Kangen dengan Nintendo DS? Yuk, Main 10 RPG NDS Seru Ini!

Sedang bosan dengan game 3DS dan mencari alternatif? Mungkin sudah saatnya kita kembali melihat daftar RPG NDS yang dapat kita mainkan kembali.

Kangen dengan Nintendo DS? Yuk, Main 10 RPG NDS Seru Ini!

Kangen dengan Nintendo DS? Yuk, Main 10 RPG NDS Seru Ini!

Nintendo DS memang sudah digantikan oleh adiknya Nintendo 3DS, namun bukan berarti kita harus berhenti memainkan game-game dari kakaknya. 10 RPG NDS ini bisa kalian jadikan alternatif disaat kalian sedang butuh game di 3DS!

[duniaku_baca_juga]

Memiliki Nintendo 3DS bukan berarti harus berhenti bermain game NDS, slot cartridge yang identik memberikan opsi backward compability untuk game-game NDS. Disaat kalian sedang menanti game 3DS yang kalian incar, tidak ada salahnya untuk mencoba memainkan 10 RPG NDS ini.

Konten dari daftar RPG NDS ini merupakan pilihan berdasarkan pengalaman bermain dari penulis, yang mana urutan-urutan tersebut diacak dikarenakan masing-masing game memiliki kelebihannya tersendiri.

[read_more id="354906"]

[page_break no="1" title="Rune Factory"]

Daftar RPG NDS kali ini dibuka dengan Rune Factory yang dikembangkan oleh Neverland. Anggaplah kalian sedang bermain Harvest Moon dengan elemen Action RPG, itulah Rune Factory. Untuk di handheld Nintendo sendiri, sudah ada 4 seri yang dirilis, 3 untuk NDS dan satu untuk NDS.

Sama seperti Harvest Moon, kalian akan bermain sebagai tokoh tak bernama. Pada Rune Factory, kalian bisa bercocok tanam, mengikuti alur cerita ala JRPG, serta menikahi salah satu waifu atau husbando pilihan kalian. Sayangnya, untuk seri NDS kalian akan dibatasi sebagai tokoh utama pria. Untuk para gamer wanita, sebaiknya kalian memainkan Rune Factory 4 di 3DS.

Kangen dengan Nintendo DS? Yuk, Main 10 RPG NDS Seru Ini! Rune Factory 4 untuk Nintendo 3DS. Di versi ini, Neverland menambahkan opsi gender.[/caption]

[page_break no="2" title="Luminous Arc"]

Dengan genre Turn-Based RPG yang mirip seperti Final Fantasy TacticsLuminous Arc menambahkan elemen dating-sim yang cukup subtleEnding pada Luminous Arc akan bergantung pada siapa dan seberapa dekat kalian dengan karakter sampingan yang kalian pilih.

Pengembang Imageepoch, telah merilis tiga seri Luminous Arc di NDS, serta satu game yang dianggap sebagai spiritual successor di 3DS. Stella Glow yang dirilis untuk 3DS merupakan game terakhir sebelum studio ini ditutup. Kentalnya elemen Luminous Arc yang ditemukan di Stella Glow membuat para penggemarnya percaya Stella Glow merupakan penerus dari LA.

Kangen dengan Nintendo DS? Yuk, Main 10 RPG NDS Seru Ini! Luminous Arc Infinity yang dirilis di PSVita dikembangkan bukan oleh Imageepoch. Hal ini menandakan hilangnya ciri khas dari Luminous Arc yang selama ini kita kenal.[/caption]

Saat ini, Luminous Arc yang dirilis di Playstation Vita dikembangkan oleh pengembang lain, Felistella. Dengan judul Luminous Arc Infinity, seri yang dikembangkan bukan dari Imageepoch terasa sangat janggal, opening Luminous Arc serta alur cerita yang khas harus absen dari Infinity.

[page_break no="3" title="Final Fantasy Crystal Chronicles: Echoes of Time"]

Hadir sebagai spin-off dari Final Fantasy, Crystal Chronicles menghadirkan elemen gameplay yang berbeda dibanding dengan seri utamanya. Pada Echoes of Time sendiri, pemain akan berpetualang layaknya seri Final Fantasy, mengeksplorasi lokasi yang unik dan bertarung ala Action RPG.

Kangen dengan Nintendo DS? Yuk, Main 10 RPG NDS Seru Ini! Versi Nintendo Wii yang ditampilkan memuat kedua layar pada Nintendo DS ke dalam satu layar.[/caption]

Dirilis untuk Nintendo DS dan Nintendo Wii, Echoes of Time menghadirkan fitur online multiplayer untuk bermain bersama teman. Dengan Pollux Engine yang dikembangkan Square Enix, pemain Nintendo DS serta Nintendo Wii dapat bermain bersama.

[read_more id="363092"]

[page_break no="4" title="Avalon Code"]

Berbeda dengan Rune FactoryAvalon Code hadir dengan alur cerita yang lebih terfokus. Dengan opsi untuk memilih antara tokoh utama pria atau wanita, pemain akan menjalankan plot yang diberikan dengan sistem Book of Propechy sebagai fokus utama pada game.

Book of Propechy hadir sebagai mekanisme utama dalam game. Buku ajaib ini mampu menyimpan berbagai macam informasi, dari benda mati hingga karakter lainnya. Informasi yang didapat juga dapat dimanipulasikan melalui buku tersebut, seperti mengubah efek pada monster atau senjata.

Kangen dengan Nintendo DS? Yuk, Main 10 RPG NDS Seru Ini! Yunil atau Tia? Ini merupakan opsi karakter utama yang dapat kalian pilih dalam Avalon Code.[/caption]

Kangen dengan Nintendo DS? Yuk, Main 10 RPG NDS Seru Ini!

Penasaran dengan daftar RPG NDS Selanjutnya? Klik halaman selanjutnya!

[page_break no="5" title="Phantasy Star 0"]

Sebagai seri Phantasy Star pertama yang hadir untuk Nintendo DS, Phantasy Star 0 membawakan grafis yang menarik, pilihan ras serta gender yang cukup luas. Gameplay yang dibawakan juga cukup identik dengan Phantasy Star Portable yang dirilis pada Playstation Portable.

Phantasy Star 0 menghadirkan kombat yang khas ala Phantasy Star Online, tentunya dengan tambahan alur cerita yang cukup panjang serta opsi untuk bermain secara online bersama 3 pemain lainnya. Mode permainan yang dihadirkan akan membuat pemain seperti sedang membawa Phantasy Star Online untuk Nintendo DS.

Kangen dengan Nintendo DS? Yuk, Main 10 RPG NDS Seru Ini! Hadir sebagai DSi-Ware, Phantasy Star 0 Mini tampil minimalis, tanpa adanya fitur dan alur cerita selengkap versi standarnya.[/caption]

[page_break no="6" title="Final Fantasy III"]

Tidak lengkap rasanya jika daftar RPG NDS ini tidak menghadirkan seri Final Fantasy satu ini. Ya, berawal dari Final Fantasy III di NES, Square Enix membawakan seri ini menuju Nintendo DS dengan segudang perbaikan. Grafis 3D yang serba baru membawa Final Fantasy III sebagai remake pertama di NDS, yang lalu dirilis untuk iOS dan Android serta PSP.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, versi NDS dari Final Fantasy III membawa banyak perbaikan, terutama pada sisi jobRebalance dilakukan agar seri ini lebih dapat diterima oleh para gamer termasuk untuk ukuran casual sekalipun. Para tokoh juga diberi background story, membuat dunia FFIII terasa lebih hidup.

Kangen dengan Nintendo DS? Yuk, Main 10 RPG NDS Seru Ini! Grafis 3D serta backstory yang dibawakan membuat Final Fantasy III terasa lebih hidup.[/caption]

[page_break no="7" title="Tales of Innocence"]

Penggemar Tales tentunya tidak boleh melewatkan seri satu ini. Seri ke sembilan dari Tales, Tales of Innocence membawakan tampilan grafis 3D serta gameplay ala seri Tales modern seperti Tales of The Abyss maupun Tales of The World. Tidak hanya NDS saja, Innocence juga dirilis ulang untuk Playstation Vita sebagai Tales of Innocence R, membawakan alur cerita dan tokoh tambahan.

Ruca Milda, seorang anak saudagar, selalu menjadi target bully bagi teman-teman sekelasnya. Bertemu dengan Iria Animi, reinkarnasi dari Inanna yang sedang dikejar oleh tentara Regnum, Ruca merasa bahwa ia harus melindungi Iria. Ruca yang terlihat lemah ternyata menyimpan tenaga yang tersisa setelah reinkarnasinya.

Kangen dengan Nintendo DS? Yuk, Main 10 RPG NDS Seru Ini! Tales of Innocence R di PSVita. Sayang, versi Vita tidak mendapatkan terjemahan dikarenakan rendahnya penjualan Playstation Vita.[/caption]

[page_break no="8" title="Infinite Space"]

Mencari RPG NDS bertemakan science-fiction yang mengharuskan pemain untuk mengendalikan armada kapal angkasa? Infinite Space-lah jawabannya! Dikembangkan oleh Nude Maker dan Platinum Games, Infinite Space memberikan kebebasan bagi pemain untuk mengatur armada lengkap dengan hingga 150 pilihan model kapal.

Pertarungan kapal perang dari Infinite space sepenuhnya diatur dengan menggunakan layar sentuh. Perang terjadi secara real-time, dan kapal yang kalian kendalikan tidak dapat kalian kendalikan sepenuhnya. Sebaliknya, opsi pada layar sentuh akan menentukan jenis serangan yang akan dilancarkan saat command gauge terisi penuh.

Kangen dengan Nintendo DS? Yuk, Main 10 RPG NDS Seru Ini! Sebagian kecil dari kapal perang yang hadir di Infinite Space.[/caption]

Masih penasaran? Klik halaman selanjutnya!

[page_break no="9" title="Knights in The Nightmare"]

Banyak yang menganggap game ini sebagai RPG NDS dengan gabungan dari berbagai macam genre. Di satu sisi, game ini hadir sebagai JRPG, di sisi lain, tampilan game ini mirip seperti Turn-Based RPG, dan saat gameplay berlangsung, para monster akan menyerang dan pemain harus menghindar layaknya game danmaku.

Kangen dengan Nintendo DS? Yuk, Main 10 RPG NDS Seru Ini! Tidak ada banyak perbedaan yang ada pada versi NDS dan PSP, hanya saja versi NDS memanfaatkan layar sentuh sebagai navigasi dan kombat.[/caption]

Campuran dari berbagai macam genre membuat Knights in the Nightmare tampil secara unik. Kombat yang intuitif, pemanfaatan layar sentuh yang jenius serta konsep yang sangat solid membuat game ini sebagai salah satu titel wajib dari Sting Entertainment!

[duniaku_baca_juga]

[page_break no="10" title="Etrian Odyssey"]

Menutup daftar RPG NDS kali ini, Etrian Odyssey merupakan Turn-Based RPG favorit dari penulis. Dikembangkan oleh Atlus, Etrian Odyssey menghadirkan elemen Dungeon-Crawler yang mengajak pemain untuk mengeksplorasi berbagai macam dungeon, menggambarkan peta tersebut dan mencari rahasia dibalik dungeon yang dijelajahi.

Sistem party yang dihadirkan memberikan kebebasan bagi pemain untuk mengatur siapa saja yang ingin dibawa. Etrian Odyssey tidak membatasi pemain untuk mengikuti format party yang ideal, bahkan pemain dapat mencoba pengaturan party yang diinginkan hingga merasa cocok dengan yang diharapkan.

Kangen dengan Nintendo DS? Yuk, Main 10 RPG NDS Seru Ini! Etrian Odyssey Untold yang hadir sebagai remake di 3DS menghadirkan Story Mode khusus bagi para gamer yang merasa kurang tertarik dengan Classic Mode yang dibawakan.[/caption]

Etrian Odyssey juga hadir dengan alur cerita yang sangat minim, hanya dengan deskripsi yang seadanya dan dialog NPC untuk mengarahkan pemain menuju dungeon selanjutnya. Bagi beberapa orang, hal ini dianggap sebagai poin plus untuk berkreasi dan berimajinasi layaknya ketika sedang memainkan Dungeons & Dragons.

Dari kesepuluh game yang ada di daftar ini, manakah yang pernah kalian coba atau adakah yang ingin kalian coba?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU