Battle Gear, Game Balap Arcade Realistis yang Keren dan Unik!

Dari Side by Side hingga akhirnya Battle Gear, pernahkah kalian memainkan game seru ini?

Battle Gear, Game Balap Arcade Realistis yang Keren dan Unik!

Battle Gear, Game Balap Arcade Realistis yang Keren dan Unik!

Penggiat arcade tentu sudah kenal dengan game balap seperti Maximum Tune dan Initial D Arcade Stage, namun jarang yang mengenal game balap arcade realistis besutan Taito ini, Battle Gear.

[duniaku_baca_juga]

Game arcade dapat ditemukan di hampir seluruh mall di setiap negara, dan umumnya menghadirkan game-game dari musik hingga balapan. Bame balap umumnya banyak disenangi karena dapat dimainkan bersama, namun ada satu game yang sangat jarang ditemui, sebuah game balap arcade realistis yang dikembangkan oleh Taito.

Battle Gear merupakan satu game balap arcade unik yang dikembangkan oleh Taito. Berbeda dengan game seperti Maximum Tune ataupun Dead HeatBattle Gear lebih mirip sebagai game simracing dengan segala kelengkapannya seperti persneling dan kopling. Pertamakali dirilis pada 1996, Battle Gear capai seri terakhirnya 4 Tuned Pro pada tahun 2006.

[read_more id="357519"]

Sebelum Battle Gear digunakan sebagai nama resmi untuk game ini, Taito dulunya menggunakan nama Side by Side dengan 4 versi yang berbeda termasuk Side by Side 2000 untuk konsol Playstation. Dalam perkembangannya, Taito beberapa kali membawakan Battle Gear menuju Playstation 2.

Seri Battle Gear mengawali langkah Taito untuk menghadirkan game simulasi balap yang dapat diakses oleh siapa saja dalam arena bermain seperti Timezone. Fitur assist yang diberikan sangat membantu para pemula yang masih belum biasa dalam memainkan simulasi balap satu ini.

Menghadirkan berbagai opsi mobil mulai dari JDM seperti Nissan hingga mobil non-JDM seperti Peugeot, pemain dapat memilih dan mengendarai mobil tersebut melalui beberapa lokasi sirkuit fiktif hingga pegunungan Jepang seperti Akagi dan Akina. Lokasi pegunungan ini  dirasa menarik mengingat Battle Gear 3 memiliki mode khusus bernama Takumi Mode.

Satu hal yang menarik dari Battle Gear adalah penggunaan sistem penyimpanan data yang unik. Jika Maximum Tune dan Initial D Arcade Stage menggunakan kartu yang terhubungkan dengan serverBattle Gear memiliki metode yang mirip namun bukan menggunakan kartu. Lalu, apa yang digunakan oleh game ini?

Battle Gear, Game Balap Arcade Realistis yang Keren dan Unik! Kunci NESYS Key yang digunakan untuk menyimpan data pemain.[/caption]

NESYS Key, sebuah sistem penyimpanan berbentuk kunci mobil. Kunci ini menyimpan sebuah identifikasi dari pemain yang lalu akan mengambil profil pemain dari server Taito NESYS.

Namun tentu saja, kunci ini hanya dapat dibeli pada mesin yang tersambung dengan internet, dan hanya dapat digunakan pada kasus yang sama. Keberadaan mesin ini di Indonesia amat disayangkan mengingat game ini tidak pernah terhubung dengan server. Bahkan, keberadaan game ini sudah sulit ditemukan mengingat game ini terakhir dirilis pada tahun 2006.

 

Game ini memang sangat sulit ditemukan, namun kalian masih tetap dapat memainkan game ini di Playstation 1, Playstation 2 maupun emulator game arcade. Pada Playstation 2 sendiri, Battle Gear 2 hingga Battle Gear 3 dapat dimainkan walaupun keseruan yang didapat tidak akan seintens pada versi arcade aslinya.

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU