Inilah 10 Karakter Figuran di Bikini Bottom, Plus Profil Singkat Mereka!

Merasa sudah kenal dengan penduduk-penduduk figuran di Bikini Bottom yang sering dizalimi oleh Spongebob dan Patrick ini? Kenalan dulu di sini!

Inilah 10 Karakter Figuran di Bikini Bottom, Plus Profil Singkat Mereka!

Inilah 10 Karakter Figuran di Bikini Bottom, Plus Profil Singkat Mereka!

Bicara soal Spongebob Squarepants, mungkin kita sudah cukup akrab dengan karakter-karakter utama yang tinggal di kota bawah laut Bikini Bottom. Tapi, bagaimana dengan karakter-karakter figuran yang sering menjadi "korban" kejahilan Spongebob?

Yakin sudah kenal dengan mereka? Berikut nama dan profil singkat penduduk-penduduk di Bikini Bottom yang "setia" menemani Spongebob!

[duniaku_baca_juga]

Nama-nama seperti Spongebob, Patrick, Squidward, Sandy, Tuan Krab, dan Plankton mungkin sudah tidak asing lagi di telinga pembaca Duniaku.net. Karakter-karakter ikonik yang menempati kota bawah laut Bikini Bottom tersebut sudah lama menemani kita lewat serial TV Spongebob Squarepants yang hingga saat ini masih tayang di salah satu stasiun TV lokal.

Di tiap episode Spongebob, selalu ada penduduk-penduduk lainnya di kota Bikini Bottom yang menjadi "korban" kejahilan Spongebob dan teman-temannya. Meskipun hanya sekedar figuran, ternyata mereka juga memiliki nama dan cerita sendiri lho! Penasaran? Simak pembahasannya berikut ini!

[page_break no="1" title="Frank si Paus"]

Inilah 10 Karakter Figuran di Bikini Bottom, Plus Profil Singkat Mereka!

Frank adalah salah satu dari sekian banyak ikan bernama "Frank" yang akan muncul di sini. Sebagian dari kalian mungkin mengenalinya lewat episode Ripped Pants, di mana ia bersama Spongebob dan dua ikan lainnya menyanyikan lagu "Ripped Pants" dengan Frank sebagai pemain drum.

[read_more id="357038"]

Ternyata Frank si Paus sudah pernah menikah lho! Di episode You Don't Know Sponge, ia menyangka bahwa Martha; mantan istrinya memanggilnya dari kejauhan, padahal itu ulah Patrick yang menirukan suara ikan paus.

[page_break no="2" title="Frank si Ikan Mas"]

Inilah 10 Karakter Figuran di Bikini Bottom, Plus Profil Singkat Mereka!

Frank yang kedua ini adalah seekor Ikan Mas binaragawan yang biasanya terlihat di Goo Lagoon. Ia adalah teman baik dari Larry si Lobster dan Don si Ikan Paus, sesama ikan binaragawan.

Meskipun ia memiliki tampang yang sangar dan tubuh yang besar, ternyata itu tidak menjamin bahwa dirinya memiliki mental baja pula, di episode Fry Cook Games, ia terlihat ketakutan dan ingin cepat-cepat keluar dari arena Olimpiade, bahkan Spongebob dan Patrick saja bisa lebih tangguh dari dirinya!

[page_break no="3" title="Frank"]

Inilah 10 Karakter Figuran di Bikini Bottom, Plus Profil Singkat Mereka!

Frank yang ketiga ini adalah seorang businessman yang sukses, selain memiliki toko alat-alat sihir di episode You Don't Know Sponge, ia paling dikenal sebagai pemilik toko alat-alat jahil di episode Pranks a Lot.

[read_more id="357497"]

Menurut Spongebob, penduduk Bikini Bottom yang satu ini adalah salah satu sosok yang paling disegani di antara para tukang jahil. Beberapa produknya yang paling populer adalah Permen Karet Meledak (yang sukses meledakkan kepala Patrick), Muntah Asli dan Palsu, dan Semprotan Tidak Terlihat yang kemudian membawa malapetaka bagi penduduk Bikini Bottom setelah digunakan oleh Spongebob dan Patrick.

[page_break no="4" title="Frank (atau Percy)"]

Inilah 10 Karakter Figuran di Bikini Bottom, Plus Profil Singkat Mereka!

Ikan yang satu ini paling sering bergonta-ganti nama. Di episode Dying for Pie, Squidward memanggilnya dengan nama "Frank", namun di episode I Had an Accident ia memiliki nama Percy, sedangkan di episode Valentine's Day ia bernama Dave. Entah bagaimana ini bisa terjadi, yang jelas petugas sensus penduduk Bikini Bottom bakal kewalahan dengan hal ini.

[page_break no="5" title="Harold/Bill/Scott"]

Inilah 10 Karakter Figuran di Bikini Bottom, Plus Profil Singkat Mereka!

Ikan yang satu ini memiliki nama yang berbeda-beda, di episode "Porous Pocket" ia adalah Bill, di episode "Roller Cowards" dan "Gary in Love" ia dipanggil Harold, sedangkan di episode "Lost in Bikini Bottom" namanya malah menjadi Scott!

Meskipun namanya berbeda-beda, ia selalu digambarkan sebagai penggemar berat Krabby Patty. Di episode "Patty Hype", ia adalah pelanggan pertama yang mau memakan Pretty Patties warna-warni buatan Spongebob, yang kemudian menjadi sangat populer dan mengalahkan Krabby Patty.

[read_more id="357452"]

Meskipun hanya muncul sebentar saja di episode The Bully, kata-katanya yaitu "Berapa kali kami harus menghajarmu, pak tua!?" menjadi cukup legendaris dan menjadi salah satu sumber meme terbesar di kalangan netizen.


Lalu siapa lagi karakter-karakter lainnya? Simak di halaman kedua!


[page_break no="6" title="Tom"]

Inilah 10 Karakter Figuran di Bikini Bottom, Plus Profil Singkat Mereka!

Ikan yang satu ini paling dikenal dengan penampilan bombastisnya di episode Chocolate with Nuts sebagai seorang penggila coklat, sampai-sampai dirinya mengejar Spongebob dan Partrick yang sedang berjualan sambil berteriak "COKLAAAAAAAAAAT!" (yang kemudian menjadi salah satu quote yang paling terkenal di seri Spongebob).

[duniaku_baca_juga]

Sifat obsesif Tom sebagai penggila makanan juga terlihat di beberapa episode lain, seperti ketika ia menolak untuk membayar pizza yang ia pesan dari Krabby Patty karena Spongebob lupa membawa minuman pesanannya, atau ketika Spongebob tidak sengaja menginjak salad kentang ketika sedang piknik di Goo Lagoon.

Tom ternyata sudah berkeluarga lho! Ia memiliki seorang istri dan dua orang anak seperti yang terlihat di beberapa episode.

[page_break no="7" title="Fred"]

Inilah 10 Karakter Figuran di Bikini Bottom, Plus Profil Singkat Mereka!

Fred adalah salah satu karakter latar yang paling sering muncul di Bikini Bottom, sekaligus sebagai karakter figuran pertama yang muncul di seri Spongebob Squarepants. Warnanya pun tak konsisten pula, kadang ia berwarna biru atau abu-abu.

Ia terkenal karena nasibnya yang sering tidak beruntung dan menjadi bulan-bulanan ulah jahil para tokoh utama, seperti dilempar oleh Tn. Krab, ditabrak oleh Spongebob, atau ketika matanya terbakar saat melihat kepala botak Raja Neptunus di The Spongebob Squarepants Movie.

[read_more id="356583"]

Reaksinya ketika mencium bau mulut Spongebob di episode Something Smells menjadi begitu legendaris, yang kemudian diabadikan sebagai salah satu meme paling terkenal di dunia internet.

[page_break no="8" title="Frank si Penjaga Pantai"]

Inilah 10 Karakter Figuran di Bikini Bottom, Plus Profil Singkat Mereka!

Dan lagi-lagi, karakter dengan nama Frank.

Figuran yang satu ini paling sering terlihat sebagai penjaga pantai Goo Lagoon, dengan penampilannya paling terkenalnya di episode Ripped Pants ketika ia mengira ada kardus yang terdampar di bibir pantai, yang ternyata adalah Spongebob yang pingsan setelah dihantam oleh ombak ketika berselancar.

Namun setelah di episode itu, ia hanya berperan sebagai figuran minor belaka tanpa ada penampilan yang mencolok, sesekali terlihat berkeliaran di Bikini Bottom di beberapa episode.

[page_break no="9" title="Sandals"]

Inilah 10 Karakter Figuran di Bikini Bottom, Plus Profil Singkat Mereka!

Sandals adalah salah satu karakter figuran yang paling dominan muncul di Bikini Bottom. Nama asli Sandals tidak pernah diberitahu, dan julukan "Sandals" itu berasal dari penampilan santai-nya yang hanya memakai celana biru dengan motif bunga-bunga putih, serta sendal biru yang dipakainya.

Penampilannya yang paling terkenal mungkin adalah di episode Prank a Lot, di mana ketika seluruh penduduk kota Bikini Bottom panik akibat kemunculan hantu tak kasat mata -yang sebenarnya adalah Spongebob dan Patrick- ia menunjuk roti bakarnya sendiri sebagai hantu (Karena "Toast" dan "Ghost" itu seirama).

Satu lagi penampilannya yang paling terkenal adalah di episode Mermaid Man and Barnacle Boy V, ketika ia ketahuan sedang mencium-cium d̶a̶k̶i̶m̶a̶k̶u̶r̶a̶ bantalnya sendiri di dalam mobil. Mungkinkah dia seorang wibu? Bisa jadi!

[page_break no="10" title="Andy Yellowtail"]

Inilah 10 Karakter Figuran di Bikini Bottom, Plus Profil Singkat Mereka!

Andy Yellowtail adalah salah satu karakter figuran paling terkenal di seri Spongebob semenjak kemunculan perdananya di episode Nasty Patty, di mana ia muncul sebagai seorang inspektur kesehatan yang ditugaskan untuk memeriksa kualitas kebersihan lingkungan dan makanan di Krusty Krab.

[read_more id="356781"]

Spongebob dan Tn. Krab kemudian melihat berita tentang inspektur kesehatan jadi-jadian berkeliaran di Bikini Bottom. Mereka dengan cepat mengira bahwa Andy adalah inspektur palsu itu dan kemudian memutuskan untuk meracuninya dengan "Nasty Patty". Kendati sudah "dizalimi" berkali-kali oleh Spongebob dan Tn. Krab, Andy tetap memberikan nilai bagus untuk Krusty Krab.


Itulah 10 karakter figuran di Spongebob yang cukup memorable. Jelas masih belum semua karakter muncul di sini mengingat jumlahnya banyak sekali, kalau masih ada yang kurang atau karakter favorit kalian kelewatan, sebutkan di kolom komentar ya!

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU