oleh Rockstar San Diego dan diterbitkan oleh Rockstar Games yang pertama kalinya bisa dimainkan untuk platform PS3 dan Xbox 360.

[read_more id="355002"]

Biaya produksi game ini sekitar USD100 juta (sekitar Rp1,35 triliun). Sayangnya saat berita ini ditulis, kami tidak tahu berapa biaya pemasarannya.

[page_break no="9" title="APB: ALL POINTS BULLETIN"]

Gila! Ini Dia 15 Game Termahal yang Pernah Dibuat! Sumber: Gamersfirst[/caption]

APB adalah game open world multiplayer yang dikembangkan oleh Realtime Worlds dan diterbitkan oleh Electronic Arts untuk platform Windows PC. Produksi game ini diperkirkan total mencapai USD100 juta (sekitar Rp1,35 triliun).

Meskipun saat perilisan perusahaan sempat mengalami masalah keuangan, namun akhirnya masalah tersebut berakhir "bahagia" setelah perusahaan ini dibeli oleh Reloaded Productions dan APB berhasil dirilis ulang, di mana baru-baru ini juga ditambahkan untuk platform Xbox One dan PlayStation 4.

[page_break no="8" title="TOO HUMAN"]

Gila! Ini Dia 15 Game Termahal yang Pernah Dibuat! Sumber: Cheat Code Central[/caption]

Beberapa diantara kamu mungkin belum pernah mendengar judul game ini. Well, mungkin salah satu penyebabnya adalah game ini bisa dikatakan sebagai sebuah produk gagal!

Game yang telah menghabiskan biaya produksi USD100 juta (sekitar Rp1,35 triliun) ini dikembangkan oleh Silicon Knight dan diterbitkan oleh Microsoft.

Too Human dikritik karena beberapa keputusan aneh seperti penggunaan kontrol yang tidak lazim dan juga death animation yang durasinya terlalu lama dan tidak bisa di skip.

[page_break no="7" title="GRAND THEFT AUTO IV"]

Gila! Ini Dia 15 Game Termahal yang Pernah Dibuat! Sumber: Rockstar Games[/caption]

Seri keempat dari franchise Grand Theft Auto ini telah memakan biaya produksi lebih dari USD100 juta (sekitar Rp1,35 triliun), namun sayangnya Rockstar tidak mengungkapkan informasi tentang berapa banyak dana yang telah mereka keluarkan untuk pemasarannya.

[page_break no="6" title="MAX PAYNE 3"]

Gila! Ini Dia 15 Game Termahal yang Pernah Dibuat! Sumber: Steam[/caption]

Max Payne 3 adalah third person shooter yang dikembangkan oleh Rockstar Studios dan diterbitkan oleh Rockstar Games. Di game ini kamu akan memerankan Max Payne, seorang detektif yang menegakkan hukum di atas tangannya sendiri, setelah istri dan anak perempuannya dibunuh.

Biaya produksi game Max Payne 3 sebesar USD105 juta (sekitar Rp1,425 triliun). Sebagai informasi, ini hanya untuk pengembangannya saja lho! Sayangnya tidak ada pengumuman resmi dari Rockstar Games terkait berapa besar biaya yang telah mereaka keluarkan untuk pemasaran.

[read_more id="353182"]

Sudah siap melihat 5 besar game yang telah menghabiskan biaya produksi dengan nilai yang gila-gilaan? Buka halaman 3.

[page_break no="5" title="DESTINY"]

Gila! Ini Dia 15 Game Termahal yang Pernah Dibuat! Sumber: Fandom[/caption]

Pertama kali rilis pada tahun 2014, Destiny telah sukses mencuri banyak perhatian media dan komunitas game tentang berapa banyak biaya yang telah dihabiskan untuk produksi game yang dikembangkan oleh Bungie ini.

Developer game yang telah mengembangkan game populer lainnya seperti Halo ini telah menghabiskan dana total sebesar USD140 juta (sekitar Rp1,9 triliun)!

[page_break no="4" title="FINAL FANTASY VII"]

Gila! Ini Dia 15 Game Termahal yang Pernah Dibuat!

Final Fantasy VII merupakan salah satu seri paling sukses dalam franchise Final Fantasy dan bahkan dianggap oleh banyak gamer sebagai salah satu RPG terbaik sepanjang masa.

[read_more id="351742"]

Game yang dikembangkan oleh Square Enix dan diterbitkan di berbagai wilayah dan platform di seluruh dunia oleh Sony Interactive Entertainment, Square Enix, dan Eidos Interactive ini telah menghabiskan biaya produksi total sebesar USD145 juta (sekitar Rp1,96 triliun), dengan alokasi USD45 juta (sekitar Rp610 miliar) untuk pengembangan dan USD100 juta (sekitar Rp1,35 triliun) untuk pemasaran!

[page_break no="3" title="STAR WARS: THE OLD REPUBLIC"]

Gila! Ini Dia 15 Game Termahal yang Pernah Dibuat! Star Wars: The Old Republic, satu game Star Wars yang pernah dikembangkan oleh BioWare dan dipublikasikan oleh EA[/caption]

Star Wars: The Old Republic adalah versi freemium dari Star Wars Knights of The Old Republic. Game ini dikembangkan oleh Bioware dan diterbitkan oleh Electronic Arts, serta divisi game LucasArts.

Produksi game ini telah menghabiskan biaya sebesar USD200 juta (sekitar Rp2,71 trilliun).

[page_break no="2" title="CALL OF DUTY: MODERN WARFARE 2"]

Gila! Ini Dia 15 Game Termahal yang Pernah Dibuat! Sumber: Torrents Games[/caption]

Call of Duty: Modern Warfare 2 adalah seri dari franchise Call of Duty yang populer karena dikembangkan oleh studio yang berbeda dari perusahaan Blizzard Activision, sebelum akhirnya diterbitkan oleh Activision.

Game ini telah menghabiskan biaya sebesar USD50 juta (sekitar Rp678 miliar) untuk pengembangan dan USD200 juta (sekitar Rp2,71 triliun) untuk pemasaran, sehingga total produksinya adalah USD250 juta (sekitar Rp3,39 triliun).

[page_break no="1" title="GRAND THEFT AUTO V"]

Gila! Ini Dia 15 Game Termahal yang Pernah Dibuat!

Nah, akhirnya kita sampai di peringkat nomor satu! Ya, siapa lagi kalo bukan game paling populer saat ini, Grand Theft Auto V. Game yang dikembangkan oleh Rockstar Games ini merupakan game terlaris sepanjang masa meskipun perilisannya sudah empat tahun yang lalu (tahun 2013).

Biaya produksi dari GTA V telah menghabiskan dana total sebesar USD265 juta (sekitar Rp3,59 triliun), dengan USD137 juta (sekitar Rp1,86 triliun) untuk pengembangan game dan USD128 juta (sekitar Rp1,73 triliun) untuk biaya pemasaran.

Semua biaya produksi tersebut terbayar karena GTA V sukses meraup pendapatan lebih dari USD1 miliar (sekitar Rp13,5 triliun) dan masih akan terus bertambah!

[read_more id="350403"]

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU