Tertarik dengan Film Ghibli? Yuk Cek 8 Film Ghibli Terbaik di Artikel Ini!

Dari sekian banyak film Ghibli, pastinya kalian bingung harus menonton yang mana terlebih dulu. Baca satu persatu yuk mengenai 8 film Ghibli terbaik ini!

Tertarik dengan Film Ghibli? Yuk Cek 8 Film Ghibli Terbaik di Artikel Ini!

Tertarik dengan Film Ghibli? Yuk Cek 8 Film Ghibli Terbaik di Artikel Ini!

Dari sekian banyak film Studio Ghibli, pastinya kalian bingung harus menonton yang mana terlebih dulu. Supaya tidak bingung, mari baca satu persatu yuk mengenai 8 film Ghibli terbaik ini!

[page_break no="8" title="Castle in the Sky / Tenkuu no Shiro no Laputa (1986)"]

Tertarik dengan Film Ghibli? Yuk Cek 8 Film Ghibli Terbaik di Artikel Ini!

Film Ghibli terbaik yang akan kita bahas pertama kali menceritakan kisah anak perempuan bernama Sheeta yang ditolong oleh anak laki-laki bernama Pazu. Mereka menemukan keajaiban pada kalung milik Sheeta yang ternyata kunci menuju Laputa, istana yang melayang di atas awan.

[duniaku_baca_juga]

Petualangan mereka diwarnai dengan sebuah pertempuran perebutan kunci menuju Laputa itu. Lebih tepatnya berperang dengan Kapten Dola yang ingin menguasai seisi istana di langit itu. Pazu dan Sheeta harus berjuang merebut kunci itu kembali dari kapten Dola.

Film yang diadaptasi dari sebuah novel ini telah memenangkan award pada tahun 1986.

[page_break no="7" title="Kiki's Delivery Service / Majo no Takkyubin (1989)"]

Tertarik dengan Film Ghibli? Yuk Cek 8 Film Ghibli Terbaik di Artikel Ini!

Film yang satu ini mengisahkan seorang gadis muda bernama Kiki. Ia merupakan seorang penyihir muda yang harus menjalani kehidupan baru di sebuah kota baru demi memenuhi tradisi keluarganya.

Bersama dengan Jiji, kucing hitam yang menemani perjalanan hidupnya yang baru di kota bernama Koriko, Kiki membantu banyak orang. Berkat itu pula, ia bertemu dengan Tombo dan beberapa orang baru yang membuat perjalanan hidup Kiki semakin menarik!

Anime ini mendapatkan banyak respon positif, terutama dari penonton perempuan remaja karena membahas mengenai kemandirian seorang gadis muda.

[page_break no="6" title="The Grave of the Fireflies / Hotaru no Haka (1988)"]

Tertarik dengan Film Ghibli? Yuk Cek 8 Film Ghibli Terbaik di Artikel Ini!

Salah satu film yang dapat menguras air mata penontonnya ini berjudul The Grave of the Fireflies. Film yang berhasil masuk ke dalam daftar film Ghibli terbaik ini berlatar belakang pada tahun 1945 ketika Perang Dunia II terjadi.

Sepanjang film animasi ini menceritakan tragedi hidup Seita dan adik perempuannya yang bernama Setsuko. Di usia mereka yang masih muda, mereka sudah merasakan kejamnya kehidupan.

[read_more id="357155"]

Semua itu bermula ketika mereka kehilangan kedua orang tuanya, hingga akhirnya mereka memutuskan untuk hidup di sebuah barak bekas dan mereka harus mencuri makanan untuk bertahan hidup. Meskipun demikian, kehidupan mereka masih diwarnai dengan tawa canda.

Kisah ini diangkat dari sebuah autobiografi seorang penulis bernama Akiyuki Nosaka pada tahun 1967 yang menceritakan pengalamannya selama perang dunia dulu. Film ini juga berhasil memenangkan beberapa penghargaan baik di Jepang maupun internasional.

[page_break no="5" title="Nausicaa of the Valley of the Wind / Kaze no Tani no Naushika (1984)"]

Tertarik dengan Film Ghibli? Yuk Cek 8 Film Ghibli Terbaik di Artikel Ini!

Film yang satu ini memang telah rilis lebih dari 30 tahun yang lalu, namun kualitas ceritanya tidak kalah seru dari film Studio Ghibli yang terbaru. Film ini bercerita mengenai perjuangan Nausicaa, seorang gadis muda petualang yang berjuang demi melindungi desanya dari kehancuran lingkungan serta serangan dari negara lain, Tolmekian.

Nausicaa juga suka berpetualang di hutan beracun untuk melakukan penelitian demi desanya. Hal ini dikarenakan ia mendengar negara Tolmekian akan menyerang untuk menghancurkan desanya dan menyebabkan polusi hutan beracun. Meskipun demikian, ayahnya melarangnya untuk melakukan hal itu.

Dibantu oleh Asbel, prajurit dari Pejite, mereka melawan kejamnya Kushana, pemimpin dari Tolmekian. Mereka juga berusaha menenangkan para Ohm untuk berhenti mengamuk karena lingkungannya dirusak oleh para manusia.

Film ini juga memberikan pesan moral kepada para penonton untuk menjaga lingkungan sekitar. Dari segi kualitas gambar, film ini tergolong cukup bagus dari segi grafis untuk film tahun 80-an.


Masih ada empat film Ghibli terbaik di halaman berikutnya loh. Yuk kita cek!

[page_break no="4" title="The Secret Life of Arrietty / Karigurashi no Arrietty (2010)"]

Tertarik dengan Film Ghibli? Yuk Cek 8 Film Ghibli Terbaik di Artikel Ini!

Film Ghibli terbaik berikutnya mengangkat tema dunia manusia dan dunia fantasi, serta bercerita tentang perjalanan hidup Arrietty seorang yang bisa disebut sebagai liliput kecil. Arrietty hidup bersama keluarganya sebagai “Peminjam (Borrowers)”, yang meminjam barang manusia untuk hidup.

[duniaku_baca_juga]

Para Borrowers ini mengambil sisa-sisa benda dari manusia sebagai keperluan di kehidupan mereka. Petualangan Arrietty semakin menarik ketika ia berteman dengan anak manusia yang ukurannya berpuluh-puluh ribu besar dibandingkan dirinya.

Sayangnya, mereka tidak bisa berteman dan keluarga Arrietty memutuskan untuk berpindah tempat. Petualangan Arrietty ini cukup seru, mengingat banyak sekali pesan moral yang diberikan oleh setiap film Ghibli. Begitu pula dengan akhir kisah film ini yang bikin baper penonton sekalian.

[page_break no="3" title="Howl Moving Castle / Hauru no Ugoku Shiro (2004)"]

Tertarik dengan Film Ghibli? Yuk Cek 8 Film Ghibli Terbaik di Artikel Ini!

Salah satu film terbaik dari yang terbaik Studio Ghibli ini menceritakan tentang seorang perempuan bernama Sophie. Tidak sengaja, ia bertemu dengan penyihir tampan bernama Howl.

Ternyata Howl tinggal di dalam istana yang dapat terus bergerak. Ketika masuk ke dalam istana itu, Sophie berubah menjadi tua dan akhirnya dijadikan tukang bersih-bersih di rumah itu oleh Calcifer, sebuah api sihir yang dapat berbicara.

Namun petualangan mereka tidak sampai situ saja. Ternyata ada yang ingin merebut Calcifer agar menjadi kuat. Tentunya Howl tidak akan membiarkan hal itu terjadi hingga muncullah beberapa pertempuran. Petualangan seru ini dikemas ke dalam grafis yang berwarna-warni dan efek yang seru!

[read_more id="357271"]

Film ini merupakan kisah yang diadaptasi dari novel karya Diana Wynne Jones dan sukses mendapatkan banyak penghargaan. Tidak heran kenapa film ini merupakan masuk dalam satu kategori film terbaik Ghibli.

[page_break no="2" title="Princess Mononoke / Mononoke Hime (1997)"]

Tertarik dengan Film Ghibli? Yuk Cek 8 Film Ghibli Terbaik di Artikel Ini!

Berawal dari kisah Ashitaka, seorang pangeran yang tidak sengaja terkena kutukan dan terpaksa meninggalkan desanya. Pemuda ini akhirnya bertemu dengan San, seorang gadis yang hidup bersama serigala.

Di dalam film ini, terdapat pesan moral agar para penontonnya dapat menjaga lingkungan. Hal ini tersirat ketika San mencoba melindungi hutan yang dirusak oleh kolonial modern dan industrialisasi.

Dibantu oleh pangeran Ashitaka yang sebenarnya dibenci oleh San pada awalnya, mereka berdua mencoba menghapuskan kebijakan yang dibuat oleh Lady Eboshi yang ingin menghancurkan hutan.

Cerita ini tidak terfokus pada satu sudut pandang sebuah karakter saja, namun dari beberapa sudut pandang yaitu sudut pandang Ashitaka, San, bahkan Lady Eboshi pun turut mengutarakan maksudnya untuk mengekspolitasi isi hutan.

[page_break no="1" title="Spirited Away / Sen to Chihiro no Kamikakushi (2001)"]

Tertarik dengan Film Ghibli? Yuk Cek 8 Film Ghibli Terbaik di Artikel Ini!

Film Ghibli terbaik yang menduduki peringkat pertama ini menceritakan kisah gadis muda bernama Chihiro yang tanpa sengaja ia terjebak di dunia tempat para arwah dan makhluk halus berkumpul. Ketika Chihiro terjebak di dunia ini, orang tuanya berubah menjadi hewan sehingga ia tidak dapat kembali ke dunia manusia.

Untungnya, Chihiro bertemu dengan Haku, seorang pemuda yang menolongnya untuk bekerja di tempat Yubaba. Yubaba merupakan penyihir tua sekaligus pemilik dari pemandian air panas. Yubaba pun mengganti nama Chihiro menjadi Sen dan menjadikannya pesuruh Yubaba seumur hidupnya.

Ia tidak mau hal itu terjadi, hingga akhirnya Sen berusaha untuk mencari jalan keluar dari pemandian air panas serta dunia lain ini. Dengan bantuan Haku, Sen memulai petualangan barunya.

Di dalam cerita Spirited Away, banyak sekali tokoh-tokoh unik seperti beberapa hewan yang dianalogikan sebagai manusia, sehingga kalian tidak akan bosan dengen petualangan ini.

Untuk grafis, musik, bahkan pesan moral dari film ini tergolong sangat bagus. Tidak heran bahwa film ini menjadi salah satu film terlaris di Jepang, bahkan di seluruh dunia.

[duniaku_adsense]

Selain 8 film Ghibli terbaik di atas, terdapat juga beberapa judul yang tidak dapat disebutkan namun juga tergolong menjadi film terbaik seperti The Tale of Earthsea, Pocco Rosso, dan The Cat Return's.


Nah, film dari Studio Ghibli manakah yang telah kamu tonton dan belum kamu tonton? Jangan lupa menyuarakan pendapat kalian di kolom komentar ya!

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU