Tayang di Bioskop Indonesia, Ini 10 Film Asing Terbaik 2017

Inilah 10 film asing alias luar negeri terbaik yang tayang di bioskop Indonesia sepanjang tahun 2017. Nomor #1 udah nonton?

Tayang di Bioskop Indonesia, Ini 10 Film Asing Terbaik 2017

Tayang di Bioskop Indonesia, Ini 10 Film Asing Terbaik 2017

Dengan berakhirnya tahun 2017, Duniaku.net mengurutkan 10 film asing terbaik 2017 yang ditayangkan di jaringan bioskop Indonesia.

Banyak film-film luar negeri bagus yang rilis tahun 2017, tetapi mengapa harus film yang ditayangkan di jaringan bioskop Indonesia saja?

Bioskop adalah salah satu cara orang-orang Indonesia untuk menonton film terbaru. Pilihan ini didasari pada fakta bahwa ratusan hingga ribuan film dirilis ke publik setiap tahun dari setiap belahan dunia ini.

Bioskop menjadi akses paling merata, mudah, dan tentunya legal, selain kenyataan bahwa setidaknya kamu pasti pernah mendengar judul-judul berikut sehingga berkesan familiar.

[duniaku_baca_juga]

Film-film berikut ini adalah film yang rilis sepanjang tahun 2017 di negara asalnya, umumnya Amerika Serikat (Hollywood). Jadi, ucapkan selamat tinggal untuk film-film asik seperti La La Land, Arrival, dan Silence karena mereka dirilis tahun 2016 di Amerika, tetapi baru tayang di sini tahun lalu.

Inilah 10 film asing terbaik 2017 menurut Duniaku.net:

[page_break no="10" title="Beauty and the Beast"]

Tayang di Bioskop Indonesia, Ini 10 Film Asing Terbaik 2017

Film asing terbaik 2017 nomor 10 adalah Beauty and the Beast, remake dari film animasi berjudul sama keluaran Disney tahun 1991 lalu. Sama dengan versi animasinya, ia bercerita tentang seorang pangeran yang dikutuk menjadi monster buruk rupa saling jatuh cinta dengan seorang gadis desa.

Momen berkesan—Tale as old as time; true as it can be. Barangkali topik yang sama populernya dengan kisah legendaris Si Cantik dan Si Buruk Rupa adalah adegan dansa Beast dan Belle sambil diiringi lagu tema Beauty and the Beast. Cantik, magis, dan mempesona, tak bisa ditawar-tawar lagi.

[read_more id="302082"]

[page_break no="9" title="Baby Driver"]

Tayang di Bioskop Indonesia, Ini 10 Film Asing Terbaik 2017

Sutradara Edgar Wright adalah salah satu sutradara paling seru untuk dibahas di antara moviegoers dunia. Ia kreatif dalam mengolah komedi lewat visual dan juga unik serta bergaya dalam transisi antaradegan. Baby Driver ini bercerita tentang petualangan seorang supir muda yang handal melarikan maling setelah melakukan perampokan.

Momen berkesan—Thank you very much, ladies and gentlemen; right now i got to tell you about the fabulous; most groovy BELLBOTTOMS! 113 menit Baby Driver adalah keasikan tanpa henti tentang bagaimana Edgar Wright membuat film aksi dengan musik-musiknya yang sinkron. Adegan pembuka saat si supir muda dan para rampok melarikan diri dengan mobil Subaru merah sambil diiringi lagu Bellbottoms itu adalah yang paling berkesan.

[page_break no="8" title="Marrowbone"]

Tayang di Bioskop Indonesia, Ini 10 Film Asing Terbaik 2017

Film ke-8 dari 10 film asing terbaik tahun ini adalah Marrowbone. Film drama-horor asal Spanyol yang berbahasa Inggris ini bercerita tentang seorang remaja dengan tiga adiknya yang menyimpan rapat-rapat kabar kematian ibunya agar bisa terus bersama. Namun, sesuatu yang mengerikan tersimpan di balik tempat mereka tinggal.

Momen berkesan—Sulit sekali untuk menceritakan momen paling berkesan Marrowbone tanpa terjebak spoiler. Namun, yang membuat Marrowbone berkesan sebagai film adalah keunikannya untuk membuat film menjadi seram tanpa berteriak menakuti. Dramanya kuat sekali sehingga mampu menonjok emosi dan sanggup menghancurkan hati hingga berkeping-keping.

[read_more id="345657"]

[page_break no="7" title="War for the Planet of the Apes"]

Tayang di Bioskop Indonesia, Ini 10 Film Asing Terbaik 2017

Pertarungan antarkera (manusia, kera juga kan?) berlanjut kembali setelah sebelumnya telah tayang dalam dua prekuel: Rise of the Planet of the Apes (2011) dan Dawn of the Planet of the Apes (2014). Kali ini, jagoan para kera, Caesar memimpin kaumnya berperang melawan manusia.

Momen berkesan—Ending film adalah momen paling berkesannya sehingga, sama seperti Marrowbone, sulit untuk membocorkannya. Tetapi, apa yang terbaik dari film ini (dan dua film sebelumnya) bukanlah momen, tetapi karakter, yaitu Caesar. Ia adalah pemimpin yang kharismatik, bijaksana, dan dihormati, bahkan oleh kaum kera yang buas dan liar. Caesar adalah wujud dari penyesalan dan harapan manusia, bahwa seandainya saja kita punya pemimpin seperti dia.

[page_break no="6" title="Bad Genius"]

Tayang di Bioskop Indonesia, Ini 10 Film Asing Terbaik 2017

Film asing terbaik 2017 nomor enam adalah film heist-thriller dari Thailand, Bad Genius. Terinspirasi dari kisah nyata, Bad Genius berkisah tentang cerita para remaja SMA yang mencurangi ujian. Film karya sutradara Nattawut Poonpiriya dibikin dengan struktur cerita a la heist movie alias film tentang perampokan.

Momen berkesan—Dengan cerita a la a la heist, tentu saja momen paling berkesannya adalah ketika para tokoh mulai beraksi mencontek lewat cara-cara brilian. Yang paling mendebarkan adalah ketika mereka berusaha mencuri kunci jawaban ujian SAT, ujian internasional untuk masuk universitas di Amerika yang digelar secara ketat dan dilaksanakan secara bersamaan di seluruh dunia. Menegangkan sekali.


Film superhero satu ini berhasil menjadi salah satu film asing terbaik 2017. Temukan ia di halaman sebelah!

[page_break no="5" title="Logan"]

Tayang di Bioskop Indonesia, Ini 10 Film Asing Terbaik 2017

Ramainya film-film superhero Marvel dan DC belakangan ikut menyebabkan satu kebosanan baru: film superhero yang formulanya begitu-begitu saja. Namun, Logan berhasil menjadi film superhero paling segar beberapa tahun belakangan, salah satunya karena keberanian membuat adegan sadis. Logan bercerita tentang akhir masa Wolverine, sebelum digantikan oleh mutan generasi baru.

Momen berkesan—Banyak sekali adegan berkesan dalam Logan, seperti ketika Laura (X-23) menggila membunuhi penjahat di awal film. Namun, yang paling berkesan adalah momen akhir ketika Wolverine tamat riwayatnya setelah melalui serangkaian peristiwa yang mengubah caranya memandang hidup. Bad shit happens to the people I care about.

[read_more id="298842"]

[page_break no="4" title="Dunkirk"]

Tayang di Bioskop Indonesia, Ini 10 Film Asing Terbaik 2017

Barang siapa yang coba melucu dengan memplesetkan judul film ini menjadi “Dunkirk, bos!” akan saya sleding kepalanya. By the way, ini Christopher Nolan, guys, sutradara yang selalu ditunggu-tunggu filmnya oleh penikmat film di seluruh dunia. Dunkirk bercerita tentang evakuasi tentara Sekutu yang terpojok dan dikepung tentara Jerman di pantai Dunkirk.

Momen berkesan—Jika ingin diplomatis, hampir semua adegan dalam film Dunkirk berkesan. Sulit sekali memilihnya. Namun, jika harus memilih salah satu, ia adalah momen ketika Tom Hardy sedang dogfight alias bertempur di udara melawan pesawat musuh.

Menegangkan bukan main, apalagi diiringi oleh tata musik mencekam Hans Zimmer. Sayang seribu sayang jika kamu melewatkannya di bioskop karena—seperti petuah Nolan sendiri—film ini diciptakan khusus untuk ditonton di layar perak. Pengalaman sinematis yang luar biasa.

[page_break no="3" title="Get Out"]

Tayang di Bioskop Indonesia, Ini 10 Film Asing Terbaik 2017

Film asing terbaik 2017 ke-3 adalah film horor thriller Get Out. Get Out bercerita tentang Chris, seorang kulit hitam yang dibawa ke rumah orang tua pacarnya, Rose yang berkulit putih. Di sana, ia menemukan dirinya terjebak dalam situasi misterius dan menyeramkan. Selain menjadi film horor yang memang seram, ia juga menjadi kritik sosial tentang menyeramkannya menjadi minoritas.

Momen berkesanGet Out memang tidak sekuat Dunkirk dalam soal pengalaman menonton, tetapi kekuatannya ada setelah kita beranjak dari kursi bioskop. Ia sukses bikin paranoid, apalagi bagi mereka yang minoritas dan dianggap rendah oleh mayoritas.

Momen berkesannya adalah ketika Chris berjumpa dengan pria kulit hitam lain yang ia panggil brother di tengah-tengah masyarakat kulit putih yang creepy dan misterius. Namun, tak dinyana ada yang aneh, brother tersebut juga bertingkah misterius.

[page_break no="2" title="Blade Runner 2049"]

Tayang di Bioskop Indonesia, Ini 10 Film Asing Terbaik 2017

Blade Runner 2049 adalah runner-up dalam 10 film asing terbaik 2017. Sebelum memasuki tahun 2017 lalu, ia merupakan film fiksi-sains paling ditunggu-tunggu karena menjadi sekuel dari film klasik berpengaruh Blade Runner (1982). Kali ini, ia bercerita tentang seorang petugas khusus pembunuh robot bernama K (Ryan Gosling) yang menemukan misteri mengerikan tentang kehidupan manusia.

Momen berkesanBlade Runner 2049 dalam dua kata: keajaiban sinema. Momen paling berkesan adalah ketika K berjalan di kota mati dengan kabut berwarna oranye. Ia sangat cantik sekaligus magis.

Dennis Villeneuve sebagai sutradara berhasil secara visioner membikin dunia pasca-kiamat yang menarik dibantu dengan tangkapan gambar sinematografer Roger Deakins dan tata musik olahan Hans Zimmer. Dua setengah jam tak terasa lama sebab menonton Blade Runner 2049 tak ubahnya seperti meditasi.

[read_more id="337495"]

[page_break no="1" title="Wind River"]

Tayang di Bioskop Indonesia, Ini 10 Film Asing Terbaik 2017

Tolong beri jalan untuk film asing terbaik 2017: Wind River karya sutradara Taylor Sheridan. Taylor sebelumnya dikenal sebagai penulis skenario handal untuk sutradara lain seperti Dennis Villeneuve (Sicario) dan David Mackenzie (Hell or High Water), tapi ia seakan-akan menyimpan skenario terbaik untuk dirinya sendiri. Skenario terbaiknya itu adalah Wind River.

Film ini bercerita tentang seorang pemburu veteran dan seorang  agen FBI menelusuri jejak pembunuhan di sebuah reservasi warga asli Amerika.

Momen berkesan—Bagian akhir film ini adalah momen paling dikenang. Wind River adalah potret kesedihan yang mendalam. Dalam setiap detiknya ada ketakutan dan keputusasaan. Ia menegangkan secara konsisten sejak bagian awal film, tetapi tak pernah berteriak untuk sekadar mengharap kengerian penonton.

Alih-alih begitu, Taylor membuat Wind River seperti tak ubahnya musim dingin, diam-diam mencekam. Baru pada akhir film, saya mengucap nama Tuhan karena merasa hati seperti baru ditusuk tombak tajam bermata es.


Demikian 10 film asing terbaik 2017 menurut Duniaku.net. Apa film luar negeri terbaikmu tahun 2017 kemarin? Sampaikan di kolom komentar.

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU