6 Mainan Tradisional yang Pasti Dikangenin Generasi 90-an

Kamu lahir tahun 90-an? Atau tumbuh besar di era tersebut? Pastinya kangen banget sama deretan mainan tradisional berikut ini. Apa saja ya?

mainan tradisional

Kamu lahir tahun 90-an? Atau tumbuh besar di era tersebut? Pastinya kangen banget sama deretan mainan tradisional berikut ini. Apa saja ya?

Kids zaman now mungkin sudah merasa puas menikmati gadget mahal atau game-game terbaru yang ada di smartphone. Tapi bagi generasi 90-an, banyak cara yang bisa dilakukan demi mendapat kebahagiaan di masa kecil. Salah satunya adalah bemainan mainan tradisional bersama teman-teman sepulang sekolah.

Ya, walaupun zaman sudah berubah dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, tapi Kamu pasti masih kangen sama deretan mainan tradisional berikut ini.

1

Kelereng

Hampir semua anak generasi 90-an, pasti pernah memainkan mainan tradisional yang satu ini. Yup, kelereng atau gundu adalah permaian yang sangat menarik dan bisa dimainkan oleh siapa saja. Saking serunya, mungkin Kamu bakal lupa waktu ketika bermain bersama teman-temanmu.

Uniknya, permainan kelereng tak memiliki peraturan yang baku. Pasalnya, setiap daerah atau bahkan kampung, punya aturannya sendiri. Tapi intinya, setiap kelereng yang kena pukul, artinya kelereng itu kalah.

Ada skill-skill khusus juga lho supaya Kamu jago bermain kelereng. Terutama dalam masalah konsentrasi dan akurasi saat menyentil kelereng.

2

Petak Umpet

Ketika gebetanmu lebih sering bersembunyi saat bertemu Kamu, mungkin dia adalah seorang atlet petak umpet sejati pada era 90-an. Pasalnya selain kelereng, petak umpet menjadi mainan tradisional lainnya yang sangat populer.

Permainannya pun sangat sederhana, di mana ada satu orang yang jaga, sisanya bersembunyi di tempat-tempat strategis. Kalau ketahuan, si penjaga harus menyebutkan nama orang yang ngumpet itu sambil menyentuh tembok atau benteng.

Satu hal yang paling menyebalkan ketika bermainan petak umpet adalah ketika ada temanmu yang malah ngumpet di dalam rumahnya sendiri. Dijamin deh, sampai lebaran juga gak bakal ketemu.

3

Galasin

Anak 90-an juga sudah dilatih ketangkasannya lewat permainan galasin atau gobak sodor. Gak sekadar permainan, galasin biasanya jadi ajang pamer cowok-cowok di depan para cewek lho.

Gimana engga, di sini pemain diharuskan melewati musuh yang berjaga di setiap pos. Perlu kelincahan dan lari yang cepat untuk bisa lolos. Ketika Kamu berhasil, dijamin bakal terdengar sorak-sorai para gadis meneriaki namamu.

Untuk bermain galasin biasanya dibutuhkan minimal 10 orang yang terbagi dalam dua tim. Tim yang anggotanya paling banyak lolos, maka dia yang menang.


CONTINUE READING BELOW

Populer Banget Pada Tahun 90-an, Bagaimana Ya Kabar Pemain Tuyul dan Mbak Yul Sekarang?

Bagi generasi 90-an, acara Tuyul dan Mbak Yul yang tayang di RCTI menjadi tontonan wajib setiap malam. Setelah populer di masanya, kira-kira bagaimana ya kabar pemain Tuyul dan Mbak Yul sekarang?


Ada tiga lagi mainan tradisional yang pasti ngangenin banget buat dimainin. Apa saja ya? Cek di halaman selanjutnya!

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca