Kangen dengan Nintendo DS? Yuk, Main 10 RPG NDS Seru Ini!

Sedang bosan dengan game 3DS dan mencari alternatif? Mungkin sudah saatnya kita kembali melihat daftar RPG NDS yang dapat kita mainkan kembali.

rpg nds

Nintendo DS memang sudah digantikan oleh adiknya Nintendo 3DS, namun bukan berarti kita harus berhenti memainkan game-game dari kakaknya. 10 RPG NDS ini bisa kalian jadikan alternatif disaat kalian sedang butuh game di 3DS!

Memiliki Nintendo 3DS bukan berarti harus berhenti bermain game NDS, slot cartridge yang identik memberikan opsi backward compability untuk game-game NDS. Disaat kalian sedang menanti game 3DS yang kalian incar, tidak ada salahnya untuk mencoba memainkan 10 RPG NDS ini.

Konten dari daftar RPG NDS ini merupakan pilihan berdasarkan pengalaman bermain dari penulis, yang mana urutan-urutan tersebut diacak dikarenakan masing-masing game memiliki kelebihannya tersendiri.


CONTINUE READING BELOW

Apple Akan Membunuh iTunes Music Store Pada Tahun 2019?

Streaming killed download music. Akibat kenaikan gila-gilaan dari streaming kabarnya Apple akan membunuh iTunes Music Store pada tahun 2019


1

Rune Factory

Daftar RPG NDS kali ini dibuka dengan Rune Factory yang dikembangkan oleh Neverland. Anggaplah kalian sedang bermain Harvest Moon dengan elemen Action RPG, itulah Rune Factory. Untuk di handheld Nintendo sendiri, sudah ada 4 seri yang dirilis, 3 untuk NDS dan satu untuk NDS.

Sama seperti Harvest Moon, kalian akan bermain sebagai tokoh tak bernama. Pada Rune Factory, kalian bisa bercocok tanam, mengikuti alur cerita ala JRPG, serta menikahi salah satu waifu atau husbando pilihan kalian. Sayangnya, untuk seri NDS kalian akan dibatasi sebagai tokoh utama pria. Untuk para gamer wanita, sebaiknya kalian memainkan Rune Factory 4 di 3DS.

rune factory

Rune Factory 4 untuk Nintendo 3DS. Di versi ini, Neverland menambahkan opsi gender.

2

Luminous Arc

Dengan genre Turn-Based RPG yang mirip seperti Final Fantasy TacticsLuminous Arc menambahkan elemen dating-sim yang cukup subtleEnding pada Luminous Arc akan bergantung pada siapa dan seberapa dekat kalian dengan karakter sampingan yang kalian pilih.

Pengembang Imageepoch, telah merilis tiga seri Luminous Arc di NDS, serta satu game yang dianggap sebagai spiritual successor di 3DS. Stella Glow yang dirilis untuk 3DS merupakan game terakhir sebelum studio ini ditutup. Kentalnya elemen Luminous Arc yang ditemukan di Stella Glow membuat para penggemarnya percaya Stella Glow merupakan penerus dari LA.

luminous arc infinity

Luminous Arc Infinity yang dirilis di PSVita dikembangkan bukan oleh Imageepoch. Hal ini menandakan hilangnya ciri khas dari Luminous Arc yang selama ini kita kenal.

Saat ini, Luminous Arc yang dirilis di Playstation Vita dikembangkan oleh pengembang lain, Felistella. Dengan judul Luminous Arc Infinity, seri yang dikembangkan bukan dari Imageepoch terasa sangat janggal, opening Luminous Arc serta alur cerita yang khas harus absen dari Infinity.

3

Final Fantasy Crystal Chronicles: Echoes of Time

Hadir sebagai spin-off dari Final Fantasy, Crystal Chronicles menghadirkan elemen gameplay yang berbeda dibanding dengan seri utamanya. Pada Echoes of Time sendiri, pemain akan berpetualang layaknya seri Final Fantasy, mengeksplorasi lokasi yang unik dan bertarung ala Action RPG.

echoes of time

Versi Nintendo Wii yang ditampilkan memuat kedua layar pada Nintendo DS ke dalam satu layar.

Dirilis untuk Nintendo DS dan Nintendo Wii, Echoes of Time menghadirkan fitur online multiplayer untuk bermain bersama teman. Dengan Pollux Engine yang dikembangkan Square Enix, pemain Nintendo DS serta Nintendo Wii dapat bermain bersama.


CONTINUE READING BELOW

Absen 10 Tahun Lebih, House of The Dead Akhirnya Kembali!

Setelah lebih dari 10 tahun absen di ranah arcade, House of The Dead akhirnya kembali! Melalui situs resmi, SEGA umumkan The House of The Dead: Scarlet Dawn.


4

Avalon Code

Berbeda dengan Rune FactoryAvalon Code hadir dengan alur cerita yang lebih terfokus. Dengan opsi untuk memilih antara tokoh utama pria atau wanita, pemain akan menjalankan plot yang diberikan dengan sistem Book of Propechy sebagai fokus utama pada game.

Book of Propechy hadir sebagai mekanisme utama dalam game. Buku ajaib ini mampu menyimpan berbagai macam informasi, dari benda mati hingga karakter lainnya. Informasi yang didapat juga dapat dimanipulasikan melalui buku tersebut, seperti mengubah efek pada monster atau senjata.

Yunil atau Tia? Ini merupakan opsi karakter utama yang dapat kalian pilih dalam Avalon Code.

Penasaran dengan daftar RPG NDS Selanjutnya? Klik halaman selanjutnya!

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggiat simracing, bermimpi untuk melihat saat di mana simracing diakui sebagai esport yang wajib dibudidayakan pada tingkat nasional dan internasional.