Ini Nih, Kesalahan yang Sering Dilakukan Ilustrator Komik Pemula Menurut Editor in Chief Marvel!

Sedikit nasihat dan juga tips dari editor in chief Marvel buat kamu yang ingin menjadi seorang ilustrator komik pro… dan mungkin bermimpi untuk bekerja sebagai komikus Marvel!

Sedikit nasihat dan juga tips dari editor in chief Marvel buat kamu ilustrator komik pemula yang ingin menjadi pro… dan mungkin bermimpi untuk bekerja sebagai komikus Marvel!

Kecuali jenius, sudah menjadi hal umum bagi para ilustrator komik pemula untuk melakukan berbagai macam kesalahan ketika membuat sebuah komik. Dari kesalahan-kesalahan tersebut, ada beberapa kesalahan yang menurut CB Cebulski, editor in chief Marvel Comics, merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh para ilustrator komik, lho! Apakah itu?

Dalam event Marvel Creative Day Out yang diadakan pada tanggal 12 Januari 2018 lalu di Kampus Binus Anggrek, CB Cebulski datang sebagai salah seorang guest yang mengisi acara.

Setelah menceritakan panjang lebar mengenai sejarah Marvel dari awal pendiriannya hingga saat ini, CB pun menjawab beberapa pertanyaan pengunjung. Salah satu pertanyaan tersebut adalah apa kesalahan yang sering dilakukan oleh para ilustrator pemula.

CB mengatakan bahwa ilustrator komik pemula sering sekali meniru gaya gambar orang lain. Dia menjelaskan, bahwa menggunakan gambar orang lain sebagai acuan untuk belajar adalah sesuatu yang wajar dan sangat dianjurkan.

Meskipun begitu, CB mengatakan bahwa seorang ilustrator komik pemula jangan terlalu meniru hingga akhirnya memiliki gaya gambar yang benar-benar mirip.

CB menganjurkan bagi para ilustrator komik pemula untuk mengembangkan gaya gambar mereka sendiri. Ilustrator komik harus memiliki keunikan sendiri dalam gaya gambar mereka.

CB Cebulski saat menjelaskan step-by-step pembuatan komik Marvel

Selain itu, CB juga menyarankan bagi para ilustrator untuk mempelajari anatomi tubuh manusia dengan baik. Memang, ada banyak karakter yang memiliki tubuh berbeda dengan manusia—dia menjadikan Hulk sebagai contohnya. Akan tetapi, untuk membuat Hulk yang berbadan besar seperti itu, seorang ilustrator haruslah menguasai bentuk anatomi dasar manusia terlebih dahulu.

Menariknya, CB mengatakan bahwa dia membuka pintu lebar-lebar kepada siapapun yang tertarik untuk menjadi seorang ilustrator komik Marvel—termasuk kepada para ilustrator Indonesia. Dan sepertinya, tips serta nasihat di atas adalah beberapa hal yang ingin dia sampaikan kepada para ilustrator Indonesia yang ingin menjadi seorang komikus Marvel.

Nah, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang ilustrator komik Marvel?

TENTANG PENULIS
Snow

Veteran game survival-horror terutama Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis light novel. Light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.