Ini Nih 5 Film Superhero Terbaik 2017! Film Favoritmu di Posisi Berapa?

2017 sudah mau habis nih! Apa sih film superhero terbaik 2017? Ini nih lima film terbaik versi Duniaku.net!

Ini Nih 5 Film Superhero Terbaik 2017! Film Favoritmu di Posisi Berapa?

Ini Nih 5 Film Superhero Terbaik 2017! Film Favoritmu di Posisi Berapa?

Oh ya, pembahasan film superhero terbaik 2017 ini hanya memasukkan tayangan-tayangan layar lebar. Jadi serial seperti The Punisher sayangnya tidak bisa dimasukkan ke kategori ini.

[page_break no="5" title="Guardians of the Galaxy Vol. 2"]

Ini Nih 5 Film Superhero Terbaik 2017! Film Favoritmu di Posisi Berapa?

Guardians of the Galaxy Vol. 2 bisa berada di posisi buncit daftar ini karena satu hal: dari awal hingga kira-kira pertengahan, film ini terasa sebagai episode filler saja. Musuh-musuh yang muncul terasa kurang mengancam, dan konflik keluarga dan persahabatannya lebih cocok ditempatkan di anime shonen.

[duniaku_baca_juga]

Yang membuat film ini lebih unggul dari Spider-Man: Homecoming, Justice League, dan Power Rangers jelas bagian terakhirnya. Setelah musuh sejati film ini terungkap, ketegangannya terasa naik. Film ini juga diakhiri dengan salah satu momen paling mengharukan di Marvel Cinematic Universe.

GotG Vol. 2 bukan film yang sempurna. Ini juga jelas bukan film superhero terbaik 2017. Tapi keseruan di pertengahan akhir film ini memastikan kalau judul ini tak bisa sepenuhnya dilupakan dari daftar ini.

[page_break no="4" title="Thor: Ragnarok"]

Ini Nih 5 Film Superhero Terbaik 2017! Film Favoritmu di Posisi Berapa? Marvel Studios Thor: Ragnarok..L to R: Thor (Chris Hemsworth) and Hulk (Mark Ruffalo)..Photo: Film Frame..©Marvel Studios 2017[/caption]

Ada kritik kalau Thor: Ragnarok lebih terasa seperti film komedi ketimbang film superhero. Penulis merasa itu ada benarnya. Seringnya momen serius hancur karena lawakan justru mengganggu kenikmatan menonton. Penulis juga merasa Thor: Ragnarok seperti menyia-nyiakan salah satu plot paling epik di kisah Thor, yakni Ragnarok.

[read_more id="351439"]

Tapi harus diakui, film komedi yang satu ini masih sangat solid dan dibumbui dengan banyak momen epik. Rasanya penonton tidak akan begitu saja melupakan duel antara Thor dengan Hulk. Demikian pula dengan momen kebangkitan Thor, di mana ia justru terasa semakin kuat meski telah kehilangan salah satu kekuatan andalannya.

Sosok Hela, yang merupakan salah satu penjahat super terkuat di Marvel Cinematic Universe sejauh ini, juga membuat penasaran dari awal kemunculannya hingga akhir. Dengan semua alasan itu, Thor: Ragnarok rasanya layak berada di posisi empat film superhero terbaik 2017.

[page_break no="3" title="Lego Batman"]

Ini Nih 5 Film Superhero Terbaik 2017! Film Favoritmu di Posisi Berapa?

Eits, jangan lupakan film superhero yang satu ini. Lego Batman menyajikan hiburan yang kocak namun tetap menghibur. Baik anak-anak maupun penonton dewasa rasanya pasti akan sama-sama puas saat meninggalkan bioskop setelah menyaksikan film ini.

Mungkin pada awalnya ada fan yang harap-harap cemas saat menantikan film ini. Pasalnya, Lego Batman seperti hanya dibuat untuk memanfaatkan momentum Batman versi Lego di The Lego Movie. Nyatanya, saat filmnya keluar, hasilnya memang sebagus itu. Kumulasi 91% di Rotten Tomatoes menjadi bukti dari kualitasnya.

Kenapa penulis menempatkan Lego Batman di atas semua film Marvel? Jujur, semua film Marvel Studio yang rilis di tahun 2017 ini (Spider-Man: Homecoming, Guardians of the Galaxy Vol. 2, Thor: Ragnarok), terasa menyajikan jenis film yang sama. Sangat solid, sangat menghibur, tapi setelah lama meninggalkan bioskop, film-film ini terasa nge-blur antara satu sama lainnya.

Lego Batman terasa unik dan berkesan. Bahkan setelah berbulan-bulan berlalu sejak penulis terakhir menontonnya. Karenanya film ini berada di peringkat tiga film superhero terbaik 2017.


Dua film superhero terbaik 2017 bisa kamu baca di halaman kedua!

[page_break no="2" title="Wonder Woman"]

Ini Nih 5 Film Superhero Terbaik 2017! Film Favoritmu di Posisi Berapa?

Menurut penulis, Wonder Woman menyajikan nuansa film Marvel lebih baik dari kebanyakan film Marvel di Phase 2 dan 3.

[duniaku_baca_juga]

Nuansa Wonder Woman memang lebih ringan dari BvS dan Man of Steel. Namun itu bukan berarti film ini menjadi humor - nyaris - tanpa henti seperti Thor: Ragnarok.

Sutradara Patty Jenkins masih bisa menunjukkan kematian, baik dari sejumlah Amazon maupun rakyat biasa, yang memberi film ini muatan emosi yang sangat kuat. Bahkan lebih kuat dari film Marvel Studio.

Ini Nih 5 Film Superhero Terbaik 2017! Film Favoritmu di Posisi Berapa?

Lho kok? Yep, film Marvel Studio kadang seperti takut memperlihatkan kematian rakyat jelata. Lihat saja Avengers pertama, di mana gedung-gedung runtuh namun tak ditunjukkan ada orang biasa yang tewas.

Salah satu adegan vital Wonder Woman tak ragu memperlihatkan rakyat jelata harus meninggal karena kekejian penjahat. Itu membuat penonton lebih merasa emosional.

Selain itu, Wonder Woman memiliki segala sesuatu yang dibutuhkan oleh film superhero bagus. Kisah latar belakang yang tersaji oke, drama dan penokohan yang menarik, serta sejumlah adegan aksi keren. Kalau saja semua film DC seperti ini, saat ini para pahlawan DC sudah menandingi Marvel dengan seimbang.

Satu-satunya kelemahan film ini menurut penulis hanyalah pertempuran terakhirnya, yang terasa terlalu kacau dan mendadak. Itu pada akhirnya yang membuat Wonder Woman hanya jadi runner up film superhero terbaik 2017.

[page_break no="1" title="Logan"]

Ini Nih 5 Film Superhero Terbaik 2017! Film Favoritmu di Posisi Berapa?

Apakah Logan adalah film superhero? Seharusnya pertanyaan ini mudah dijawab, mengingat jagoannya saja adalah Wolverine, si pentolan X-Men yang super populer. Namun sutradara James Mangold menggunakan pendekatan yang benar-benar unik dalam kisah ini.

Alih-alih mengandalkan aksi blockbuster, Logan justru menekankan pada drama. Logan dan Xavier tua tidak bisa bertarung seperti di film X-Men lain, sehingga mereka harus lebih banyak menghindar. Tapi itu justru membuat kisah ini memikat. Mangold tidak mengandalkan ledakan dan kehancuran untuk membuai penonton. Ia justru menggunakan penokohan yang luar biasa.

Ini Nih 5 Film Superhero Terbaik 2017! Film Favoritmu di Posisi Berapa? Sumber: Collider[/caption]

Keputusan Mangold untuk tidak mengaitkan Logan dengan semesta film X-Men juga berujung baik. Dia bisa fokus menyajikan kisah yang memikat, tanpa perlu memikirkan untuk menyambungkan filmnya ke judul lain-lain. Film ini pun bisa ditutup dengan pedih, namun juga memuaskan.

Logan memiliki sejumlah kelemahan, seperti musuh yang kurang keren. Tapi dari segi plot dan penokohan saja ini adalah film superhero terbaik 2017.


Sudah jelas daftar seperti ini tidak bisa disusun dengan obyektif. Apakah kamu keberatan dengan peringkat film superhero terbaik 2017 versi Duniaku.net ini? Sampaikan di kolom komentar!

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU