Sedih! Sederet Girl Grup Korea Ini Bubar di Tahun 2017

Sedih, deretan girl grup ini dinyatakan bubar di tahun 2017

Sedih! Sederet Girl Grup Korea Ini Bubar di Tahun 2017

Sedih! Sederet Girl Grup Korea Ini Bubar di Tahun 2017 Sumber: Allkpop[/caption]

Seperti yang orang bilang, di dunia ini tak ada satu pun yang abadi termasuk kebersamaan para anggota suatu girl grup Korea. Meskipun mereka selalu terlihat kompak setiap saat, namun ada saatnya mereka akn berpisah dan menjalankan aktifitas masing-masing, seperti yang terjadi pada deretan girl grup Korea di bawah ini.

Di tahun 2017 tercatat ada sejumlah girl grup yang harus bubar karena berbagai alasan. Padahal beberapa di antaranya memiliki jumlah penggemar yang sangat besar serta karya-karya mereka cukup populer di kalangan penikmat musik K-pop.

Berikut adalah deretan girl grup Korea yang bubar di 2017.

[page_break no="1" title="Miss A"]

Miss A adalah grup yang terbentuk di bawah naungan JYP Entertainment. Uniknya, penampilan pertama Miss A bukanlah di Korea, melainkan di China. Kala itu, personel grup ini terus menerus berganti. Hingga akhirnya, mereka memulai debut resminya di Korea dengan 4 personel yaitu Min, Jia, Fei, dan Suzy.

Pada waktu itu, mereka didaulat sebagai grup K-pop tercepat yang menduduki peringkat pertama dalam sebuah acara musik K-pop dengan lagu debut-nya "Bad Girl Good Girl."

Mulai dari 2011, mereka memulai melebarkan sayapnya ke China dengan merilis lagu-lagu mereka dalam Bahasa Mandarin dan melakukan promosi di China serta Korea.

Album terakhir mereka yaitu "Colors" dirilis pada tahun 2015 dan bertepat dengan variety show mereka Real Miss A. Setelah itu, masing-masing personel disibukan dengan kegiatan masing-masing dan Miss A pun tak pernah kembali lagi ke panggung hiburan.

Pada Mei 2016, Jia mengundurkan diri dari Miss A, yang kemudian disusul oleh Min yang memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak bersama JYP. Dan pada Desember 2017, JYP pun mengumumkan bahwa Miss A resmi bubar.

[page_break no="2" title="I.O.I."]

I.O.I merupakan grup yang terbentuk dari ajang Produce 101 Season 1. Personel dalam grup ini adalah mereka yang berhasil duduk di peringkat 11 besar ajang tersebut. Namun sayang, sesuai kontrak di awal debut, girl grup ini akan dibubarkan setelah 1 tahun mereka debut. 

Tak lama setelah debut, nama grup langsung meroket. Lagu debut mereka yaitu "Dream Girls" berhasil duduk di peringkat ke enam di tangga lagu Melon, dan mars Produce 101 yaitu "Pick Me" diputar hampir di seluruh sudut kota.

Sebelum bubar, para produser dan penulis lagu berlomba-lomba mengirimkan karya mereka untuk dipilih menjadi lagu terakhir yang dirilis oleh I.O.I. Setelah melalui pertimbangan yang cukup panjang, akhirnya para personel I.O.I. memutuskan untuk menyanyikan lagu karya Woozi (SEVENTEEN) berjudul "Downpour" sebagai lagu terakhir mereka.

Meski hanya setahun berkarya di panggung hiburan Korea, I.O.I berhasil memboyong berbagai penghargaan di berbagai acara musik populer sepanjang tahun 2016. Karena itu, banyak penggemar yang merasa sedih ketika mereka bubar di awal tahun 2017. Meski begitu, para personel I.O.I. berkata bahwa mereka akan melakukan reuni setelah 5 tahun ke depan. Kita berharap semoga hal ini beneran terjadi yaa.

[read_more id="359713"]

[page_break no="3" title="Wonder Girls"]

Girl grup Korea yang bubar di 2017 berikutnya kembali datang dari grup JYP Entertainment. Wonder Girls memulai karier mereka di dunia hiburan Korea mulai dari awal tahun 2007 dengan lagu mereka "Irony."

Awalnya, girl grup ini digawangi oleh 5 personel yaitu Sunye, Sunmi, Sohee, HyunA, dan Yeeun. Namun, karena masalah kesehatan, pada Juli 2007, HyunA harus meninggalkan grup ini. Akhirnya, terpilihlah Yubin untuk menggantikan posisi HyunA dan bersama dengan Yubin, Wonder Girls merilis "Tell Me."

Karier Wonder Girls mulai meroket lewat lagu mereka "Nobody">." Pada tahun 2009, Wonder Girls memfokuskan kegiatan mereka di pasar musik Amerika dengan merilis versi Bahasa Inggris dari "Nobody." Promosi ini sangatlah sukses dan membuat Wonder Girls menjadi grup Korea pertama yang berhasil masuk dalam jajaran Hot 100 tangga lagu Billboard.

Seiring kesuksesan mereka di Amerika, Wonder Girls berencaca merilis untuk album berbahasa Inggris. Namun, salah satu personelnya yaitu Sunmi memilih meninggalkan aktifitas bersama Wonder Girls dan fokus menempuh pendidikan.

Hyerim pun terpilih untuk menggantikan posisi Sunmi. Dengan adanya pergantian personel, grup ini pun kembali ke Korea dan mengurungkan rencana untuk merilis album Bahasa Inggris.

Antara tahun 2012 hingga 2014, Sunye dan Sohee meninggalkan Wonder Girls. Di tahun 2015, Wonder Girls dengan Hyerim, Yeeun, Yubin, dan Sunmi kembali meramaikan panggung musik sebagai band.

Meski setelah itu mereka sempat merilis 2 album baru, di Januari 2017, 2 personel Wonder Girls memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak mereka dengan JYP. Sehingga sejalan dengan itu, Wonder Girls dinyatakan bubar.

Sebelum bubar, mereka sempat merilis sebuah lagu yaitu "Draw"> Me" untuk memperingati 10 tahun karir mereka di industri musik.

Bagi yang telah mengikuti K-pop mulai dari tahun 2010 atau sebelumnya, pasti sedikit banyak kalian memiliki kenangan akan lagu-lagu Wonder Girls. Dan kalian pasti memahami kontribusi mereka dalam membuat K-pop terkenal hingga ke mancanegara. Terima kasih Wonder Girls, Thank you for being so wonderful!


Sedih, ternyata masih banyak girl grup Korea yang bubar di 2017 lainnya di halaman berikutnya. Yuk, cari tahu!

[page_break no="4" title="SISTAR"]

Girl grup Korea yang bubar di 2017 berikutnya datang dari  Summer Queen K-pop, SISTAR. Grup ini memulai debut mereka di bawah naungan Starship Entertainment pada tahun 2010 dengan "Push Push." Sejak debut, SISTAR digawangi oleh 4 personel yaitu Hyorin, Bora, Soyou, dan Dasom.

Mereka adalah grup pertama di Korea yang terkenal lewat video yang diambil oleh penggemar. Video itu berisi momen ketika Bora terjatuh ditengah pertunjukan yang menyebabkan ibu jarinya patah. Namun ia tetap profesional dan kembali ke atas panggung beberapa menit kemudian.

Di tahun 2012, kesukses SISTAR lewat lagu mereka "Loving U", membuat 4 wanita cantik ini mendapat julukan Summer Queen. Seiring dengan kesuksesan "Loving"> U", lagu-lagu mereka lainnya seperti “Touch"> My Body,” “I"> Swear,” “Shake"> It,” dan “I"> Like That” menjadi tembang yang populer di publik terutama saat musim panas.

Pada Mei 2017, Starship mengumumkan rencana untuk merilis "Lonely." Beberapa minggu kemudian, mereka mengatakan bahwa promosi ini adalah promosi terakhir SISTAR di panggung musik Korea.

Tak lama setelah itu, grup ini pun dinyataka bubar. Namun, keempat personelnya masih tetap berkarir di dunia hiburan Korea sebagai soloist dan aktris.

[page_break no="5" title="SPICA"]

Sebelum grup bentukan B2M Entertainment ini memulai debutnya pada tahun 2012 silam, mereka telah terlebih dahulu merilis musik video pre-debut mereka yaitu "Doggedly." Diva K-pop Lee Hyori bahkan muncul dalam musik video tersebut dan membuat grup itu seketika banyak mendapatkan perhatian.

Lagu kedua mereka yaitu "Lonelybahkan sempat masuk dalam jajaran TOP 10 tangga lagu Gaon.

Hingga beberapa tahun setelah SPICA debut, Lee Hyori bersama timnya masih membimbing SPICA hingga mereka berhasil melakukan debut di Amerika pada tahun 2014.

Salah satu personelnya yaitu Kim Bo Hyung memilih cuti sementara dari aktifitasnya bersama SPICA untuk mengikuti ajang kompetisi vokal Girl Spirit. Setelah ia berhasil memenangkan kompetisi tersebut, girl grup ini kembali merilis album terbaru mereka setelah vakum selama 2 tahun.

[page_break no="6" title="I.B.I"]

I.B.I memulai debut di panggung hiburan Korea pada akhir 2016 sebagai projek grup dari LOEN Entertainment. Personel I.B.I adalah mereka yang berhasil menembus peringkat 22 besar ajang Produce 101 Season 2, namun tidak berhasil masuk dalam babak final.

Meskipun grup hanyalah sementara dan hanya berlalu-lalang di panggung hiburan Korea dalam waktu singkat, namun sangat menyenangkan ketika melihat mereka melakukan promosi bersama untuk "Molae Molae" dan melakukan shooting variety show mereka sendiri yaitu Hello I.B.I. 

Setelah I.B.I bubar, 2 personelnya yaitu Sohee dan Chaekyung debut lagi dalam grup fiksi yang bernama C.I.V.A.

[read_more id="354636"]


Ternyata, tidak sampau di sini saja, masih ada 3 girl grup Korea yang bubar di 2017 lainnya.

[page_break no="7" title="D. Holic"]

D. Holic adalah grup yang dibentuk oleh Star Road Entertainment di 2014. Grup ini memulai karirnya dengan merilis lagu berjudul "Chewy" sebagai lagu debutnya.

Setelah berganti personel beberapa kali, hanya 1 personel yang tersisa. Hal itu seara otomatis membuat D. Holic bubar.

Star Road berencana untuk memasukan 1 personel yang tersisa yaitu Rena ke dalam grup baru nantinya. Untuk saat ini, para penggemar bisa mendukung Rena di ajang survival show MIXNINE.

[read_more id="355781"]

[page_break no="8" title="Unicorn"]

Unicorn adalah grup bentukan Show Brothers Entertainment di tahun 2015. Persenelnya dipilih sendiri oleh penyanyi Kim Jo Han. Tujuan utama dibentukannya grup ini adalah untuk "mengobati" dengan musik. Namun pada September 2017, salah satu member-nya yaitu Remi mengumumkan lewat Instagram bahwa Unicorn telah bubar.

[page_break no="9" title="ChoColat"]

Girl grup Korea yang bubar di 2017 terakhir adalah Chocolat. Grup ini debut di tahun 2011 di bawah naungan Paramount Music dengan merilis single pertama mereka yaitu “Syndrome.”

Namun setelah beberapa tahun berkarir, mereka keluar dari "peta" persaingan dunia K-pop. Salah satu personelnya mengatakan bahwa kontrak mereka dengan agensi telah berakhir dan kini ChoColat resmi bubar.


Dan itulah deretan girl grup Korea yang bubar di 2017. Untuk Miss A, I.B.I, I.O.I, Wonder Girls, SPICA, SISTAR, D. Holic, Unicorn, dan ChoColat terima kasih telah mewarnai panggung hiburan Korea, menelurkan karya-karya yang keren, dan meberikan kebahagian kepada para penggemar K-pop hingga tahun 2017.

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU