The Emoji Movie Jadi Film Pertama yang Tayang di Arab Saudi Setelah 35 Tahun!

Di antara semua film, kenapa harus The Emoji Movie ya?

Setelah dilarang selama 35 tahun, akhirnya pemerintah Arab Saudi mengangkat larangan pemutaran film di bioskop dan film pertama yang disajikan setelah 35 tahun itu adalah…..The Emoji Movie.

Kita semua tahu bahwa sebuah film animasi bernama The Emoji Movie merupakan film jelek dan menjadi salah satu film animasi terburuk di tahun 2017 kemarin. Cerita yang ngawur, karakter yang aneh, dan tema cerita yang tidak masuk akal menjadikan film ini menjadi salah satu film yang menjadi bulan-bulanan penonton film di internet pada tahun lalu.

Tetapi setidaknya The Emoji Movie mendapat tempat di sebuah negara Jazirah Arab bernama Arab Saudi. Pasalnya, The Emoji Movie bersamaan dengan Captain Underpants: The First Epic Movie akan menjadi film pertama yang ditayangkan di bioskop Arab Saudi setelah pemerintah di sana melarang film diputar di bioskop selama 35 tahun.


CONTINUE READING BELOW

Review Emoji Movie: Film Animasi Terburuk 2017?

Baru saja tayang di Indonesia pada tanggal 11 Agustus kemarin, inilah review Emoji Movie dari Duniaku. Apakah benar ini adalah film animasi terburuk 2017?


Dua film ini akan diputar selama seminggu dan ditayangkan di pusat kebudayaan yang dikelola oleh negara karena belum ada bioskop permanen yang dibuka. “Kami mencoba menggunakan film-film ini sebagai titik awal pemutaran film bioskop pertama”, kata penyelenggara acara Mamdouh salim kepada Reuters.

Menurut laporan, pemerintah Arab saudi mengharapkan dapat membuka 300 bioskop pada tahun 2030. Seperti yang ditunjukkan The New York Times, unduhan internet dan TV satelit memungkinkan warga menonton film, bahkan tanpa bioskop sekalipun.

Meskipun bisa tayang di Arab Saudi, tetapi film-film yang masuk akan mendapatkan sensor yang ketat. Pada bulan Desember, Kementerian Kebudayaan dan Informasi Arab Saudi mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa film “akan dikenai penyensoran berdasarkan kebijakan dan regulasi media kerajaan Arab Saudi,” menurut The New York Times.

Reuters melaporkan bahwa bioskop permanen akan dibuka di negara tersebut pada Maret 2018 meskipun belum ada rencana jelas tentang dimananya.

Arab Saudi memang sekarang sudah mulai membebaskan penduduknya seperti mengangkat larangan menonton konser dan memperbolehkan perempuan menghadiri pertandingan sepak bola di stadion umum.

Tetapi, di antara semua film animasi yang bagus seperti film Ghibli atau film animasi Amerika yang lain kenapa memilih film seperti The Emoji Movie, apakah warga Arab Saudi akan merasa kaget bahwa film ini tidak sesuai dengan ekspektasi mereka setelah 35 tahun kangen nonton film di layar lebar? Ada-ada saja.

Diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS
Luthfi Suryanda

Penyiar dan Tukang Kritik Anime, Musik, Film di blog pribadinya RE:PSYCHO. Senang akan hal berbau senang-senang. Sekarang belajar caranya menaklukkan industri pop kultur di Asia Tenggara