3 Momen Mr. Satan Dragon Ball Menyelamatkan Bumi dari Kehancuran!

Meskipun narsis berlebihan, lemah dan pengecut, tetapi Mr. Satan pernah menyelamatkan Bumi setidaknya 3 kali dari kehancuran, lho!

3 Momen Mr. Satan Dragon Ball Menyelamatkan Bumi dari Kehancuran!

Mr. Satan dikenal sebagai karakter yang menyebalkan sepanjang serial Dragon Ball. Bagaimana tidak? Karakter yang satu ini sangat narsis, egois, dan pengecut. Akan tetapi, dibalik semua kenegatifannya tersebut, sebenarnya Mr. Satan merupakan orang yang sangat baik. Saking baiknya, dia sampai mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan Bumi.

Ya, Mr. Satan pernah menyelamatkan Bumi. Sepanjang serial Dragon Ball, dia tidak hanya sekali menyelamatkan Bumi dari kehancuran. Terhitung, ada tiga kali Mr. Satan pernah menyelamatkan Bumi dari kehancuran. Saat apa sajakah itu? Berikut ini pembahasannya!

1. Cell Saga - Mr. Satan yang melempar kepala Android 16 ke dekat Gohan

3 Momen Mr. Satan Dragon Ball Menyelamatkan Bumi dari Kehancuran!Mr. Satan membawa kepala Android 16. (Dok. Toei Animation/Dragon Ball Z)

Kemunculan pertama Mr. Satan adalah saat Cell Games Saga. Di sini, dia disebut sebagai seorang juara bela diri dunia. Dia juga digambarkan sebagai seorang karakter yang penuh percaya diri—hingga pada titik bisa disebut sebagai seorang yang sombong.

Ketidaktahuannya pada Ki menyebabkan dia percaya bahwa terbang atau tembakan energi yang dilakukan oleh Cell (dan termasuk Goku dkk) adalah sebuah trik belaka. Dia dengan percaya diri melawan Cell dan berakhir dengan dilempar ke luar arena oleh Cell.

Meskipun menghabiskan kebanyakan waktu bersembunyi selama Cell Games, tetapi di penghujung pertarungan, Satan bisa dibilang cukup berjasa. Saat itu, Android 16 yang hanya tinggal kepalanya saja setelah diserang oleh Cell, meminta Mr. Satan untuk membawanya mendekati Gohan dan Cell.

Mr. Satan beneran membantu. Meskipun pengecut, dia melawan rasa takutnya dan memberanikan diri untuk melemparkan kepala Android 16 mendekati Gohan. 

Kalau saja Satan tidak melakukan itu, Android 16 tidak bisa bicara ke Gohan.

Kepala Android 16 sendiri kemudian diinjak hancur Cell, setelah 16 meminta Gohan untuk melindungi alam dan hewan. Gohan mencapai Super Saiyan 2 kemudian. 

Kalau saja Mr. Satan egois atau tidak peduli dengan keselamatan dunia, dia pasti sudah melarikan diri atau menghiraukan Android 16. Kalau itu terjadi, mungkin saja Android 16 tidak akan diinjak oleh Cell dan Gohan tidak menjadi Super Saiyan 2—dan Bumi hancur oleh Cell.

Antara itu, atau Gohan tetap mencapai Super Saiyan 2... namun setelah kematian beberapa temannya. Soalnya ketika itu, Cell Jr. sudah mulai menghajar teman-teman Gohan. 

Baca Juga: 6 Fakta Orange Piccolo, Wujud Baru Piccolo di Dragon Ball Super

2. Buu Saga - Interaksi unik Satan dan Buu

3 Momen Mr. Satan Dragon Ball Menyelamatkan Bumi dari Kehancuran!Mr. Satan dan Buu. (Dok. Toei Animation/Dragon Ball Z)

Mendapatkan ketenaran karena mengaku sebagai orang yang mengalahkan Cell, Satan semakin terkenal. Memasuki Majin Buu Saga, dia pun dipercaya sebagai seseorang yang mampu mengalahkan Buu.

Meskipun masih tetap sombong dan pengecut, tetapi Mr. Satan benar-benar berniat untuk mengalahkan Buu, meskipun tidak dengan menggunakan otot dan lebih menggunakan otak.

Akan tetapi, karena Mr. Satan menunjukkan dengan tulus rasa respect dan juga kasih sayang manusia kepada Buu (seperti yang diperlihatkan ketika dia “ragu” untuk meledakkan Buu yang dia yakini dapat membunuh Buu), melalui sebuah proses “negosiasi” dia menasehati Buu bahwa membunuh bukanlah sesuatu yang baik.

Hal ini diterima oleh Buu. Dia pun berjanji tidak akan membunuh lagi. Bisa dibilang Mr. Satan menyelamatkan Bumi di sini.

Sayangnya, kemunculan dua orang bandit yang menembak anjing milik Buu dan Mr. Satan membuat keselamatan Buu kembali terancam. Pasalnya, tindakan mereka membuat Buu benar-benar marah.

Bimbang antara ingin membunuh para bandit atau menepati janjinya dengan Satan, Buu pun mengeluarkan sebagian besar energi jahatnya yang kemudian menjelma menjadi Buu Jahat.

3. Buu Saga - Meyakinkan penduduk Bumi, lalu membawa Vegeta menjauhi area Genki Dama

3 Momen Mr. Satan Dragon Ball Menyelamatkan Bumi dari Kehancuran!Mr. Satan menolong Vegeta. (Dok. Toei Animation/Dragon Ball Z)

Berlanjut ke pertarungan lawan Kid Buu, Goku dan Vegeta membawa pertarungan mereka dengan Kid Buu menuju dunia Kaio Shin. Selama pertarungan yang cukup alot, Vegeta pun memiliki ide supaya Goku membuat Genki Dama atau Bola Semangat untuk mengalahkan Kid Buu.

Pada awalnya, Vegeta kemudian Goku berusaha untuk meyakinkan penduduk Bumi untuk mengirim Ki mereka dengan mengangkat kedua tangan ke udara. Akan tetapi, banyak penduduk Bumi yang tidak mau melakukannya karena mereka tidak mengenal Goku—apalagi Vegeta.

Di sinilah Mr. Satan berperan. Dia pun berteriak meyakinkan penduduk Bumi untuk mengangkat tangan mereka ke udara. Karena Mr. Satan terkenal, penduduk Bumi pun dengan sukarela mengangkat tangan mereka—mengirimkan Ki untuk membentuk Genki Dama.

Selain membantu mengumpulkan energi, Mr. Satan juga memberanikan diri untuk menggotong Vegeta menjauh dari Kid Buu supaya tidak terkena Genki Dama. Kalau tidak ada Mr. Satan, Goku tidak akan memiliki cukup Genki Dama, selain itu mungkin juga Vegeta akan mati terbunuh oleh Kid Buu.

Itulah tadi 3 momen di mana Mr. Satan pernah menyelamatkan Bumi. Di luar dugaan, karakter yang cuma pantas jadi banyolan ini ternyata cukup berjasa dalam menyelamatkan Bumi, ya! Mungkin, hal ini pula yang membedakan Dragon Ball dengan Dragon Ball Super: adanya karakter baru yang tidak hanya melulu memiliki kekuatan lebih besar dan mengancam.

Baca Juga: Ini 8 Wujud Perubahan Son Gohan dari Dragon Ball!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU