Ini Dia 9 Lagu Jepang yang Wajib Kamu Dengar Minggu Ini! (Volume 15)

Untuk minggu ini lagu Jepang yang wajib kamu dengar datang dari Nona Reeves, Akai Ko-en, Alfred Beach Sandals + Stuts, Punpee, Dadaray, Akai Ko-en, dan masih banyak lagi

6

Alfred Beach Sandal + STUTS – Horizon (Atik Sounds, 2017)

[youtube_embed id=”9VYJF5DqxxY”]

Alfred Beach Sandal merupakan nama dari proyek solo dari Akihisa Kitazato yang sudah mulai berjalan dari tahun 2009. Nama dia populer di kalangan pecinta musik soul dan city pop Jepang berkat vokalnya yang lembut dan mampu membius pendengarnya.

Pada 21 Juni 2017 kemarin ia mengeluarkan album kolaborasinya bersama DJ merangkap trackmaker merangkap MPC Player yang sudah terkenal di pecinta musik hip hop/soul Jepang yaitu STUTS, album tersebut diberi nama ABS+STUTS dan mendapat respon positif berkat materi lagunya yang soulful dan benar-benar meneduhkan hati dan telinga.

Seperti lagu “Horizon” yang benar-benar menguatkan konsep blue-eyed-soul yang sangat kuat dengan musik ala 90’an yang menenangkan hati dan pikiran setelah lelah beraktivitas.


CONTINUE READING BELOW

Ini Dia 20 Lagu Jepang yang Paling Banyak Diputar di Youtube Selama 2017!

Dua puluh lagu Jepang yang ada di dalam daftar ini pasti sudah sering kamu dengar tiap harinya. Ayo tebak siapa yang jadi juaranya?


7

Punpee – Time Machine ni Notte (Summit, 2017)

[youtube_embed id=”dgQEFNzW8k8″]

Punpee merupakan seorang musisi yang serba bisa dalam dunia musik hip hop. Ia bisa menjadi rapper, DJ, trackmaker, MC, sound engineer bahkan menjadi produser.

Meskipun namanya cukup asing di telinga pecinta musik Jepang, tetapi prestasinya di dunia musik sudah tidak diragukan lagi. Ia pernah memenangkan lomba ULTIMATE MC BATTLE 2006 dan AKAI PROGESSIONAL PRESENTS SAMPLER BATTLE GOLDFINGER’s KITCHEN 2009.

Selain itu ia membangun karirnya secara perlahan-lahan di dunia hip hop Jepang. Rapper berkacamata ini langsung melejit berkat melakukan remix lagu legendaris dari Utada Hikaru yaitu “Hikari” untuk game Kingdom Hearts HD 2.8 Final Chapter Prologue yang mendapat tanggapan luar biasa dari pecinta musik dan game.

Pada 4 Oktober 2017 kemarin ia merilis album perdananya MODERN TIMES yang menggabungkan musik hip hop jadul dan saat ini dengan sangat pas. Album ini berhasil meraih posisi 10 besar di Jepang dan semakin melambungkan nama Punpee sebagai musisi hip hop paling panas di Jepang.

8

Rekishi – Katoku (Victor, 2017)

[youtube_embed id=”AlNmX5Y27vY”]

Proyek solo dari Takafumi Ikeda ini memang nyentrik dan aneh. Setiap ia tampil dimanapun ia memakai pakaian tradisional Jepang dan selalu bertingkah layaknya petinggi-petinggi istana Jepang pada jaman dahulu.

Mantan keyboardist dari band pop SUPER BUTTER DOG ini telah berkarir dari tahun 1995 tetapi baru mengeluarkan album perdananya sebagai Rekishi pada tahun 2007 kemarin dan sudah bolak-balik berpindah label.

Ia menemukan titik kesuksesannya bersama Victor Entertainment dan merilis dua album di bawah label tersebut yang masuk ke posisi 10 besar di Jepang. Salah satu lagu yang ia keluarkan berjudul “Katoku” telah dirilis pada 26 April 2017 kemarin dan bernuansa sangat 80’an mulai dari tema lagunya dan suasana lagunya yang dipenuhi oleh beat new wave dan disco meskipun pakaian Rekishi masih sama seperti dulu.

9

Sano Ibuki – Mahou (Self-Released, 2017)

[youtube_embed id=”wzZJJ416aZY”]

Sano Ibuki merupakan solois pendatang baru dari Jepang yang akan bersinar di tahun 2018 ini. Dengan lirik yang sendu, alunan gitar yang lembut dan juga muka yang mirip dengan Kenshi Yonezu ia diprediksi akan berbicara banyak di skena musik Jepang selama tahun 2018.

Sano Ibuki mempersembahkan lagu “Mahou” sebagai bentuk perkenalannya kepada penggemar musik Jepang dengan balutan nada yang melodius dan petikan gitar akustik yang jernih.

Diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS
Luthfi Suryanda

Penyiar dan Tukang Kritik Anime, Musik, Film di blog pribadinya RE:PSYCHO. Senang akan hal berbau senang-senang. Sekarang belajar caranya menaklukkan industri pop kultur di Asia Tenggara