Tribute To Jonghyun (SHINee): Inilah Perjalanan Karir serta Kumpulan Karya Jonghyun sebagai Penyanyi, Komposer, Penyiar Radio, hingga Penulis Buku

Mulai sebelum debut sebagai member SHINee hingga menjadi bintang K-pop, inilah perjalanan karir Jonghyun selama 9 tahun di panggung hiburan Korea!

Tribute To Jonghyun (SHINee): Inilah Perjalanan Karir serta Kumpulan Karya Jonghyun sebagai Penyanyi, Komposer, Penyiar Radio, hingga Penulis Buku

Tribute To Jonghyun (SHINee): Inilah Perjalanan Karir serta Kumpulan Karya Jonghyun sebagai Penyanyi, Komposer, Penyiar Radio, hingga Penulis Buku Sumber: Allkpop[/caption]

Pada tanggal 18 Desember kemarin, panggung hiburan Korea dikejutkan dengan berita duka yang datang dari boy band SHINee. Salah satu personelnya yaitu Jonghyun dikabarkan meninggal dunia di usia 27 tahun.

Sepanjang karirnya sebagai member SHINee maupun musisi Korea, Jonghyun telah banyak menelurkan berbagai karya yang membanggakan serta mengukir sejumlah prestasi baik sebagai personel SHINee, soloist, penulis lagu, maupun penyiar radio.

[duniaku_baca_juga]

Berikut adalah perjalanan karir Jonghyun mulai dari sebelum debut hingga menjadi salah satu bintang K-pop yang paling bersinar.

[page_break no="" title="Sebelum debut"]

Jonghyun diketahui telah aktif di dunia musik sejak duduk di bangku SMP. Semasa duduk di bangku SMP, mendiang bergabung dalam sebuah band. Jonghyun dan bandnya yang bernama "Zion" dikenal aktif mengisi berbagai acara. Dalam band tersebut, Jonghyun berperan sebagai bassist. 

Semasa SMA, Jonghyun bermimpi untuk menjadi seorang komposer atau pelatih vokal.

Perjalanan karir Jonghyun sebagai penyanyi dimulai pada tahun 2005 saat ia ditemukan oleh tim S.M. Entertainment ketika sedang mengisi acara bersama teman-teman bandnya

Meski masih menyandang status trainee, Jonghyun telah dipercaya untuk berduet dengan Zhang Li Yin dalam lagu "Wrongly"> Given Love."

[page_break no="" title="Awal Debut Sebagai Member SHINee"]

Tribute To Jonghyun (SHINee): Inilah Perjalanan Karir serta Kumpulan Karya Jonghyun sebagai Penyanyi, Komposer, Penyiar Radio, hingga Penulis Buku Sumber: YouTube[/caption]

Jonghyun debut bersama 4 member SHINee lainnya yaitu Onew, Key, Minho, dan Taemin pada tanggal 25 Mei 2008 dengan mini album mereka yang bertajuk Replay. Album ini berhasil masuk di jajaran TOP 10 tangga lagu Korea Selatan, serta terjual sebanyak 17.957 kopi pada paruh pertama 2008.

4 bulan kemudian, tepatnya pada tanggal 28 Agustus 2008, mereka kembali meramaikan panggung hiburan Korea dengan merilis full album bertajuk The Shinee World. Album itu berhasil bertengger di posisi nomor 3 tangga album Korea Selatan dengan terjual sebanyak 30.000 kopi.

Tribute To Jonghyun (SHINee): Inilah Perjalanan Karir serta Kumpulan Karya Jonghyun sebagai Penyanyi, Komposer, Penyiar Radio, hingga Penulis Buku

Meski baru debut, SHINee telah berhasil meraih banyak penghargaan di tahun 2008 diantaranya, Best New Asian Artist pada ajang Asia Song Festival, Rookie Of The Month pada Cyworld Digital Music Awards, Best New Male Group pada Mnet Asian Music Awards (MAMA), Hot New Star pada Mnet 20's Choice Awards, Best Newcomer pada Korea Entertainment Arts Awards, serta New Icon Award pada Style Icon Awards. 

Album mereka The Shinee World juga berhasil dinobatkan sebagai Newcomer Album of the Year dalam ajang Golden Disk Awards. 

[read_more id="357478"]

[page_break no="" title="Debut Sebagai Penulis Lagu"]

Selain sebagai personel SHINee, Jonghyun juga dikenal sebagai artis SM pertama yang aktif berpartisipasi dalam menulis lagu. Korea Times memasukan nama Jonghyun sebagai satu dari empat idola K-pop yang sukses menampilkan ciri khas musiknya.

Jonghyun dinilai memiliki gaya yang unik dalam musiknya dan menuai banyak pujian karena seluruh lagu solonya adalah hasil karyanya sendiri. Insight Korea bahkan menobatkannya sebagai salah satu idol K-pop yang terlahir dengan bakat musik.

Perjalanan karir Jonghyun sebagai penulis lagu dimulai di tahun 2009 ketika ia bersama Minho berpartisipasi dalam penulisan lirik lagu "Juliette" yang merupakan remake dari "Deal"> with It" milik Corbin Bleu.

[page_break no="" title="Kumpulan Lagu yang Ditulis Jonghyun untuk SHINee"]

Setelah sukses dengan "Juliette", Jonghyun dipercaya untuk menulis lirik lagu milik SHINee lainnya di tahun-tahun selanjutnya. Di tahun 2010, ia menulis 3 lagu yang terdapat dalam full album SHINee kedua Lucifer yaitu "Up & Down", "Obsession">", dan "Shout"> Out".

Di tahun 2012, Jonghyun kembali ambil bagian dalam penulisan lirik "Alarm"> Clock" dan "Honesty">" yang terdapat dalam album Sherlock.

Setahun berikutnya, total ada 6 lagu yang ditulis oleh Jonghyun untuk SHINee dimana 1 antaranya yaitu "Selene"> 6.23" didedikasikan untuk Shawol internasional.

Tahun 2015, Jonghyun kembali menulis lirik untuk lagu yang dibawakan SHINee dalam album mereka Odd dan Married to the Music yaitu "Odd"> Eye", "View">", dan "Chocolate">."

2 lagu terakhir yang ditulis Jonghyun untuk SHINee sebelum berpulang adalah "Prism">" dan "Don't"> Stop" yang terdapat dalam album 1 of 1.

[page_break no="" title="Kumpulan Lagu yang Ditulis Untuk Penyanyi Lainnya dan Debut Sebagai Komposer"]

 

Jonghyun pernah terlibat dalam penulisan lirik untuk "Pretty Boy" yang terdapat dalam album debut solo member SHINee lainnya yaitu Taemin.

Mulai tahun 2013, Jonghyun tak hanya terlibat dalam penulisan lirik lagu tetapi juga dalam pengolahan musiknya.

Dari 8 lagu yang ditulisnya di tahun 2013, ada 2 yang ia terlibat langsung dalam penulisan lirik maupun pengolahan musiknya, yaitu "A Gloomy Clock" yang dibawakan oleh IU dan "Red"> Candle" oleh Son Dam Bi.

Pada 2015, ia menjadi komposer sekaligus penulis lirik dari "Playboy">" yang dibawakan oleh EXO dan "No"> More" oleh Lim Kim.

Sedangkan di tahun 2016, ia kembali menuliskan lagu Taemin dengan "Already">" dan untuk Lee Hi yaitu "Breathe">." Menariknya lirik dari "Breathe" diduga merupakan curhatan Jonghyun yang dituangkan dalam bentuk lagu.


Di halaman berikutnya, kita akan membahas tentang perjalanan karir Jonghyun sebagai soloist hingga sebagai seorang penulis buku.

[page_break no="" title="Kolaborasi"]

Kelihaiannya dalam menulis lagu ditambah dengan suaranya yang merdu membuatnya menjadi langganan untuk diajak berkolaborasi dengan penyanyi Korea lainnya baik dari rekan satu agensi maupun berbeda seperti IU">, Jung"> Joong Young, Taeyeon, Go"> Young Bae, serta Younha">.

[duniaku_baca_juga]

Lagu kolaborasinya dengan artis-artis tersebut juga kebanyakan diproduseri sendiri oleh Jonghyun.

Dalam S.M. Entertainment, selain tergabung menjadi member SHINee, sejak 2010 Jonghyun juga merupakan bagian dari S.M."> The Ballad di mana lagu-lagu yang dibawakan oleh grup tersebut sebagian besar bertema ballad atau R&B ballad.

[page_break no="" title="Debut Sebagai Penyanyi Solo"]

Perjalanan karir Jonghyun sebagai penyanyi solo dimulai sejak 12 Januari 2015 dengan perilisan mini albumnya yang bertajuk Base. 

Semua lagu dalam album tersebut ditulis dan diproduseri oleh Jonghyun yang berkolaborasi dengan sejumlah penyanyi Korea di luar SM seperti Younha, Zion. T, dan Wheesung. Track utama yaitu "Déjà-Boo" merupakan hasil kolaborasinya bersama Zion.T.

Masih di tahun yang sama, Jonghyun kembali merilis album solonya yaitu  Story Op.1 dengan title track "End"> of a Day". Seluruh lirik dan musik dalam album tersebut diproduksi sendiri oleh Jonghyun.

Di tahun 2016, full album Jonghyun berjudul She Is resmi dirilis. Dalam sebuah kesempatan Jonghyun berkata bahwa She is adalah album di mana ia benar-benar merasakan menjadi penyanyi dan penulis lagu. Album ini juga mengangkat berbagai genre musik mulai dari R&B, electro-punk, dan EDM.

Lagi-lagi dalam album tersebut, semua liriknya ditulis sendiri oleh Jonghyun, dan 8 dari 9 lagu yang ada di dalam She is juga dikomposeri olehnya.

Story Op.2 adalah album terakhir Jonghyun sebelum kepergiannya. Album yang terdiri dari 10 lagu ini dirilis pada 24 April 2017. Title track dari album ini merupakan hasil duet Jonghyun dengan sahabatnya Taeyeon (SNSD) yang berjudul "Lonely."

Seluruh lagu dalam album ini ditulis, dikomposeri, dan diaransemen oleh Jonghyun sendiri kecuali "Our"> Season" yang diaransemen oleh SCORE.

[page_break no="" title="Konser"]

Sepanjang karirnya, Jonghyun telah mengadakan 4 konser tunggal. Konser pertamanya yang bertajuk "The Story by Jonghyun" diadakan sebanyak 12 kali sejak tahun 2015 dengan bintang tamu yang berbeda meliputi Shinee's Onew dan Taemin, IU, Zion.T, Jung In, Lim Kim, Oksang Dalbit, Coffee Boy, Nine, Lee Ji Hyoung, Soran serta penyair Ha Sang Wook.

Pada tahun 2016, Jonghyun kembali menggelar konser solonya yaitu "JONGHYUN – X – INSPIRATION."

Di tahun 2017, ia menggelar konser solo "The Agit (The Letter)" yang dimulai dari bulan Mei hingga Juli yang bertempat di SM Coex Atrium, Seoul. Selama 2 bulan itu, Jonghyun mengadakan 20 kali pertunjukan di mana total dari penonton yang hadir mencapai lebih dari 14 ribu orang.

Sebelum berpulang, Jonghyun juga telah mengadakan konser yang bertajuk "INSPIRED." Konser tersebut digelar pada tanggal 9 hingga 10 Desember dan bertempat di Olympic Handball Stadium, Seoul, Korea Selatan.

[page_break no="" title="Penyiar Radio"]

Mulai dari 2014, Jonghyun aktif menjadi penyiar radio MBC Blue Night menggantikan posisi member Brown Eyed Soul, Ahn Jung Yeop.

Pada Maret 2017, pihak MBC Blue Night mengumumkan bahwa Jonghyun sudah tidak lagi menjadi host dari radio tersebut lantaran terbentur dengan jadwal tour konser SHINee di Jepang dan Amerika Utara.

[page_break no="" title="Penulis Buku"]

Selama perjalanan karir Jonghyun, ia tak hanya dikenal sebagai penulis lagu dan penyanyi yang berbakat, tapi juga seorang penulis buku.

Pada September 2015, Jonghyun menulis sebuah buku berjudul Skeleton Flower: Things That Have Been Released and Set Free yang bercerita tentang kehidupan serta pengalaman seorang penulis lagu.

[page_break no="" title="Penghargaan"]

Di samping penghargaan yang diperolehya bersama SHINee, Jonghyun juga memperoleh berbagai penghargaan atas karirnya sebagai penyiar radio dan soloist. 

Di tahun 2015, ia berhasil menyabet penghargaan Excellence Award - Radio di ajang MBC Entertainment Awards sebagai host di Blue Night Radio. 

Setahun berikutnya mini album debut-ya sebagai soloist yaitu Base berhasil meraih penghargaan di kategori Disk Bonsang pada Golden Disc Awards.

[read_more id="357695"]


Itu tadi perjalanan karir Jonghyun dan karya-karyanya selama 9 tahun berkarir di dunia K-pop.

Jonghyun oppa, kamu telah menjadi bintang bagi kami selama 9 tahun. Saatnya sekarang kamu menjadi bintang di surga. Selamat jalan Jonghyun. Kamu telah berkerja keras dan berkarya dengan sangat baik selama 27 tahun ini. #YouDidWellJonghyun.  

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU