10 Film Donnie Yen Terbaik yang Wajib Tonton, Adakah Favoritmu?

Ada favoritmu gak nih?

10 Film Donnie Yen Terbaik yang Wajib Tonton, Adakah Favoritmu?

Sepanjang kariernya, Donnie Yen sudah terlibat dalam puluhan film Mandarin. Tapi kira-kira, mana judul film Donnie Yen terbaik hingga saat ini? Berikut 10 daftarnya di bawah ini.

10. Bodyguards and Assassins

10 Film Donnie Yen Terbaik yang Wajib Tonton, Adakah Favoritmu?dok. We Distribution/Bodyguards and Assassins

Bodyguards and Assassins menjadi salah satu film yang dibintangi Donnie Yen di sepanjang karirnya sebagai aktor. Film ini menceritakan tentang revolusi Hong Kong saat melawan Kekaisaran Qing Tiongkok untuk memerdekakan negara mereka.

Di film yang rilis tahun 2009 ini, Donnie Yen berperan sebagai Shen Chongyang, seseorang yang gemar berjudi namun hidupnya penuh dengan kemiskinan. Ia merupakan tokoh protagonis di film ini.

9. Shanghai Knights

10 Film Donnie Yen Terbaik yang Wajib Tonton, Adakah Favoritmu?dok. Touchtone Pictures/Shanghai Knights

Shanghai Knights adalah film sekuel dari film Shanghai Noon yang dibintangi Owen Wilson dan Jackie Chan. 

Di film ini, Donnie Yen berperan sebagai Wu Chow yang merupakan penjahat yang ditugaskan untuk membunuh keluarga kerajaan Inggris serta menjebak Chon Lin agar dia tidak mendapatkan tahtanya.

8. Blade II

10 Film Donnie Yen Terbaik yang Wajib Tonton, Adakah Favoritmu?dok. Warner Bros/Blade II

Di film Blade II, Donnie Yen berperan sebagai Snowman yang merupakan anggota Bloodpack, sebuah tim elit vampir untuk membunuh Blade. Film ini juga menjadi awalan bagi karir Donnie Yen di film Hollywood.

Pada dasarnya, film ini bercerita tentang kelanjutan Blade yang merupakan manusia setengah vampir dan justru ingin melindungi manusia dari teror vampir.

7. Hero

10 Film Donnie Yen Terbaik yang Wajib Tonton, Adakah Favoritmu?dok. Miramax/Hero

Donnie Yen di film ini bermain bersama Jet Li. Film ini menceritakan tentang perwira yang menerima penghargaan karena berhasil mengalahkan tiga pendekar legendaris. 

Film ini menyajikan seni bela diri yang sangat mengesankan, apalagi aktor yang bermain di film ini adalah aktor spesialis seni bela diri. 

Hero yang rilis pada 2002 ini bahkan mampu tembus ke puncak box office Amerika dan masuk nominasi Oscar dalam kategori Best Foreign Language Film.

6. Rogue One: A Star Wars Story

https://www.youtube.com/embed/frdj1zb9sMY

Nama Donnie Yen memang identik dengan film-film bela diri. Tapi pada tahun 2016, ia tiba-tiba hadir dalam film fiksi legendaris, Rogue One: A Stars War Story.

Dalam film garapan sutradara Gareth Edwards tersebut, Donnie Yen berperan sebagai Chirrut Îmwe, pendekar prajurit pemberontak yang spiritual, dan meyakini semua makhluk hidup terhubung dengan melalui Force.

Meski kehilangan kemampuan penglihatannya, Chirrut tetap menjadi seorang pejuang yang sangat terampil.

Biarpun bukan pemeran utama, namun Rogue One: A Stars War Story berhasil menjadi salah satu film terbaik Donnie Yen dengan ulasan positif dari kritikus film.

Baca Juga: Inilah 5 Fakta Donnie Yen, Aktor yang Beneran Ahli Bela Diri!

5. Iron Monkey

https://www.youtube.com/embed/OEKUGTIS5HY

Iron Monkey adalah film yang memperlihatkan pertemuan antara pahlawan legendaris Tiongkok, Wong Fei-hung serta ayahnya Wong Kei-ying saat mereka bertemu sosok yang disebut sebagai "Kera Besi."

Di film tahun 1993 ini, Donnie Yen memerankan Wong Kei-ying sementara Wong Fei-hung diperankan oleh Angie Tsang.

Iron Monkey dikenal sebagai salah satu film bela diri terbaik. Bahkan di Rotten Tomatoes film ini dapat skor 91%, salah satu film Donnie Yen dengan skor Tomatometer tertinggi! 

4. Once Upon a Time in China II

https://www.youtube.com/embed/N8fgy3uxmeo

Inilah film yang mengangkat nama Donnie Yen sebagai salah satu aktor pendatang baru yang cukup diperhitungkan. Lewat film ini, Donnie Yen berhasil masuk nominasi sebagai Aktor Pendukung Terbaik di ajang Hong Kong Film Award.

Selain membawa nama Donnie Yen, film yang berlatar pada zaman kerajaan di Tiongkok ini juga meraih Best Action Choreography di ajang 12th Hong Kong Film Awards.

Salah satu momen paling berkesan di film ini tentu saja adalah duel antara karakter Donnie Yen lawan Jet Li! 

3. SPL

https://www.youtube.com/embed/rpOoggsdteQ

Film terbaik Donnie Yen selanjutnya adalah SPL: Sha Po Lang. Disutradarai oleh Wilson Yip, film bergenre aksi ini diisi oleh deretan aktor terkenal Mandarin seperti Sammo Hung, Simon Yam, Wu Jing, Liu Kai-Chi, dan juga Donnie Yen.

Film ini bercerita tentang perjuangan seorang polisi bernama Chan Kwok-chung (diperankan oleh Simon Yam) yang berusaha menangkap kriminal kelas kakap bernama Wong Po (diperankan Sammo Hung). Karena memiliki jaringan kriminal yang kuat dan back up dari oknum polisi membuat gerak-gerik Wong Po sulit ditebak. Hingga suatu ketika seseorang bersedia untuk bersaksi atas kejahatan yang diperbuat Wong Po.

Di film ini, Donnie Yen memerankan Inspektur Ma Kwun. Polisi yang tadinya ditunjuk untuk menggantikan Chan, dan kemudian terlibat juga dalam konflik melawan Wong Po. 

Film ini juga mengantarkan Donnie Yen meraih penghargaan Best Action Choreography di ajang perfilman Hongkong tahun 2006.

2. Flash Point

https://www.youtube.com/embed/g9qA-hMFng0

Sama seperti film Mandarin pada umumnya, Flash Point menceritakan tentang pertarungan polisi pembela kebenaran melawan penjahat Triad.

Di sini Donnie Yen tampil sebagai Jun Ma, seorang detektif yang mudah emosi dan suka bergerak impulsif. Sedangkan musuhnya adalah kelompok pengedar obat-obatan, yang dipimpin oleh 3 bersaudara Tony (Collin Chou), Archer (Ray Lui), dan Tiger (Yu cXing).

Di sini lagi-lagi Donnie Yen meraih penghargaan Best Action Choreography di 27th Hong Kong Film Awards dan 44th Golden Horse Film Awards.

1. Ip Man

https://www.youtube.com/embed/i1W0Pr1_hbo

Film terbaik Donnie Yen di peringkat pertama, tentu saja seri Ip Man! Seri film ini benar-benar melambungkan nama Donnie Yen di panggung Hollywood. Film yang diangkat dari kisah nyata ini, menceritakan seorang master Wing Chun bernama Yip Man dalam mengajarkan ilmu bela diri Win Chun yang saat itu belum berkembang.

Film Ip Man banyak mendapat sambutan positif dan penghargaan, termasuk penghargaan Aktor Terbaik yang diberikan kepada Donnie Yen.

Apakah kamu punya film terbaik Donnie Yen lain? Utarakan pendapatmu di kolom komentar ya!

Artikel pertama ditulis 17 Februari 2021 diperbarui dan dirilis ulang pada 14 September 2023 dengan tambahan 4 judul film yang dibintangi Donnie Yen lainnya.

Baca Juga: 10 Fakta Aktor Jackie Chan yang Mungkin Belum Kamu Tahu!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU