Wah, Pengembang Citra Umumkan Emulator Nintendo Switch!

Berawal dari Citra 3DS, Emulator untuk Switch pun akhirnya diumumkan.

emulator nintendo switch

Ingat dengan Citra 3DS? Emulator untuk 3DS ini sempat populer dan hingga saat ini masih dikembangkan. Namun pengembangnya tidak berhenti sampai situ saja, sebab mereka mengumumkan emulator Nintendo Switch!

Tidak sedikit dari para gamer yang pastinya berharap akan kehadiran emulator Nintendo Switch, namun rasanya terlalu cepat berharap mengingat umur Switch masih belum setahun. Namun jangan cemas, pengembang dibalik Citra 3DS mengumumkan Yuzu Emulator sebagai emulator untuk Nintendo Switch!

Tentu banyak yang sudah tidak asing dengan Citra 3DSCitra 3DS diciptakan sebagai sebuah emulator yang dikhususkan untuk menjalankan berbagai macam game 3DS. Perkembangannya sekarang ini tidak bisa dianggap remeh, saat ini emulator Citra sudah bisa menjalankan berbagai macam game 3DS dengan framerate yang stabil.


CONTINUE READING BELOW

Tambah Koleksimu, 5 RPG 3DS Yang Wajib Kalian Mainkan!

Sedang mencari game 3DS yang menarik untuk dimainkan? Atau sekedar untuk koleksi? 5 RPG 3DS di daftar ini bisa jadi alternatif kalian!


Bahkan, game seperti Pokemon Sun & Moon saja sudah dapat dijalankan dengan opsi-opsi tambahan seperti peningkatan tampilan grafis, yang membuat game ini tampil lebih indah dibandingkan saat dijalankan di Nintendo 3DS. Kelompok pengembang Citra sudah terbukti memiliki pengalaman yang sangat dalam perihal pengembangan emulator.

Memang, Citra 3DS masih jauh dari sempurna. Banyak yang mengalami permasalahan perihal framerate yang kurang stabil sekalipun spesifikasi PC mereka dirasa lebih dari cukup, bahkan terkadang PC dengan spesifikasi lebih rendah bisa menjalankan game tersebut dengan lancar. Tim Citra hingga saat ini masih berupaya mengembangkan emulator tersebut.

Perkembangan mereka tidak sampai situ saja. Berbekal dari pengalaman mereka dalam mengembangkan emulator 3DS, tim yang berawal dari Citra mulai mengembangkan Yuzu, sebuah emulator Nintendo Switch. Uniknya, emulator ini tidak dikembangkan dari nol! Lho, kalau begitu source code-nya darimana?

aplikasi terkait

Fire Emblem Heroes

Nintendo Co., Ltd.

4.6
starstarstarstarstar
Bermain Fire Emblem di ponselmu!

Bunnei, pengembang dari tim Citra menyebutkan bahwa 3DS dan Nintendo Switch memiliki beberapa kesamaan. Dari sini, mereka mengambil source code dari Citra 3DS yang lalu disesuaikan untuk Nintendo Switch. Saat ini, Yuzu masih membutuhkan banyak bantuan dan mereka berupaya untuk menarik banyak orang untuk mengembangkan emulator ini.

Yuzu masih belum dapat memainkan game Nintendo Switch, namun beberapa game disebut dapat dijalankan tanpa adanya tampilan grafis yang dapat di-render. Tim pengembang belum dapat memastikan kapan Yuzu akan siap digunakan namun mereka akan memprioritaskan Yuzu untuk menjalankan game Switch.

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggemar berat game arcade, terutama Initial D Arcade Stage. Akhir-akhir ini mulai kembali menjalani hobi airsoft.